Dirjen SDPPI Kunjungi Telkom Serahkan Sertifikat Balai Uji Perangkat Telekomunikasi

10-12-2016

Dirjen SDPPI dalam kunjungan ke DDS Telkom, Bandung

Bandung (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail pada Rabu (7/12) melakukan kunjungan kerja ke Bandung Digital Valey, Divisi Digital Service (DDS) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk di Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya didampingi Plt. Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Mochamad Hadiyana beserta beberapa pejabat lainnya dan staf direktorat, Dirjen SDPPI Ismail juga menyerahkan sertifikat perpanjangan penetapan DSS Telkom sebagai balai uji perangkat telekomunikasi dalam negeri.

Sertifikat balai uji perangkat telkomunikasi untuk DDS itu diserahkan Ismail kepada Executive General Manager DDS, Arief Musta'in.

Dalam sambutannya, Dirjen SDPPI menekankan pentingnya peran Kemkominfo begitu juga PT Telkom Tbk dalam hal standardisasi dan sertifikasi. Untuk mendukung peran tersebut, perlu dilakukan reorientasi bidang standardisasi termasuk terhadap laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi di Indonesia sehingga bersama-sama kebijakan TKDN bisa menjadikan produk-produk nasional sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Reorientasi dalam bidang pengujian dilakukan pada dua hal, yaitu pengujian perangkat telekomunikasi yang berfokus pada perlindungan masyarakat dan menjadikan laboratorium pengujian di Indonesia sebagai gateway pengujian produk lokal yang akan dipasarkan di kawasan regional atau negara lain.

Oleh karena itu, menurut Ismail, perlu dilakukan sinergi antara DDS PT Telkom dan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) milik Kemkominfo terkait fokus area pengujian yang akan dilakukan.

Selain itu, perlu juga dijalin kerja sama standardisasi antara Kemkominfo dan DDS PT Telkom dari sisi business process. Kemudian, dalam rangka mendukung penetrasi broadband terutama terkait permasalahan penggelaran infrastruktur pasif, Ditjen SDPPI juga akan mencoba hadir dengan tiga solusi, yaitu standar, model bisnis, dan metode penetapan tarif.

Disela kunjungan kerja tersebut, Dirjen SDPPI juga mengunjungi fasilitas pengujian yang ada di DDS PT Telkom dan kegiatan pengembangan start-up lokal oleh Indigo - Bandung Digital Valey.

(Sumber/Foto : Leolina S, Dit Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika/Dimas Y)

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017
13-05-2017

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware…

SIARAN PERS NO. 42/HM/KOMINFO/04/2017
07-04-2017

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers M…

SIARAN PERS NO. 38/HM/KOMINFO/04/2017
04-04-2017

Menkominfo Serukan Isu Pemerataan Dicantumkan pada Deklarasi G20 Digital Mi…

Seputar SDPPI

Ditjen SDPPI Minta Antaroperator e-money Segera Interkoneksi
25-07-2017

Bekasi (SDPPI) - Kasubdit Standar Pos dan Telekomunikasi Non Radio, Indra Utama, mewakili...

UPT Semarang Edukasi Pengguna Soal Pemanfaatan e-Licensing
25-07-2017

Semarang (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Semarang, sebuah Unit...

Sosialisasi Standar Perangkat Telekomunikasi di Malang Sasar Kaum Muda
24-07-2017

Malang (SDPPI) - Guna menanamkan sejak dini kesadaran penggunaan alat/perangkat...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika