Profil > Hasil Survei Pelayanan Publik

Pelayanan publik dapat diartikan pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan kepada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Dengan demikian pelayanan publik adalah pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh penyelenggara negara. Secara teoritis, tujuan pelayanan publik pada dasarnya adalah memuaskan masyarakat (Sinambela, 2010, hal : 5). Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka layanan dapat dikatakan bermutu sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka layanan dikatakan tidak bermutu, dan apabila kenyataan sama dengan harapan, maka layanan disebut memuaskan (Lupiyoadi, 2001, hal: 148).

Pelayanan terpadu Ditjen SDPPIPelayanan publik Ditjen SDPPI terdapat 4 (empat) bidang penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu penyelenggaraan pelayanan publik Perizinan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit (bidang frekuensi), Sertifikasi Operator Radio dan Standardisasi alat dan perangkat telekomunikasi (Sertifikasi dan Pengujian Alat dan Perangkat Telekomunikasi) yang diselenggarakan oleh Direktorat dan UPT yang berada di bawah Ditjen SDPPI. Secara detail operasional beberapa pelayanan penyelenggaraan bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika, yaitu:

  1. Perizinan Spektrum Frekuensi Radio, yaitu layanan publik yang diberikan kepada badan hukum (perusahaan) dan instansi pemerintah atas penggunaan spektrum frekuensi radio, antara lain untuk keperluan penyelenggaraan telekomunikasi, penyelenggaraan penyiaran, sarana komunikasi radio internal, navigasi dan komunikasi keselematan pelayaran dan penerbangan. Penggunaan pita spektrum frekuensi oleh berbagai pihak dan untuk berbagai kebutuhan
  2. Sertifikasi Operator Radio, yaitu segala proses yang berkaitan dengan pemberian sertifikat untuk operator radio, pelayanan amatir radio dan komunikasi radio antar penduduk.
  3. Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi, yaitu segala proses yang berkaitan dengan pemberian sertifikat alat dan perangkat telekomunikasi. Sertifikasi sangat penting karena untuk menjain perangkat dapat berfungsi dengan baik dan tidak berinterferensi ketika perangkat tersebut terintegrasi dalam jaringan telekomunikasi Indonesia. Selain itu sertifikasi juga membantu anda untuk memilih perangkat mana yang sesuai dengan standar Indonesia.
  4. Pengujian Alat dan Perangkat Telekomunikasi, yaitu layanan pengujian alat/perangkat telekomunikasi yang mengacu pada spesifikasi teknis/Technical Specification Regulation, Standar Nasional Indonesia (SNI) dan acuan Internasional seperti ISO, ETSI, RR, ITU, IEC, sehingga mampu melindungi dan menjaga kualitas alat/perangkat telekomunikasi serta menjamin bahwa alat/perangkat telekomunikasi yang digunakan atau beredar di Indonesia benar-benar sesuai dengan persyaratan teknis.

Dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, Ditjen SDPPI telah melaksanakan penilaian mandiri (self assesment) yang sesuai dengan dengan Permenpan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Salah satu sasaran dari keberhasilan reformasi birokrasi adalah terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.Berdasarkan survei kepuasan pelanggan yang telah dilaksanakan oleh Ditjen SDPPI pada tahun 2012 sampai tahun 2015, diperoleh hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Ditjen SDPPI Kemkominfo dari tahun 2012 sampai tahun 2015, seperti tersaji pada tabel berikut ini.

Tabel. Rangkuman Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Ditjen SDPPI

No Pelayanan Publik DATA 2012 DATA 2013 DATA 2014 DATA 2015
IKM Kinerja Unit Pelayanan IKM Kinerja Unit Pelayanan % Naik / (Turun) IKM Kinerja Unit Pelayanan % Naik / (Turun) IKM Kinerja Unit Pelayanan % Naik / (Turun)
1 Ditjen SDPPI *) 72,3 Baik 75,85 Baik 4,91 78,36 Baik 3,32 79.05 Baik 0.87
2 ISR 71 Baik 75,83 Baik 6,80 77,75 Baik 2,53 79.31 Baik 2.01
3 Sertifikasi Operator Radio 75,1 Baik 77,56 Baik 3,28 78,98 Baik 1,83 79.13 Baik 0.18
4 Standarisasi Perangkat 71,9 Baik 76,15 Baik 5,91 77,91 Baik 2,31 79.53 Baik 2.07
5 Pengujian Perangkat 70,7 Baik 74,13 Baik 4,85 79,13 Baik 6,75 78.07 Baik (1.34)


*) Gabungan dari seluruh unit layanan publik Ditjen SDPPI

Dari Tabel 2.2 terlihat bahwa secara keseluruhan (gabungan dari 4 kelompok responden Unit Layanan Publik Ditjen SDPPI) menunjukkan adanya kenaikan IKM sebesar 0,87% jika dibandingkan dengan IKM tahun 2014. Persentase kenaikan yang terbesar terdapat pada Unit Layanan Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi sebesar 2,07%.

Jika data pada Tabel di atas dibuatkan grafik perkembangan nilai IKM sejak tahun 2012, maka diperoleh gambaran perkembangan nilai IKM Ditjen SDPPI sebagai berikut.

Keterangan :
1 = Ditjen SDPPI, 2 = ISR, 3 = Sertifikasi Operator Radio, 4 = Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi, 5 = Pengujian Alat dan Perangkat Telekomunikasi

Pada gambar di atas terlihat bahwa nilai IKM semua unit layanan publik di lingkungan Ditjen SDPPI Ditjen SDPPI sedikit lagi bisa melewati passing grade mutu pelayanan "A" dengan kinerja pelayanan "Sangat Baik", yaitu nilai IKM di atas 81,25.

Selain mengukur indeks kepuasan masyarakat, survei kepuasan pelanggan yang telah dilaksanakan oleh Ditjen SDPPI pada tahun 2013 - 2015 mengukur juga indeks integritas pelayanan publik Ditjen SDPPI. Hasil Indeks Integritas Pelayanan Publik (IIPP) unit layanan publik di lingkungan Ditjen SDPPI dapat dilihat pada Tabel berikut ini.

Tabel Indeks Integritas Pelayanan Publik (IIPP) unit layanan publik di lingkungan Ditjen SDPPI

No Pelayanan Publik DATA 2013 DATA 2014 DATA 2015
Nilai IIPP Nilai IIPP % Naik/(Turun) Nilai IIPP % Naik/(Turun)
1 Ditjen SDPPI Kemkominfo *) 7,30 8,52 16,71 8,57 0,59
2 Perizinan Spektrum Frekuensi Radio 7,15 8,51 19,02 8,52 0,10
3 Sertifikasi Operator Radio 6,9 8,53 23,62 8,47 (0,73)
4 Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi 7,17 8,48 18,27 8,64 1,89
5 Pengujian Alat dan Perangkat Telekomunikasi 7,33 8,56 16,78 8,58 0,21


*) Gabungan dari seluruh unit layanan publik Ditjen SDPPI

Siaran Pers

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 7 November 2017 Tentang K…

Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Konsultasi Publik mengenai RPM Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizina…

Siaran Pers No. 182/HM/KOMINFO/09/2017
02-10-2017

Pembukaan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz dan Pita Frekuensi …

Seputar SDPPI

Tekan Gangguan Frekuensi Penerbangan, UPT Merauke Tertibkan Radio Nelayan
17-11-2017

Merauke (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Merauke, yang merupakan...

SDPPI Sapa Warga Yogyakarta Melalui Pameran di Malioboro
16-11-2017

Yogyakarta (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika hadir...

BBPPT Resmi Implementasikan Pembayaran Host to Host
14-11-2017

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) telah...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika