SDPPI Jajaki Kerja Sama dengan China Academy of ICT dan CTTL

03-04-2018

Kepala BBPPT Moch. Rus’an mendapat kunjungan dari China Academy of ICT (CAICT) bersama China Telecommunication Laboratory (CTTL) (28/3). Dalam kunjungannya delegasi dari china mengunjungi Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi untuk melihat proses pengujian perangkat telekomunikasi secara langsung.

Jakarta (SDPPI) - China Academy of ICT (CAICT) bersama China Telecommunication Laboratory (CTTL) dalam kunjungannya ke Ditjen SDPPI Kemkominfo di Jakarta pada 27 Maret lalu bermaksud saling menjajaki kemungkinan kerja sama teknis bidang standardisasi perangkat pos dan informatika.

Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut kunjungan delegasi Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Ditjen SDPPI pada Agustus 2017, dalam rangka penjajakan kerja sama teknis dengan balai uji TIK terbesar China tersebut.

CCTL, yang merupakan salah satu anggota GCF dan CTIA, oleh SDPPI diterima hasil ujinya sesuai skema SDoC untuk perangkat handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT) yang diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2016.

Delegasi CAICT dan CTTL diterima langsung oleh Dirjen SDPPI Ismail didampingi Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Mochamad Hadiyana beserta jajaran kasubdit di di lingkungan Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika.

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen SDPPI Ismail menyampaikan bahwa saat ini sistem sertifikasi perangkat pos dan informatika telah mengalami perbaikan dalam melayani dan mempermudah akses teknologi masyarakat Indonesia.

Ismail mengharapkan bahwa dari hasil pertemuan ini Ditjen SDPPI dan CAICT maupun CTTL dapat bekerjasama dalam hal pertukaran informasi mengenai industri perangkat telekomunikasi di kedua negara.

Selain itu, diharapkan pula terjalin kerja sama pelatihan bidang sertifikasi dan pengujian di fasilitas CAICT dan CTTL untuk pengembangan sumber daya manusia dibidang sertifikasi dan pengujian, serta mendapatkan masukan bagi penyusunan kebijakan dan regulasi perangkat pos dan informatika Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Mochamad Hadiyana memaparkan mengenai tugas dan fungsi direktorat yang dipimpinnya serta sistem sertifikasi perangkat pos dan informatika yang berlaku di Indonesia dan dijalankan Direktorat Standardisasi.

President of Telecommunication Terminal Industry Forum Association (TAF), Professorate Senior Enginer, CAICT, Xie Yi, memaparkan mengenai sistem sertifikasi dan perizinan perangkat telekomunikasi di China.

Untuk dapat diperdagangkan di China, perangkat telekomunikasi harus memenuhi tiga sistem perizinan, yaitu NAL (Network Access Licensing), Type Approval, dan China Compulsory Product Certification (CCC).

NAL merupakan perizinan untuk perangkat yang akan terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi publik, dan Type Approval adalah kewajiban bagi perangkat telekomunikasi radio untuk memenuhi ketentuan teknis berlaku, sedangkan CCC merupakan sertifikasi produk terkait keamanan nasional, kesehatan, dan lingkungan.

Kunjungan CAICT dan CTTL kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bersama enam balai uji dalam negeri untuk sharing mengenai metode pengujian RF dan EMC. Sharing metode uji RF berlangsung di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomuniksi di Bekasi, Jawa Barat, dimana delegasi diterima Kepala BBPPT Moch. Rus’an.

Pertemuan di tempat ini juga dihadiri perwakilan BARISTAND Surabaya, Laboratorium Uji PT Hartono Istana Teknologi, dan DDS Telkom.

Rahmat Saleh selaku Penguji Laboratorium BBPPT mempresentasikan mengenai profil dan pengujian yang dilakukan BBPPT, dilanjutkan dengan presentasi profil CTTL oleh Mr. Ma Xin, Sistem Perijinan NAL oleh Ms. Men Rujing, metode pengujian RF dan SAR oleh Mr. Qu Pengfei.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas laboratorium pengujian BBPPT, yang meliputi laboratorium pengujian perangkat radio, laboratorium pengujian perangkat non radio, laboratorium pengujian seluler, dan laboratorium kalibrasi.

Sumber/Foto : Nur Akbar Said/rst

Siaran Pers

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Seputar SDPPI

Bali Digi Run Ramaikan Hari Bhakti Postel ke-73
23-09-2018

Nusa Dua (SDPPI) - Ditjen SDPPI, Kemkominfo, bersama komunitas pos dan telekomunikasi...

Dirjen SDPPI Lantik Kabalmon Jakarta dan Kasubdit BHP
21-09-2018

Jakarta (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen...

SDPPI Selenggarakan Bimbingan Teknis Modifikasi Akun E-Licensing Melalui Webinar
21-09-2018

Jakarta (SDPPI) - Direktorat Operasi Sumber Daya bersama Balai Monitor Spektrum Frekuensi...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika