Workshop RAPI di Jatim Bahas Sistem Komunikasi Radio Tanggap Darurat Bencana

05-09-2017

Apel Simulasi Penanggulangan Darurat Bencana Apel Simulasi Penanggulangan Darurat Bencana

Surabaya (SDPPI) - Dalam upaya pembinaan Komunikasi Radio Antar Penduduk di wilayah Jawa Timur, Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI di Surabaya (UPT Surabaya) menyelenggarakan Workshop Komunikasi Radio Antar Penduduk Tahun 2017 dengan tema “Membangun Jaring Komunikasi Radio Tanggap Darurat Bencana”.

Workshop yang berlangsung di Kawasan Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, berlangsung selama dua hari dari 2 hingga 3 September lalu, dengan dihadiri Bupati, Kapolres, dan Dandim Situbondo, pengurus RAPI nasional, ketua RAPI provinsi, serta perwakilan RAPI kabupaten se-Jatim.

Dengan fokus membahas jaring komunikasi radio tanggap darurat bencana, workshop RAPI di Jatim ini dilaksanakan secara indoor dan outdoor sehingga selain mendapatkan materi di dalam ruangan, peserta juga dilatih membangun dan mengimplementasikan jaring komunikasi radio tanggap darurat melalui simulasi di luar ruang.

Pada kegiatan indoor, peserta mendapatkan materi mengenai peran komunikasi radio dan manajemennya dalam penanggulangan bencana, sistem komunikasi radio tanggap darurat bencana, dan aktualisasi pemanfaatan frekuensi radio dalam penanggulangan bencana.

Sesuai dengan lingkup bahasannya, workshop menghadirkan banyak narasumber serta pelatih (trainer), mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jatim, pengurus RAPI nasional, BNPB, Basarnas, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Polri, Taruna Siaga Bencana, serta RAPI provinsi dan kabupaten di Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Kepala Balai Monitor Kelas II Surabaya Zainuddin Kalla menyampaikan materi mengenai aktualisasi pemanfaatan frekuensi radio, termasuk di dalamnya tugas pokok dan fungsi Balmon Spektrum Frekuensi Radio, pemanfaatan dan pengaturan sumber daya frekuensi, izin frekuensi radio, hingga profil penggunaan frekuensi di lapangan.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan workshop ini yang dinilainya sangat aplikatif dan membawa manfaat untuk kepentingan umum.

Workshop ini diselenggarakan sebagai bagian dari pembinaan penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk sesuai amanat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 34/PER/M.Kominfo/08/2009.

(Sumber/foto) :

Siaran Pers

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 7 November 2017 Tentang K…

Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/11/2017
07-11-2017

Konsultasi Publik mengenai RPM Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizina…

Siaran Pers No. 182/HM/KOMINFO/09/2017
02-10-2017

Pembukaan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 Ghz dan Pita Frekuensi …

Seputar SDPPI

Tekan Gangguan Frekuensi Penerbangan, UPT Merauke Tertibkan Radio Nelayan
17-11-2017

Merauke (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Merauke, yang merupakan...

SDPPI Sapa Warga Yogyakarta Melalui Pameran di Malioboro
16-11-2017

Yogyakarta (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika hadir...

BBPPT Resmi Implementasikan Pembayaran Host to Host
14-11-2017

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) telah...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika