Profil > Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT)

Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi adalah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika dan secara administratif dibina oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika dan secara teknis operasional dibina oleh Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika.

Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 04/PER/M.KOMINFO/03/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomimikasi dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20/PER/M.KOMINFO/4/2007 (sepanjang tidak bertentangan dan/atau belum diubah atau diganti dengan peraturan pelaksanaan yang baru berdasarkan Permenkominfo Nomor 04/PER/M.KOMINFO/03/2011).

Dalam melaksanakan tugasnya, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan rencana dan program di lingkungan Balai Besar Pengujian;
  2. pelaksanaan pelayanan administrasi pengujian alat/perangkat telekomunikasi;
  3. pelaksanaan analisa evaluasi sistem mutu pelayanan dan pengujian alat/perangkat telekomunikasi;
  4. pelaksanaan pengujian dan pemeliharaan alat/perangkat telekomunikasi, electromagnetic compatibility (EMC) dan kalibrasi;
  5. pelaksanaan urusan tata usaha, keuangan, kepegawaian dan rumah tangga.

 

Balai Besar Pengujian terdiri atas :

  1. Bidang Pelayanan;
  2. Bidang Sarana Teknik;
  3. Bagian Tata Usaha; dan
  4. Kelompok Jabatan Fungsional

 

Peranan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi dalam proses Pengujian alat/perangkat telekomunikasi melakukan pengujian antara lain:

  1. Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Radio;
  2. Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Non Radio;
  3. Electromagnetic Compatibility Alat/Perangkat Telekomunikasi;
  4. Pelayanan Kalibrasi Perangkat Telekomunikasi;
  5. Jasa Penyewaan Alat.

Dari perkembangan jumlah alat dan perangkat telekomunikasi yang beredar di Indonesia yang semakin meningkat dan dirasakan kebutuhannya oleh masyarakat, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi secara terus menerus mengembangkan kemampuannya baik infrastruktur maupun sumber daya manusia.

Untuk menjamin mutu pengujian dan kompetensi laboratorium yang lebih baik, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu yang mengacu pada ISO-17025:2005 dan telah memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) LP-112-IDN sejak tahun 2001.

Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi dalam melaksanakan pengujian alat/perangkat telekomunikasi mengacu pada Spesifikasi Teknis Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Technical Specification Regulation), Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Acuan Internasional seperti ISO, ETSI, RR, ITU, IEC sehingga mampu melindungi dan menjaga kualitas alat/perangkat telekomunikasi serta menjamin bahwa alat/perangkat telekomunikasi yang digunakan atau beredar di Indonesia benar-benar sesuai dengan persyaratan teknis.

Dengan misi menjadi laboratorium pengujian bertaraf internasional, BBPPT mempunyai misi untuk :

  1. Meningkatkan kualitas pengujian perangkat telekomunikasi;
  2. eningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat;
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia;
  4. Mendukung tumbuh kembangnya industri telematika dalam negeri;
  5. Meningkatkan peran serta kerjasama nasional dan internasional bidang laboratorium;
  6. Meningkatkan ruang lingkup (inovasi) layanan jasa laboratorium;
  7. Mendukung penerapan standar wajib bagi perlindungan keselamatan, keamanan, dan kesehatan.

Untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi dilengkap dengan sarana pendukung berupa:

  1. Laboratorium Pengujian Perangkat Radio;
  2. Laboratorium Pengujian Perangkat Berbasis Kabel;
  3. Laboratorium Pengujian EMC;
  4. Laboratorium Kalibrasi.

Jenis layanan pengujian yang dilayani oleh laboratorium-laboratorium di lingkungan BBPPT adalah:

  1. Pengujian Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Radio;
  2. Pengujian Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Non Radio;
  3. Pengujian Electromagnetic Compatibility Alat/Perangkat Telekomunikasi;
  4. Pelayanan Kalibrasi Perangkat Telekomunikasi;

Siaran Pers

SIARAN PERS NO.67/PIH/KOMINFO/08/2015
27-08-2015

Pertemuan Courtesy Call Menkominfo dengan Dirjen ITSO

SIARAN PERS NO.59/PIH/KOMINFO/07/2015
29-07-2015

Rencana Pengaturan Tarif Pungut/Retail Layanan Akses Internet

SIARAN PERS NO.57/PIH/KOMINFO/07/2015
24-07-2015

Penertiban terhadap Komunikasi Radio yang Tidak Terstandarisasi oleh Balai …

Seputar SDPPI

WORKSHOP ADVOKASI HUKUM BIDANG SDPPI
27-08-2015

(Batam, 27 Agustus 2015) Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen...

Survey Pelayanan Publik Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
24-08-2015

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya...

Produk Regulasi Bidang Frekuensi Radio Harus Diketahui Secara Baik dan Benar
20-08-2015

(Jambi, 20 Agustus 2015) Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2015 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika