Siaran Pers No. 1/DJPT.1/KOMINFO/1/2007
Kemajuan PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo Dalam Pemulihan Layanan Internet Pasca Gempa Bumi di Taiwan (Posisi Jam 18.00 WIB)

02-01-2007

  1. Pada hari ke-5 sejak diberlakukannya keadaan darurat ( force major ) oleh Dirjen Postel Baasuki Yusuf Iskandar bersama para penyelenggara telekomunikasi dan APJII (dalam pertemuannya di Ditjen Postel pada tanggal 28 Desember 2006), tingkat kemajuan yang telah diperoleh ketiga penyelenggara telekomunikasi (PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo) cukup signifikan. Informasi dari PT Telkom, dari kapasitas total 1,3 Gb yang terdiri dari 7 STM-1 (155 Mbts) fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit (45 Mbts) telah beroperasi normal serta demikian pula dengan 6 STM-1 fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit. Tinggal 1 STM-1 fiber optic yang masih down. Secara prosentase, kapasitas bandwith internet PT Telkom sudah 80% dapat dipulihkan.
  2. Adapun PT Indosat, s etelah berhasil memulihkan 100% layanan suara dan blackberry -nya, PT Indosat hari ini telah berhasil memulihkan lebih dari 80% dari layanan dan kapasitas internetnya. Sedangkan anak perusahaan Indosat, Indosat Mega Media (IM2), dengan layanan internetnya, IndosatNet, telah kembali ke kapasitas penuh dan melayani para pelanggannya seperti biasa.
  3. Sedangkan tentang PT Exelcomindo dapat kiranya diinformasikan, bahwa PT Excelcomindo sudah dapat melayani seluruh pelanggannya dengan normal secara kuantitas, meskipun masalah kualitas kemungkinan masih dirasakan adanya penurunan karena packet loss. Kapasitas yang saat ini tersedia dan berdasarkan komitmen dari pihak upstream adalah sebagai berikut:

UpStream Provider

Bandwidth Available / Commitment

Bandwidth Rent

TMHK

80M

155M

SingTel

20M

50M

SATNet

90M

90M

AsiaNetCom

8M

8M

VQwest

4M

4M

VSAT SingTel

6M

6M

Total

208M

313M

  1. Ditjen Postel terus meminta para penyelenggara telekomunikasi tersebut untuk berupaya meningkatkan kapasitasnya agar dapat kembali pulih sepenuhnya. Hal yang perlu ditekankan untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat umum, khususnya para pengguna internet, adalah bahwanya pemulihan sepenuhnya masih membutuhkan waktu (meskipun terus diupayakan secepat mungkin), karena hal tersebut tergantung pada perkembangan pekerjaan pemulihan kerusakan pada kabel telekomunikasi bawah laut yang dilaksanakan di Taiwan.
  2. Mengingat ketidak nyamanan, gangguan delay yang diakibatkan dan masih belum pulihnya penanganan kerusakan internet akibat musibah gempa bumi di Taiwan ini, Ditjen Postel menyampaikan permohonan maaf dan secara rutin akan tetap menginformasikan kepada masyarakat umum tentang tingkat kemajuan pemulihan yang secara intensif dilakukan oleh ketiga penyelenggara telekomunikasi tersebut di atas bersama APJII.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017
13-05-2017

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware…

SIARAN PERS NO. 42/HM/KOMINFO/04/2017
07-04-2017

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers M…

SIARAN PERS NO. 38/HM/KOMINFO/04/2017
04-04-2017

Menkominfo Serukan Isu Pemerataan Dicantumkan pada Deklarasi G20 Digital Mi…

Seputar SDPPI

Kementerian Kominfo Susun Peraturan Baru Dorong Industri Telekomunikasi
21-07-2017

Bogor (SDPPI) - Dalam meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi, Kementerian Komunikasi...

Pembuat, Perakit, Penjual Perangkat Ilegal di Jatim Terjaring Operasi Terpadu Ditjen SDPPI
21-07-2017

Surabaya (SDPPI) - Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,...

UPT Mataram Sosialisasikan Prosedur ISR Tingkatkan Kesadaran Pengguna
21-07-2017

Lombok (SDPPI) - Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI di Mataram (UPT Mataram) pada Kamis...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika