Profil > Sekretariat Direktorat Jenderal SDPPI

Sekretariat Direktorat Jenderal mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut, Sekretariat Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika menyelenggarakan fungsi:

  • koordinasi dan penyusunan rencana, program anggaran, dan administrasi bantuan teknik luar negeri, serta evaluasi dan pelaporan di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika;
  • koordinasi dan pelaksanaan pengolahan data dan pengembangan sistem informasi manajemen di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika;
  • koordinasi dan penyiapan telaahan hukum dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, serta pelaksanaan bantuan dan penyuluhan hukum di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika;
  • koordinasi dan pelaksanaan administrasi kerja sama di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika;
  • pengelolaan urusan keuangan di lingkungan direktorat jenderal;
  • pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian, organisasi, tata laksana, perlengkapan, rumah tangga, dan tata usaha di lingkungan direktorat jenderal.

Sekretariat Direktorat Jenderal terdiri atas:

  1. Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan;
  2. Bagian Hukum dan Kerja Sama;
  3. Bagian Keuangan; dan
  4. Bagian Umum dan Organisasi.

Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan

Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi dan penyusunan rencana, program, anggaran, administrasi bantuan teknik luar negeri, pengolahan data, dan pengembangan sistem informasi, serta evaluasi dan pelaporan di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Bagian Penyusunan Program dan Laporan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana, program dan anggaran, rencana kerja, rencana kerja anggaran, serta administrasi bantuan teknik luar negeri di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika;
  2. penyiapan bahan koordinasi dan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan informasi, serta pengembangan sistem informasi manajemen di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika; dan
  3. penyiapan bahan evaluasi dan penyusunan laporan tahunan, berkala dan akuntabilitas di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Bagian Penyusunan Program dan Laporan terdiri atas:

  1. Subbagian Pengolahan Data; mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi dan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan informasi, serta pengembangan sistem informasi manajemen di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.
  2. Subbagian Penyusunan Program dan Anggaran; mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana, program dan anggaran, rencana kerja, rencana kerja anggaran, serta administrasi bantuan teknik luar negeri di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.
  3. Subbagian Evaluasi dan Pelaporan; mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan evaluasi dan penyusunan laporan tahunan, berkala, dan akuntabilitas di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Bagian Hukum dan Kerja Sama

Bagian Hukum dan Kerja Sama mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi, telaahan hukum dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, dan pemberian bantuan dan advokasi hukum, serta administrasi kerja sama di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Bagian Hukum dan Kerja Sama menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan koordinasi, telaahan hukum dan pemberian bantuan dan advokasi hukum, dokumentasi hukum, serta analisis dan evaluasi peraturan perundang- undangan di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika;
  2. penyiapan bahan koordinasi, telaahan, dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika; dan
  3. penyiapan bahan koordinasi administrasi, pengelolaan, dan tata laksana kerja sama dalam dan luar negeri di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Bagian Hukum dan Kerja Sama terdiri atas:

  1. Subbagian Penelaahan dan Bantuan Hukum; mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi, telaahan hukum, pemberian bantuan dan advokasi hukum, dokumentasi hukum, serta analisis dan evaluasi peraturan perundang- undangan di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.
  2. Subbagian Penyusunan Rancangan Peraturan; mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi, telaahan dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.
  3. Subbagian Kerja Sama mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi administrasi, pengelolaan, dan tata laksana kerja sama dalam dan luar negeri di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Bagian Keuangan

Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan urusan keuangan di lingkungan direktorat jenderal.

Bagian Keuangan menyelenggarakan fungsi:

  1. pengelolaan pelaksanaan anggaran;
  2. pelaksanaan urusan pembukuan, verifikasi, dan perhitungan anggaran; dan
  3. pelaksanaan urusan tata usaha keuangan, perbendaharaan, serta penyiapan bahan penyusunan laporan keuangan.

Bagian Keuangan terdiri atas:

  1. Subbagian Pelaksanaan Anggaran; mempunyai tugas melakukan pengelolaan pelaksanaan dan pemantauan anggaran di lingkungan direktorat jenderal.
  2. Subbagian Verifikasi; mempunyai tugas melakukan urusan pembukuan, verifikasi, dan perhitungan anggaran di lingkungan direktorat jenderal.
  3. Subbagian Perbendaharaan mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha keuangan, perbendaharaan serta penyiapan bahan laporan keuangan di lingkungan direktorat jenderal.

Bagian Umum dan Organisasi

Bagian Umum dan Organisasi mempunyai tugas melaksanakan urusan administrasi kepegawaian, organisasi, tata laksana, perlengkapan, rumah tangga, dan tata usaha di lingkungan direktorat jenderal.

Bagian Umum menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian, evaluasi kinerja, penataan organisasi, dan ketatalaksanaan di lingkungan direktorat jenderal;
  2. pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga lingkungan direktorat jenderal; dan
  3. pelaksanaan urusan tata usaha, kesekretariatan, dan keprotokolan di lingkungan direktorat jenderal.

Bagian Umum dan Organisasi terdiri atas:

  1. Subbagian Kepegawaian dan Organisasi; mempunyai tugas melakukan urusan administrasi kepegawaian, evaluasi kinerja, penataan organisasi dan ketatalaksanaan di lingkungan direktorat jenderal.
  2. Subbagian Perlengkapan dan Rumah Tangga; mempunyai tugas melakukan urusan administrasi pengadaan, penyimpanan, dan distribusi perlengkapan dan rumah tangga di lingkungan direktorat jenderal.
  3. Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan ketatausahaan, kesekretariatan, keprotokolan, persuratan, arsip, dan penggandaan di lingkungan direktorat jenderal.

Siaran Pers

SIARAN PERS NO.57/PIH/KOMINFO/07/2015
24-07-2015

Penertiban terhadap Komunikasi Radio yang Tidak Terstandarisasi oleh Balai …

SIARAN PERS NO.52/PIH/KOMINFO/07/201
07-07-2015

Konsultasi Publik atas Tiga Rancangan Peraturan Menteri mengenai Standar Ku…

SIARAN PERS NO.51/PIH/KOMINFO/07/2015
06-07-2015

Kesiapan Lima Operator Seluler untuk Percepatan Implementasi Mobile Broadba…

Seputar SDPPI

PEMBUKAAN KEGIATAN PEMBINAAN MENTAL, DISIPLIN DAN KEPEMIMPINAN DITJEN SDPPI TAHUN 2015
29-07-2015

Dirjen SDPPI, Muhammad Budi Setiawan, membuka kegiatan pembinaan mental disiplin dan...

APEL PAGI DAN HALAL BI HALAL PEGAWAI DITJEN SDPPI : Menjalin Silaturahmi Antar Pegawai
28-07-2015

Sekretaris Direktorat Jenderal SDPPI, Sadjan, memimpin pelaksanaan Apel Pagi dan halal...

Penertiban terhadap Komunikasi Radio yang Tidak Terstandarisasi oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Jakarta
24-07-2015

(Jakarta, 24 Juli 2015) – Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Jakarta (Balmon...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2015 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika