Tingkatkan Pelayanan, Ditjen SDPPI Selenggarakan Asistensi E-Licensing Dinas Penyiaran

11-09-2017

Direktur Operasi Sumber Daya, Rachmat Widayana, memberi sambutan dalam kegiatan asistensi e-licensing penyiaran

Bandung (SDPPI) - Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI bersama Balmon Kelas II Bandung telah mengadakan acara Asistensi e-licensing penyiaran pada Kamis (7/9 )yang dihadiri oleh para undangan yang berasal dari Penyelenggara Radio dan Televisi Siaran di Kota Bandung dan sekitarnya. Asistensi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan untuk E-licensing layanan Dinas Penyiaran dan penerapannya sudah ditunggu-tunggu oleh lembaga penyiaran.

Kegiatan Asistensi dibuka oleh Direktur Operasi Sumber Daya Bapak Rachmat Widayana. Beliau menyampaikan komitmen Ditjen SDPPI dalam mewujudkan pelayanan prima perizinan ISR (Izin Stasiun Radio) untuk semua dinas Layanan yang ada di Direktorat Operasi Sumber Daya. E-Licensing dinas penyiaran ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan komitmen tersebut. E-Licensing ini memberikan banyak kemudahan dan keunggulan seperti proses perizinan yang cepat, akurat, dan transparan.

Kasubdit Pelayanan Spektrum NDTBD Gunadi dan Kasubdit Pengelolaan SIMS Nurhaedah sebagai narasumber dalam acara ini menyampaikan gambaran proses perizinan secara daring. Sistem ini dibangun dengan mengintegrasikan database IPP (Izin Penyelenggaraan Penyiaran) yang ada di Direktorat Penyiaran Ditjen PPI (Penyelenggaraan Pos dan Informatika) dengan database SIMS Ditjen SDPPI, sehingga diharapkan data ISR penyiaran akan lebih valid dan mutakhir. Tidak menutup kemungkinan integrasi database ini juga diterapkan pada institusi lain seperti Kementerian Keuangan terkait dengan Nomor Pokok Wajib Pajak, Database Akta Perusahaan di Kementerian KUMHAM, dsb. Disampaikan juga bahwa sistem e-licensing kedepan akan menerapkan tanda tangan digital (Digital-Signature) sehingga akan semakin menambah kemudahan baik dari sisi pengguna maupun regulator.

Acara dilanjutkan dengan mensimulasikan E-Licensing oleh pengguna dalam hal ini para peserta penyelenggara penyiaran dan didampingi oleh mentor dari Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI dan PT. Telkom. Diharapkan output dari asistensi ini adalah peserta dapat membuat akun e-licensing penyiaran, mengajukan permohonan baru melalui e-licensing penyiaran dan mencetak mencetak Salinan ISR dan SPP tahunan.

Penyelenggaraan kegiatan asistensi ini mendapatkan respon positif dan apresiasi dari peserta atas upaya-upaya yang dilakukan Ditjen SDPPI dalam peningkatan pelayanan perizinan frekuensi radio dan menjawab kendala-kendala yang dialami oleh pengguna.

(Sumber info/foto: Adit/Syaruddin, Direktorat Operasi Sumber Daya)

Siaran Pers

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 7 November 2017 Tentang K…

Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Konsultasi Publik mengenai RPM Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizina…

Siaran Pers No. 182/HM/KOMINFO/09/2017
02-10-2017

Pembukaan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz dan Pita Frekuensi …

Seputar SDPPI

Tekan Gangguan Frekuensi Penerbangan, UPT Merauke Tertibkan Radio Nelayan
17-11-2017

Merauke (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Merauke, yang merupakan...

SDPPI Sapa Warga Yogyakarta Melalui Pameran di Malioboro
16-11-2017

Yogyakarta (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika hadir...

BBPPT Resmi Implementasikan Pembayaran Host to Host
14-11-2017

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) telah...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika