Menkominfo Yakin Layanan Satelit Telkom 1 Pulih Sebelum 10 September

05-09-2017

Menteri Kominfo menyampaikan apresiasi kerja Tim Telkom

Jakarta (SDPPI) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Selasa (5/9) mengunjungi Crisis Center TelkomGroup di Graha Merah Putih Jakarta untuk melihat langsung perkembangan pemulihan layanan Satelit Telkom 1 yang sempat mengalami gangguan.

Disela kunjungannya itu, Rudiantara yang didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, mengaku optimistis bahwa pemulihan layanan Satelit Telkom 1 dapat diselesaikan sebelum 10 September 2017.

Hingga hari ke-10 sudah berhasil dipulihkan 10.000 titik layanan, yang artinya sehari rata-rata bisa diselesaikan 1.000 titik, maka dengan 4.500 titik tersisa harusnya bisa diselesaikan sebelum 10 September, kata Menkominfo.

Menkominfo menyampaikan apresiasi kepada segenap manajemen dan karyawan Telkom yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk memulihkan layanan Satelit Telkom 1 sebagai bentuk komitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat luas Indonesia.

Dalam peninjauan kali ini, Rudiantara melihat langsung suasana crisis center yang dipimpin oleh Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Alex Sinaga.

Menteri juga memonitor perkembangan pemulihan layanan dari masing-masing daerah melalui video conference dengan crisis center di beberapa lokasi, di antaranya Stasiun Pengendali Utama (SPU) Satelit Cibinong, Ground Station Master Control di Bogor, dan tujuh kantor Telkom regional.

Sementara Alex Sinaga mengatakan bahwa TelkomGroup masih terus mengerahkan seluruh personel dan teknisi di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan pemulihan layanan pelanggan dan masyarakat yang terkena dampak gangguan Satelit Telkom 1.

Hingga Selasa (5/9) pukul 10 WIB, Telkom telah memulihkan sejumlah 7.658 site dari total 11.574 site Very Small Apenture Terminal (VSAT) ATM perbankan, atau sekitar 66 persen layanan ATM perbankan telah berfungsi normal kembali.

Sebelumnya, pada Minggu (3/9) Telkom telah menyelesaikan perbaikan 100 persen site layanan broadcaster dengan total 355 site, sementara realisasi pemulihan hingga Selasa ini pukul 10.00 WIB telah mencapai 10.654 site atau 71 persen dari total 15.000 site.

Dengan stabilnya perkembangan realisasi pemulihan yang berkecepatan mencapai 1.200 site per hari, Telkom berharap dapat menyelesaikan pemulihan 15.000 site layanan pelanggan hingga maksimal 10 September 2017.

(Sumber/foto: Mukhsinun)

Siaran Pers

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Seputar SDPPI

Indonesia Presentasikan Roadmap 5G di Konferensi ITU Bangkok
20-07-2018

Jakarta (SDPPI) - International Telecommunication Union (ITU) Regional Asia Pasifik pada...

Kinerja dan Cakupan Penegakan Hukum Ditjen SDPPI Terus Membaik
20-07-2018

Jakarta (SDPPI) - Kinerja dan cakupan penegakan hukum bidang telekomunikasi Ditjen SDPPI...

SDPPI Terus Gelorakan Budaya Tertib Penggunaan Frekuensi
19-07-2018

Medan (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika