Bimtek Pengadaan Barang/Jasa Ditjen SDPPI Singgung Pendayagunaan Produk Dalam Negeri

02-08-2017

Staf Ahli Menteri Bidang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perindustrian Dharma Budi saat menjadi pembicara pada Bimtek Pengadaaan Barang/Jasa Ditjen SDPPI (2/8). Bimtek diselenggrakan di Surabaya dihadiri peserta dari perwakilan UPT Ditjen SDPPI se Indonesia.

Surabaya (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) pada Rabu malam (2/8) memulai kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, hingga Kamis (3/8).

Kegiatan didahului dengan laporan ketua panitia penyelenggara yang disampaikan Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian Hasyim Fiater dan dilanjutkan sambutan dari Sekditjen SDPPI Sadjan yang sekaligus membuka acara ini.

Sadjan mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memenuhi amanat Perpres No. 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya (Perpres No. 70/2012), Instruksi Presiden No.1/2013 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Peraturan Kepala LKPP No. 17/2012 tentang e-Purchasing, serta Peraturan Kepala LKPP No. 18/2012 tentang e-Tendering.

Selain itu, kata Sadjan, kegiatan ini juga sebagai upaya memenuhi ketentuan mengenai pendayagunaan produksi dalam negeri, sebagaimana diatur dalam Inpres No. 2/2009 tentang penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa serta Peraturan Menteri Perindustrian No.15/2011 tentang pedoman penggunaan produksi dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Kemudian Peraturan Menteri Perindustrian No.16/2011 tentang ketentuan Tata Cara perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP).

Staf Ahli Menteri Bidang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perindustrian, Dharma Budhi, pada kesempatan tersebut memaparkan mengenai kebijakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sementara narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) memaparkan mengenai e-Purchasing/e-Katalog dan Lelang Cepat/SPSE versi 4.

Dilanjutkan trainer dari Pusat Pengkajian Pengadaan Barang/Jasa Indonesia, Samsul Ramli, yang memberikan bimbingan mengenai penyusunan dan kaji ulang pelaksanaan pengadaan, serta membahas soal Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 mengenai jasa kontruksi.

Sosialisasi dan bimtek yang tertujuan meningkatkan wawasan petugas dan pejabat pengadaan barang/jasa dilingkungan Ditjen SDPPI ini juga dihadiri Karo Umum Kemkominfo Cecep Ahmed Faisal dan perwakilan dari Itjen Kemkominfo.

Hadir sebagai peserta, meliputi pejabat pengadaan barang/jasa dari kantor pusat, termasuk pejabat pembuat komitmen (PPK), wakil dari Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI seluruh Indonesia, serta dari Unit Layanan Pengadaan, yang seluruhnya mewakili 43 satuan kerja.

(Sumber/Foto : Aditya/Dessy, Setditjen SDPPI)

Press Release

SIARAN PERS NO. 123/HM/KOMINFO/08/2017
15-08-2017

Sambut HUT RI Ke-72, Menkominfo Luncurkan Sistem Ticketing Aduan Konten

110/HM/KOMINFO/08/2017
09-08-2017

Penyelamatan Filing Satelit Palapa PAC-C 146E dan Palapa PAC-KU 146E

SIARAN PERS NO. 98/HM/KOMINFO/07/2017 TANGGAL 30 JULI 2017
30-07-2017

Pentingnya Operasi Penertiban Terhadap Perangkat Telekomunikasi Ilegal

Around SDPPI

Penyelamatan Filing Satelit : Kerja Bersama Kementerian Kominfo dan Stakeholder
17-08-2017

Jakarta (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail,...

Monitoring di Pulau Rupat Temukan 45 Kanal Frekuensi Perlu Ditindaklanjuti Malaysia
16-08-2017

Dumai (SDPPI) - Dalam upaya harmonisasi penggunaan spektrum frekuensi radio di wilayah...

SDPPI Ajak Semua Pihak Satu Visi Perkuat Siaran Radio di Perbatasan
15-08-2017

Dumai (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika