Ditdal SDPPI Sosialisasikan Dampak Perangkat Ilegal kepada Sekolah dan Komunitas di Pekanbaru

17-04-2017

Direktur Pengendalian, Dwi Handoko membuka kegiatan Sosialisasikan Dampak Perangkat Ilegal kepada Sekolah dan Komunitas di Pekanbaru (12/4)

Pekanbaru (SDPPI) - Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ditjen SDPPI Kemkominfo pada Rabu (12/4) mensosialisasikan mengenai dampak penggunaan alat dan perangkat telekomunikasi ilegal atau tak bersertifikat kepada para perwakilan SMU, SMK, perguruan tinggi serta Komunitas Radio Siaran di Kota Pekanbaru, Riau.

Direktur Pengendalian SDPPI Dwi Handoko, dalam pidatonya saat membuka kegiatan itu, mengatakan bahwa perangkat telekomunikasi dan spektrum frekuensi radio ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

“Ibarat dua sisi mata uang, antara perangkat telekomunikasi dengan spektrum frekuensi radio, tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Untuk dapat berkomunikasi diperlukan alat telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembangkit gelombang elektromagnetik yang disebut frekuensi radio,” katanya

Lebih lanjut, Dwi Handoko mengatakan, dengan sosialisasi ini diharapakan para peserta memahami peraturan tentang pengunaan spektrum frekuensi radio dan penggunaan alat dan perangkat telekomunikasi dengan benar serta bersertifikat baik yang dikeluarkan Ditjen SDPPI maupun instansi terkait.

Selain diikuti perwakilan dari Sekolah Menengah Umum , Sekolah Menengah Kejuruan, perguruan tinggi, dan Komunitas Radio Siaran, sosialisasi bertema “Dampak Penggunaan Alat dan Perangkat Telekomunikasi Yang Tidak Bersertifikat” ini juga dihadiri perwakilan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) Kota Pekanbaru.

Setelah sambutan Direktur Pengendalian SDPPI, sosialisasi selanjutnya diisi pemaparan oleh Kasubdit Montib Perangkat Pos dan Informatika, Subagyo, yang menjelaskan tentang pengunaan perangkat telekomunikasi yang baik dan sistem monitoring peredaran perangkat, penertiban perangkat, serta dasar hukum dalam penegakan aturan penggunaan perangkat ilegal.

Paparan kedua disampaikan oleh Kasi Standar Perangkat Telekomunikasi, Andi Faisa Ahmad, yang menyampaikan perlunya alat dan perangkat telekomunikasi terstandar, tata cara pelaksanaan sertifikasi, serta Instansi yang harus mengajukan sertifikasi.

Sebagai pemapar materi ketiga, Ngadiono dari Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Kementerian Perdagangan, menyampaikan mengenai ruang lingkup pengawasan produk di pasaran khususnya pengawasan produk telpon seluler.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor: 73/M-Dag/PER/9/2015, Produk yang beredar wajib menyertakan atau berlabel berbahasa Indonesia, buku manual, kartu jaminan, dan spesifikasi produk.

Pada setiap akhir sesi, lima peserta diberi kesempatan bertanya kepada penyaji dan diberikan tanda kasih untuk penanya terbaik. Sebaliknya, penyaji juga memberikan pertanyaan kepada peserta, dan memberikan tanda kasih kepada peserta dengan jawaban terbaik.

Acara sosialisasi yang digelar oleh Direktorat Pengendalian ini disemarakkan dengan kehadiran Finalis Miss Internet Indonesia Riau yang cantik serta pintar sebagai pemandu, sehingga suasana semakin hidup dan mengena.

(sumber/Foto : Yosep, Dit. Pengendalian)

Press Release

SIARAN PERS NO. 42/HM/KOMINFO/04/2017
07-04-2017

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers M…

SIARAN PERS NO. 38/HM/KOMINFO/04/2017
04-04-2017

Menkominfo Serukan Isu Pemerataan Dicantumkan pada Deklarasi G20 Digital Mi…

SIARAN PERS NO. 29/HM/KOMINFO/2/2017
22-02-2017

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

Around SDPPI

Lokakarya 2017: WG3 Bahas Monitoring dan Pemanfaatan Datanya
27-04-2017

Bandung (SDPPI) - Kasubdit Pengelolaan Sistem Monitoring Spektrum Frekuensi Radio (SMFR)...

Sekditjen Tutup Lokakarya Ditjen SDPPI 2017
27-04-2017

Bandung (SDPPI) - Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan...

Soal Refarming 2.1 GHz, WG1 rekomendasikan migrasi berbasis cluster
27-04-2017

Bandung (SDPPI) - Kegiatan lokakarya Ditjen SDPPI pada Kamis (27/4) memasuki hari kedua atau...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika