Izin Spektrum Frekuensi Radio > Cara Pembayaran BHP Frekuensi Radio

Lebih Mudah dalam Membayar BHP Frekuensi Radio Melalui Sistem Host-to-Host, Internet Banking, dan ATM

Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi Radio merupakan salah satu pendapatan negara yang cukup potensial untuk saat ini, sebagai mana tulisan sebelumnya ‚??Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi Radio‚?Ě. Untuk tahun 2011 jumlah penerimaan PNBP BHP Frekuensi Radio sebesar Rp.8.790.907.340.224,- atau 103,9 % dari target 2011 sebesar Rp. 8.461.222.697.673,- dengan perincian sebagaimana pada tabel berikut :


sumber : LAKIP Ditjen SDPPI Tahun 2011

Dalam rangka mempermudah pengguna frekuensi radio selaku wajib bayar dalam membayar BHP frekuensi radio setiap tahunnya dan mencegah timbulnya sanksi denda atas keterlambatan pembayaran BHP frekuensi radio, Ditjen SDPPI bekerja sama dengan Bank Mandiri telah membangun sistem pembayaran BHP Frekuensi Radio yang terkoneksi secara langsung (on-line) dengan Bank Mandiri, yaitu fasilitas pembayaran SPP BHP frekuensi radio melalui sistem host-to-host. Data transaksi setoran BHP Frekuensi Radio di Bank Mandiri secara otomatis ter-update (menjadi PAID) pada server database Sitem Informasi Manajemen Frekuensi (SIMF) Ditjen SDPPI. Dengan demikian proses penerbitan Izin Stasiun Radio (ISR) baru maupun perpanjangan menjadi lebih cepat dan mudah.

Pembayaran melalui Host-to-Host tersebut dapat dilakukan pada Kantor Cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia, Internet Banking Mandiri, ATM Mandiri, atau Internet Banking Perusahaan.

Perlu diketahui bahwa pembayaran melalui setoran manual, pindah buku, transfer/RTGS dari Bank lain terlebih dahulu harus dilakukan proses validasi bukti pembayaran (payment) dan sering kali menyulitkan petugas dalam mengidentifkasi detail data pembayaran sehingga dapat memperlambat proses penerbitan ISR.

Dalam 2 (dua) bulan terakhir ini, sekaligus sebagai salah satu upaya dalam peningkatan pelayanan, Ditjen SDPPI secara intensif telah beberapa kali melakukan koordinasi terkait dengan peningkatan optimasi fasilitas host-to-host baik dengan pihak Bank Mandiri, para penyelenggara operator seluler dan FWA, serta UPT Monitor Spektrum Frekuensi Radio. Dengan demikian diharapkan dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan pembayaran melalui fasilitas host-to-host baik terkait dengan server Ditjen SDPPI dan server Bank Mandiri maupun sosialisasi internal petugas Bank Mandiri di daerah. Terlebih dalam waktu dekat Ditjen SDPPI berencana untuk memberlakukan mekanisme pembayaran BHP Frekuensi Radio melalui full host-to-host

A.Tata cara pembayaran melalui ATM Bank Mandiri

  1. Masukkan kartu ATM, lalu pilih bahasa
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu Pembayaran/Pembelian, pilih Multi Payment, lalu masukkan kode perusahaan/institusi dengan angka 50000 Ditjen Postel, dan pilih Benar.
  4. Masukkan Invoice ID dan pilih Benar, lalu masukkan Client ID dan pilih Benar. Akan muncul layar ‚?ĚPilih Item Pembayaran‚?Ě dan masukkan angka 1 pada field ‚?ĚPilih No‚?Ě dan pilih Ya.

Akan muncul Konfirmasi Pembayaran, jika telah sesuai maka pilih Ya dan akan muncul tulisan TRANSAKSI ANDA TELAH SELESAI sebagai tanda tagihan telah dibayar dan struk ATM dapat disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah. Pilih SELESAI untuk mengakhiri transaksi. Jika mesin ATM dalam kondisi ‚?Ětidak dapat mengeluarkan struk ATM‚?Ě maka disarankan untuk pindah ke mesin ATM yang lain agar pembayar memiliki bukti transaksi.

B. Tata cara pembayaran melalui Internet Banking Bank Mandiri

  1. Akses website Bank Mandiri melalui http://www.bankmandiri.co.id
  2. Klik LOGIN lalu isikan USER ID dan PIN Internet Banking, klik KIRIM
  3. Klik menu Pembayaran, pilih Multi Payment, lalu pilih nomor rekening. Pada field Penyedia Jasa pilih 50000 Ditjen SDPPI (d/h Ditjen Postel), tunggu sebentar hingga field Invoice ID dan Client ID muncul lalu isikan sesuai data yang diinginkan, lalu klik Lanjutkan.
  4. Setelah muncul rincian tagihan lalu pilih checklist (‚??) pada kotak tagihan, setelah itu klik Lanjutkan. Akan muncul Challenge Code, gunakan Token Mandiri dan isikan PIN Mandiri yang muncul dari Token, lalu klik Kirim.
  5. Setelah itu akan muncul konfirmasi TRANSAKSI ANDA TELAH BERHASIL beserta rincian tagihan yang telah dibayar dan dapat disimpan/dicetak sebagai bukti pembayaran yang sah. Klik LOGOUT untuk keluar.

C. Tata cara pembayaran melalui Kantor Cabang Bank Mandiri

  1. Pengguna frekuensi radio, selaku wajib bayar, dapat datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri dengan mengisi secara lengkap Formulir Pembayaran BHP Frekuensi ‚?? Ditjen SDPPI (Invoice ID dan Client ID) dan diserahkan ke teller (Kode Instansi Ditjen SDPPI 50000). Pembayaran dapat dilakukan secara tunai ataupun debet rekening sesuai ketentuan yang berlaku.
  2. Selanjutnya teller Bank Mandiri akan melakukan posting transaksi dimaksud. Lembar Formulir Pembayaran BHP Frekuensi ‚?? Ditjen SDPPI akan dipotong menjadi 2 bagian, 1 bagian untuk administrasi bank dan 1 bagian lainnya diserahkan ke pembayar setelah masing-masing di-validasi sebagai bukti pembayaran (validasi secara elektronik maupun manual yang disahkan oleh bank). Transaksi penerimaan setoran ini tidak dikenakan biaya, kecuali biaya kliring/warkat debet bank lain (jika ada).

Siaran Pers

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 7 November 2017 Tentang K…

Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Konsultasi Publik mengenai RPM Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizina…

Siaran Pers No. 182/HM/KOMINFO/09/2017
02-10-2017

Pembukaan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz dan Pita Frekuensi …

Seputar SDPPI

Tekan Gangguan Frekuensi Penerbangan, UPT Merauke Tertibkan Radio Nelayan
17-11-2017

Merauke (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Merauke, yang merupakan...

SDPPI Sapa Warga Yogyakarta Melalui Pameran di Malioboro
16-11-2017

Yogyakarta (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika hadir...

BBPPT Resmi Implementasikan Pembayaran Host to Host
14-11-2017

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) telah...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika