48 Peserta Ikuti UNAR di Pangkalpinang

Ka UPT Pangkalpinang Boby Satriyo dan staf Direktorat Operasi Sumber Daya Yan Fallah memberi penjelasan sebelum pelaksanaan UNAR

Pangkalpinang (SDPPI) - Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang melaksanakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR), Minggu (7/7/2019). Kegiatan di Hotel Swiss Bell Pangkalpinang ini diikuti peserta Tingkat Siaga 48 orang dan untuk kenaikan Tingkat Siaga ke Penggalang 8 orang. Para peserta berasal dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Belitung.

Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang Boby Satriyo (YB8SB/4) membuka langsung UNAR. Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Direktorat Operasi Ditjen SDPPI Kemkominfo Yan Fallah Nur Happy, Ketua ORARI Daerah Bangka Belitung Abet Suhaian (YE4FNN), bersama pengurus dan anggota ORARI Bangka Belitung.

Maksud diselenggarakannya UNAR memberikan pemahaman kepada masyarakat dan stakeholder pengguna spektrum frekuensi radio dalam mendapatkan izin menggunakan frekuensi radio amatir. Tujuannya supaya terciptanya tertib penggunaan spektrum frekuensi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dari 48 peserta UNAR tingkat siaga, yang mengikuti ujian manual 40 orang dinyatakan lulus. Sedangkan yang tidak mengikuti UNAR lima orang. Tiga orang lainnya mengikuti UNAR dengan sistem computer assisted test (CAT). Ketiganya dinyatakan lulus setelah mengisi soal dalam waktu hanya 45 menit. Materi yang diujikan adalah Pancasila, Teknik Radio, dan Peraturan Radio. Sementara itu, UNAR Tingkat Penggalang menggunakan sistem CAT diikuti 8 peserta. Semuanya dinyatakan lulus.

Nilai kelulusan langsung dapat dilihat di www.iar-ikrap.postel.go.id. Para peserta juga langsung mendapatkan callsign YG4… dan YF4…. Dibandingkan sistem UNAR terdahulu, biasanya para peserta harus menunggu pengumuman berbulan-bulan dan pengurusannya memakan waktu lama.

Penerapan UNAR sistem CAT untuk tingkat Penggalang ini yang pertama di Wilayah Sumatera dilakukan oleh UPT. Sebelumnya, UPT Pangkalpinang melaksanakan Sosialisasi E-Licensing proses perizinan IAR dan KRAP, asistentensi pendaftaran secara online kepada peserta Tingkat Siaga dan Penggalang, serta Pembekalan UNAR sistem CAT untuk Tingkat Penggalang.

Ketua RAPI Daerah 31 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yusuf MP (JZ31DJA) dan sejumlah anggota RAPI lainnya juga mengikuti UNAR.

Kepala UPT Pangkalpinang mendorong Ketua ORARI Daerah Abet Suhaian (YE4FNN) untuk mendaftarkan menjadi keanggotaan RAPI. Demikian pula para pegawai di UPT, diinstruksikan untuk menjadi anggota ORARI dan RAPI.

(Boby S/Rizky, UPT Pangkalpinang)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`