UPT Jatim Gelar UNAR di Bromo Pekan Depan

Kantor Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Surabaya

Surabaya (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Surabaya, Jawa Timur, akan menyelenggarakan Ujian Negara Amatir Radio di Gunung Bromo pada pekan depan, tepatnya 11 Maret 2018, sebagai bagian dari mendorong ketertiban penggunaan frekuensi radio di kawasan Bromo, Tengger, Semeru.

Bagi Balmon Surabaya selaku Unit Pelaksana Teknis Ditjen SDPPI di Jatim, UNAR mendatang ini merupakan UNAR pertamanya dalam tahun 2018, dan akan diikuti sekitar 310 perserta, baik dari tingkat Siaga, Penggalang, maupun Penegak.

“Yang menarik dalam penyelenggaraan UNAR kali ini adalah penerapan e-Licensing dalam proses penyelenggaraannya,” kata Balmon Kelas I Surabaya dalam pernyataannya, Rabu.

Keberadaan amatir radio sebagai cadangan telekomunikasi nasional perlu mendapat perhatian dan pembinaan dari pemerintah secara berkesinambungan mengingat perannya yang selama ini sangat dibutuhkan terutama dalam tanggap bencana.

Oleh karena itu, pemilihan Bromo sebagai lokasi UNAR mendatang menjadi penting terkait kehadiran masyarakat Suku Tengger dan Komunitas Motor Link dalam penyediaan jaringan komunikasi radio amatir saat terjadi erupsi Gunung Bromo beberapa waktu lalu.

Sumber/Foto : Syamsul Huda, UPT Surabaya/gat

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Infografis`