Menkominfo Pimpin Peluncuran DIGICOOP, smartphone lokal buatan KDIM

20-01-2017

Menteri Kominfo dalam acara peluncuran smartphone lokal DIGICOOP

Bekasi (SDPPI) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Jumat (20/1) di Bekasi, Jawa Barat, memimpin peluncuran perdana DIGICOOP, smartphone lokal buatan Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) yang siap didistribusikan di Indonesia paling lambat Februari depan.

Peluncuran DIGICOOP ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menkominfo bersama Ketua Umum KDIM Henri Kasyfi, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) Kristiono, dan Sekjen Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram.

Dengan diluncurkannya smartphone perdana DIGICOOP di PT VS Teknologi Indonesia, maka tantangan KDIM dalam merealisasikan rencananya menjadi produsen smartphone dalam negeri yang berbasis kerakyatan telah terwujud.

Sebagaimana disampaikan dalam public expose dan peluncuran akta pendirian KDIM pada 20 Mei 2016, koperasi jasa ini akan difokuskan pada tiga hal, yaitu perangkat (device), jaringan (network) dan aplikasi (application).

Menkominfo Rudiantara mengatakan peluncuran smartphone pertama DIGICOOP merupakan terobosan dan bukti nyata bahwa industri lokal memiliki keinginan serius untuk mandiri dan berinovasi.

Sependapat dengan Menkominfo, Ketua KDIM Henri Kasyfi berharap setiap masyarakat dapat melihat KDIM sebagai institusi bisnis yang dari awal sudah diniatkan menjadi milik seluruh warga Indonesia.

“Dalam merealisasikan smartphone ini, KDIM melakukan multi stakeholder approach dengan dukungan dari APJII, MASTEL, Kemkominfo, Kemenkop UKM, Kemperin, Kemristek Dikti, BEKRAF, ITB, dan PT Jalawave Intrega, dan terus membuka diri terhadap semua pihak yang ingin berkontribusi,” kata Henri.

Henri menjelaskan bahwa DIGICOOP bisa digunakan publik secara luas melalui pendekatan model bisnis baru dimana untuk memiliki smartphone ini pengguna tidak perlu membelinya, namun cukup dengan menabung di KDIM.

“Smartphone ini juga dirancang untuk menjadi platform ekonomi digital berbasis kerakyatan dimana semua pemasukan digital yang diperoleh akan dikembalikan ke pengguna (anggota koperasi),” katanya.

Menurut Ketua Bidang Perangkat KDIM Teguh Prasetya, KDIM berencana membuat lebih banyak model smartphone di masa mendatang, termasuk model high end atau premium.

Ketua Umum MASTEL Kristiono menyampaikan bahwa smartphone DIGICOOP merupakan buah kolaborasi para stakeholder industri yang saling mengisi berdasarkan perannya masing-masing.

Ia berharap inisiatif dari para pelaku industri lokal ini terus mendapatkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat Indonesia. “Keanggotaan koperasi bersifat perorangan, sehingga siapa pun bisa bergabung,” kata Kristiono menjelaskan.

Sementara Ketua Umum APJII Jamalul Izza memastikan bahwa smartphone ini akan terintegrasi dengan ekosistem internet BERSAMA yang dioperasiakn APJII sehingga pengguna dapat menggunakan internet secara lebih bersih, selektif, dan aman.

Email dan cloud pun akan seluruhnya berbasis di dalam negeri untuk meningkatkan kedaulatan digital Indonesia serta menjaga privasi dan data pribadi dari pihak-pihak asing.

Mengenai rencana peluncuran satelit rakyat, Jamalul Izza mengatakan bahwa program itu merupakan milestone selanjutnya dari kolaborasi APJII dan MASTEL melalui KDIM.

Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone DIGICOOP juga memungkinkan anggota KDIM untuk beraktivitas ekonomi melalui perangkat berbasis digital.

Smartphone itu juga menjadi alat bukti keanggotaan KDIM, koperasi yang diinisiasi oleh MASTEL dan APJII.

Keanggotaan KDIM terbuka bagi seluruh masyarakat, dengan simpanan pokok anggota sebesar Rp100.000 (sekali saja), sedangkan simpanan wajib per tahun Rp1.200.000. Kemudian ada simpanan sukarela kepemilikan satelit sebesar Rp5.000.000.

Bagi masyarakat yang berminat bisa mendaftarkan diri secara online melalui http://www.digicoop.id.

(Sumber/foto : Mukshinun/Rastana)

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017
13-05-2017

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware…

SIARAN PERS NO. 42/HM/KOMINFO/04/2017
07-04-2017

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers M…

SIARAN PERS NO. 38/HM/KOMINFO/04/2017
04-04-2017

Menkominfo Serukan Isu Pemerataan Dicantumkan pada Deklarasi G20 Digital Mi…

Seputar SDPPI

Kementerian Kominfo Susun Peraturan Baru Dorong Industri Telekomunikasi
21-07-2017

Bogor (SDPPI) - Dalam meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi, Kementerian Komunikasi...

Pembuat, Perakit, Penjual Perangkat Ilegal di Jatim Terjaring Operasi Terpadu Ditjen SDPPI
21-07-2017

Surabaya (SDPPI) - Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,...

UPT Mataram Sosialisasikan Prosedur ISR Tingkatkan Kesadaran Pengguna
21-07-2017

Lombok (SDPPI) - Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI di Mataram (UPT Mataram) pada Kamis...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika