Ditjen SDPPI akan Implementasikan Aplikasi Persuratan SIMAYA V+

09-10-2017

Simulasi tata cara penggunaan aplikasi TNDE

Bogor (SDPPI) - Sekretariat Direktorat Jenderal SDPPI Kemkominfo akan segera mengimplementasikan SIMAYA Versi +, sebuah pembaruan aplikasi persuratan elektronik yang sudah diterapkan pada direktorat ini setelah aplikasi Paperless pada 2011 dan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) pada 2016.

SIMAYA Versi + merupakan pengembangan dari versi pertama dengan mendapatkan beberapa penambahan fitur baru dan fungsinya, kata Kepala Bagian Perencanaan Ditjen SDPPI Fidyah Ernawati saat membuka Sosialisasi dan Pelatihan Penerapan TNDE dan Rencana Implementasi Aplikasi SIMAYA di Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/10).

Menurut Fidyah Ernawati, dalam perjalanan implementasi penggunaan aplikasi persuratan dilingkungan Ditjen SDPPI telah mengalami masa yang cukup panjang, dari aplikasi Paperless yang dimulai pada 2011, lalu aplikasi persuratan SIMAYA, kemudian TNDE pada awal 2016, hingga aplikasi persuratan SIMAYA v.+ sekarang ini.

Sebagai narasumber, Kasubag Data Bagian Perencanaan Setditjen SDPPI Hendra Santoso dan tim mensimulasikan tata cara penggunaan aplikasi TNDE, yang juga telah mengalami beberapa pengembangan, di antaranya fungsi penunjukan Plt dan Plh yang dapat ditambahkan oleh petugas admin.

Pemanfaatan aplikasi persuratan secara elektronik dilingkungan Ditjen SDPPI sangatlah berpengaruh dan menjadi salah satu aplikasi unggulan yang menunjang pekerjaan kedinasan, lebih hemat waktu, dan penyebaran informasi yang cepat, baik itu dalam bentuk surat, undangan, nota dinas, dan lain-lain.

Penerapan aplikasi-aplikasi elektronik ini juga diharapkan dapat berperan mendukung program pemerintah, dalam hal penghematan penggunaan kertas sebagai salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Acara yang dibuka oleh Fidyah Ernawati ini selain menghadirkan Hendra Santoso, hadir juga sebagai narasumber adalah Tika, perwakilan dari Pusat Data dan Informasi (PDSI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sosialisasi dan pelatihan ini diikuti seluruh perwakilan dari satuan kerja dilingkungan Setditjen, Direktorat, dan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) yang setiap harinya bertugas sebagai Administrator dan Inputer Aplikasi TNDE.

(Sumber/Foto : SDPPI/cjp)

Press Release

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Siaran Pers No. 05/HM/KOMINFO/01/2018
10-01-2018

Pelantikan Promosi dan Mutasi Jabatan di Lingkungan Direktorat Jenderal Sum…

Around SDPPI

Balmon Bajarmasin Dorong Pengguna Frekuensi Kalsel Manfaatkan Perizinan Online
20-04-2018

Banjarmasin (SDPPI) - Balai Monitor Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin pada Kamis (19/4)...

Dirjen Ismail Minta Ericsson Libatkan Pengembang Aplikasi Lokal
18-04-2018

Jakarta (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen...

Perempuan Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Internet untuk Pengembangan Diri
18-04-2018

Jakarta (SDPPI) - Kaum perempuan pengguna internet di Indonesia memang meningkat dari tahun...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika