SDPPI Latih Pengendali Frekuensi Kuasai Perangkat GMDSS

29-11-2017

Kapusdiklat Kemkominfo Usuluddin memberi arahan pada peserta pelatihan didampingi Kasubag Kepegawaian dan Organisasi Suparyono dan Kepala Balmon Batam Azmi Ridha

Batam (SDPPI) - Dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan keahlian para petugas pengendali frekuensi, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika pada 27-30 November 2017 mengadakan pelatihan seputar perangkat Global Maritime Distress and Safety System (GMDSS).

Pelatihan mengenai penggunaan dan pemeliharaan sistem keselamatan kapal yang terintegrasi menggunakan satelit dan komunikasi radio terrestrial ini dilangsungkan di Balai Monitor Kelas II Batam, Kepulauan Riau, diikuti 16 petugas pengendali frekuensi dari sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen SDPPI.

Para peserta merupakan perwakilan dari satuan kerja dan petugas pengendali frekuensi dari UPT-UPT Ditjen SDPPI, khususnya yang memiliki dan mengoperasikan perangkat GMDSS serta yang secara geografis wilayah tugasnya meliputi pelabuhan besar.

Selama pelatihan mereka mendapatkan penjelasan teori maupun praktik dari para narasumber dan instruktur dari Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI, Dinas Navigasi Pantai Batam, PT Multi Integra, Indorad, dan Balmon Kelas II Batam.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemkominfo Usuluddin, saat membuka kegiatan ini, mengatakan bahwa pelatihan dimaksudkan untuk memberikan tambahan bekal pengetahuan dan ketrampilan tentang perangkat dan fungsi GMDSS kepada para petugas pengendali frekuensi.

Para peserta diharapkan mempunyai cukup keterampilan dan keahlian tidak hanya dalam mengoperasikan, tetapi juga dalam perawatan dan pemeliharaan perangkat GMDSS.

Ditjen SDPPI akan senantiasa terus menerus membina dan meningkatkan profesionalisme serta mengembangkan karir petugas pengendali spektrum frekuensi radio maritim secara nasional mengingat perkembangan pesat teknologi telekomunikasi sekarang ini.

Pelatihan ini juga dalam rangka membina, mengembangkan, dan meningkatkan potensi pengendali frekuensi radio agar lebih profesional dalam menjalani tugas dan fungsinya di lapangan.

Pelatihan ini juga dihadiri Kepala Balai Monitor SFR Kelas II Batam Azmi Ridha, Kasubag Kepegawaian dan Organisasi Suparyono, serta sejumlah staf Ditjen SDPPI.

Seusai pelatihan, para peserta selanjutnya diberi kesempatan melihat langsung simulasi perangkat GMDSS di Balmon Kelas II Batam.

(Sumber/foto: Anne/Mukhsinun)

Siaran Pers

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 7 November 2017 Tentang K…

Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Konsultasi Publik mengenai RPM Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizina…

Siaran Pers No. 182/HM/KOMINFO/09/2017
02-10-2017

Pembukaan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz dan Pita Frekuensi …

Seputar SDPPI

Tambah Wawasan Pegawai, Ditjen SDPPI Adakan Coaching Clinic Pemberitaan Web
12-12-2017

Yogyakarta (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika pada...

Balmon Bandung Uji 1.314 Operator Amatir Radio Selama 2017
06-12-2017

Bogor (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Bandung bersama Organisasi...

Hadir di UNAR Padang, Direktur Operasi Minta e-Licensing Diterapkan Semua UPT
05-12-2017

Padang (SDPPI) - Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Dwi Handoko meminta sistem...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika