Siaran Pers No. 1/DJPT.1/KOMINFO/1/2007
Kemajuan PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo Dalam Pemulihan Layanan Internet Pasca Gempa Bumi di Taiwan (Posisi Jam 18.00 WIB)

02-01-2007

  1. Pada hari ke-5 sejak diberlakukannya keadaan darurat ( force major ) oleh Dirjen Postel Baasuki Yusuf Iskandar bersama para penyelenggara telekomunikasi dan APJII (dalam pertemuannya di Ditjen Postel pada tanggal 28 Desember 2006), tingkat kemajuan yang telah diperoleh ketiga penyelenggara telekomunikasi (PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo) cukup signifikan. Informasi dari PT Telkom, dari kapasitas total 1,3 Gb yang terdiri dari 7 STM-1 (155 Mbts) fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit (45 Mbts) telah beroperasi normal serta demikian pula dengan 6 STM-1 fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit. Tinggal 1 STM-1 fiber optic yang masih down. Secara prosentase, kapasitas bandwith internet PT Telkom sudah 80% dapat dipulihkan.
  2. Adapun PT Indosat, s etelah berhasil memulihkan 100% layanan suara dan blackberry -nya, PT Indosat hari ini telah berhasil memulihkan lebih dari 80% dari layanan dan kapasitas internetnya. Sedangkan anak perusahaan Indosat, Indosat Mega Media (IM2), dengan layanan internetnya, IndosatNet, telah kembali ke kapasitas penuh dan melayani para pelanggannya seperti biasa.
  3. Sedangkan tentang PT Exelcomindo dapat kiranya diinformasikan, bahwa PT Excelcomindo sudah dapat melayani seluruh pelanggannya dengan normal secara kuantitas, meskipun masalah kualitas kemungkinan masih dirasakan adanya penurunan karena packet loss. Kapasitas yang saat ini tersedia dan berdasarkan komitmen dari pihak upstream adalah sebagai berikut:

UpStream Provider

Bandwidth Available / Commitment

Bandwidth Rent

TMHK

80M

155M

SingTel

20M

50M

SATNet

90M

90M

AsiaNetCom

8M

8M

VQwest

4M

4M

VSAT SingTel

6M

6M

Total

208M

313M

  1. Ditjen Postel terus meminta para penyelenggara telekomunikasi tersebut untuk berupaya meningkatkan kapasitasnya agar dapat kembali pulih sepenuhnya. Hal yang perlu ditekankan untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat umum, khususnya para pengguna internet, adalah bahwanya pemulihan sepenuhnya masih membutuhkan waktu (meskipun terus diupayakan secepat mungkin), karena hal tersebut tergantung pada perkembangan pekerjaan pemulihan kerusakan pada kabel telekomunikasi bawah laut yang dilaksanakan di Taiwan.
  2. Mengingat ketidak nyamanan, gangguan delay yang diakibatkan dan masih belum pulihnya penanganan kerusakan internet akibat musibah gempa bumi di Taiwan ini, Ditjen Postel menyampaikan permohonan maaf dan secara rutin akan tetap menginformasikan kepada masyarakat umum tentang tingkat kemajuan pemulihan yang secara intensif dilakukan oleh ketiga penyelenggara telekomunikasi tersebut di atas bersama APJII.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Siaran Pers

SIARAN PERS NO.157/HM/KOMINFO/09/2017
13-09-2017

Pelantikan Pejabat Eselon II di Kementerian Kominfo

SIARAN PERS NO. 145/HM/KOMINFO/08/2017
30-08-2017

Kesinambungan Layanan Telekomunikasi yang Memanfaatkan Satelit Telkom-1

SIARAN PERS NO. 123/HM/KOMINFO/08/2017
15-08-2017

Sambut HUT RI Ke-72, Menkominfo Luncurkan Sistem Ticketing Aduan Konten

Seputar SDPPI

SDPPI Maksimalkan Pameran Manado untuk Sosialisasi Frekuensi
22-09-2017

Manado (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Penguatan Laboratorium BBPPT Menuju Perangkat Hasil Uji Lebih Berkualitas
20-09-2017

Jakarta (SDPPI) - Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Kementerian...

PPNS SDPPI Terima Penghargaan Polri
20-09-2017

Jakarta (SDPPI) - Penyidik Pegawai Negeri Sipil Direktorat Jenderal Sumber Daya dan...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika