SDPPI Ingin Bangun Web Data Statistik Agar Bisa Diakses dari Mana Saja

08-08-2017

Sesditjen SDPPI memimpin rapat finalisasi penyusunan Buku Data Statistik

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kemkominfo ingin membangun web data, sebuah pusat data sektor informasi dan telekomunikasi berbasis web yang bisa diakses secara online dari mana saja.

Tidak hanya data statistik semata, tapi kedepan diharapkan juga ada analisa mengenai pengaruhnya terhadap sektor informasi dan telekomunikasi, kata Sekretaris Ditjen SDPPI Sadjan ketika memimpin rapat finalisasi penyusunan buku data statistik Ditjen SDPPI semester I tahun 2017 di Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8).

“Pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi naik saat ini. Harapan saya, pada data statistik bisa ada analisa ke sana, tidak hanya memotret data yang ada, tetapi menjadi prediksi kedepan bagaimana pengaruh sektor telekomunikasi secara khusus serta informasi dan komunikasi secara umum,” katanya.

Pembuatan buku statistik SDPPI yang sekarang sudah memasuki rancangan (draft) final disusun oleh Ditjen SDPPI bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB).

Tim LPPM IPB yang dipimpin Erviani menyampaikan bahwa buku statistik akan disusun dalam bentuk narasi dan infografis. “Kalau hanya infografis seperti sebelumnya, tidak semua pembaca memahami pesan dari buku tersebut sehingga nanti akan ada ringkasan yang menjelaskan isi dari infografis tersebut,” jelas Ervi.

LPPM IPB juga mengusulkan perlunya web data. “Menurut pertimbangan kami, agar dapat dibuat web data statistik SDPPI yang nantinya bisa menjadi cikal bakal sumber data,” kata Erviani.

Hal itu selaras dengan pesan Sekditjen SDPPI pada kesempatan sebelumnya kepada Kepala Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan Fidyah Ernawati.

“Web data perlu dibuat agar setiap saat kita membutuhkan data bisa mengakses di mana saja. Selain itu juga bisa digunakan untuk bahan paparan pimpinan,” kata Sadjan.

Tiga hal yang perlu ditindaklanjuti dari pertemuan ini yaitu penyelesaian buku data statistik, infografis statistik, dan web data SDPPI.

Rapat pembahasan buku statistik SDPPI ini dihadiri para satuan kerja penyuplai data, antara lain Direktorat Penataan, Direktorat Operasi, Direktorat Pengendalian, Bagian Umum dan Kepegawaian, Bagian Keuangan, serta Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT).

(Sumber/foto : Wid)

Press Release

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Siaran Pers No. 05/HM/KOMINFO/01/2018
10-01-2018

Pelantikan Promosi dan Mutasi Jabatan di Lingkungan Direktorat Jenderal Sum…

Around SDPPI

Dirjen Ismail Jelaskan Soal Frekuensi Radio kepada Awak Media
23-05-2018

Tangerang (SDPPI) - Dalam upaya mengedukasi publik mengenai pemanfaatan frekuensi radio,...

Pendakwah Belum Maksimal Manfaatkan Media Digital
22-05-2018

Bandung (SDPPI) - Dalam era digital sekarang ini, internet memiliki jangkauan jarak dan...

Dirjen SDPPI Ajak Jajarannya Buat Perubahan Perlahan Tapi Permanen
21-05-2018

Bandung (SDPPI) - Memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-110 pada 20 Mei 2018, Direktur...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika