Balmon Surabaya Manfaatkan Keramaian Car Free Day Sosialisasikan Regulasi Frekuensi

10-10-2017

Suasana sosialisasi di Car Free Day Surabaya

Surabaya (SDPPI) - Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI di Surabaya, Jawa Timur (Balmon Surabaya) memanfaatkan keramaian aktivitas Car Free Day di kawasan Jalan Ciliwung pada Minggu (8/10) untuk mensosialisasikan regulasi penggunaan spektrum frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi kepada masyarakat.

Di Jalan Ciliwung area Jalan Raya Darmo, tepatnya di seberang Taman Bungkul Kota Surabaya itu, Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Surabaya hadir dan mendirikan stand untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan memberikan informasi seluas—luasnya tentang penggunaan spektrum frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi yang benar.

Kegiatan sosialisasi disela kegiatan Car Free Day itu dimaksudkan untuk membangun kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya, dalam penggunaan spektrum frekuensi radio serta perangkat atau alat telekomunikasi.

Guna optimalisasi pemanfaatan sumber daya spektrum frekuensi radio dan mendukung penggunaannya yang tertib sesuai dengan peruntukannya serta tidak saling mengganggu, kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan, kata Kepala Balmon Kelas II Surabaya Zainuddin Kalla.

“Semakin tinggi kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dalam penggunaan spektrum frekuensi radio dan penggunaan perangkat telekomunikasi berstandar, maka kian optimal pemanfaatan dan pemberdayaan spektrum frekuensi radio sebagai sumber daya strategis yang terbatas dan tentunya akan meningkatkan pendapatan negara bukan pajak,” tambah Zainuddin Kalla.

Spektrum frekuensi radio itu sendiri merupakan sumber daya alam terbatas dan strategis serta mempunyai nilai ekonomis tinggi sehingga harus dikelola secara efektif dan efisien guna memperoleh manfaat yang optimal dengan memperhatikan kaidah hukum nasional maupun internasional.

Penggunaan spektrum frekuensi radio harus sesuai dengan peruntukannya serta tidak saling menganggu mengingat sifat spektrum frekuensi radio dapat merambat ke segala arah tanpa mengenal batas wilayah negara.

Spektrum frekuensi radio memiliki manfaat sangat strategis antara lain untuk keperluan penyelenggaraan jaringan telekomunikasi, telekomunikasi khusus, penyiaran, navigasi dan keselamatan, Amatir Radio dan KRAP, serta sistem peringatan dini bencana alam yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Setelah yang pertama pada 8 September 2017, sosialisasi disela Car Free Day oleh Balmon Surabaya akan dilanjutkan tiga kali lagi tahun ini yakni pada 15 dan 29 Oktober serta 12 November.

Dalam kegiatan itu Balmon Surabaya menyebarkan brosur kreatif, merchandise berisi imbauan penggunaan spektrum frekuensi radio, audensi, dan games dengan door prize kaos menarik kepada warga yang berpartisipasi.

Kemudian pembagian dan pengisian questioner, tutorial dan coaching, serta interaksi langsung dengan masyarakat terkait penggunaan spektrum frekuensi radio juga penggunaan perangkat telekomunikasi yang berstandar sesuai ketentuan dan perundang-undangan.

(Sumber/foto: Sigit, Direktorat Pengendalian)

Siaran Pers

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Seputar SDPPI

Operator Dukung Zona Integritas Direktorat Operasi
21-08-2018

Batam (SDPPI) - Sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia mendukung penuh Direktorat...

SDPPI Paparkan Roadmap IoT kepada Kementerian dan Lembaga
21-08-2018

Jakarta (SDPPI) - Ditjen SDPPI, selaku direktorat pengelola spektrum frekuensi radio di...

Ditjen SDPPI Kerahkan Tim Pastikan Perangkat Asian Games Beroperasi Lancar
20-08-2018

Jakarta (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Saya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika