Tingkatkan Kerjasama Operator Lewat User Group

Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Kemkominfo menyelenggarakan kegiatan user group pelayanan Izin Stasiun Radio (ISR) dengan operator seluler dan operator broadband wireless access (BWA), Semarang  (22/8/2019)

Semarang (SDPPI) – Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Kemkominfo menyelenggarakan kegiatan user group pelayanan Izin Stasiun Radio (ISR) dengan operator seluler dan operator broadband wireless access (BWA).

Menurut Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko, melalui kegiatan ini diharapkan para operator bisa kooperatif untuk mengatasi masalah agar bisa menjadi lebih baik. “Forum user group ini diperlukan untuk mengetahui permasalahan perizinan yang dihadapi oleh operator,” katanya dalam sambutannya, Kamis (22/8/2019).

Selain itu, Dwi juga juga menyampaikan bahwa terdapat profil para operator terkait jumlah surat teguran yang diterima dari UPT Balai Monitoring. Sedangkan agenda dari user group, antara lain profil wajib bayar terkait perizinan ISR, sosialisasi PM Kominfo Nomor 2 dan Nomor 7 Tahun 2019, serta Zona Integritas.

Sementara itu, Kasubdit Pelayanan Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat Jenny M Lumingkewas menyampaikan paparan mengenai perizinan spektrum frekuensi radio untuk microwave link. Ekspektasi masyarakat semakin tinggi seiring berjalannya waktu, sehingga membuat bisnis proses semakin inovatif. “Pada tahun 2019, rata-rata waktu proses ISR berada di bawah satu hari kerja,” katanya.

Berikutnya, Kasubdit Konsultansi dan Data Operasi Sumber Daya Fidyah Ernawati menyampaikan paparan mengenai zona integritas dan peningkatan kualitas data ISR. Ia mangatakan proses penilaian, verifikasi, survey, hingga penetapan Zona Integritas, serta kriteria dan hasil penilaian pembangunan Zona Integritas oleh Tim Penilai Nasional Kementerian PAN dan RB. Terkait data, peningkatan kualitas data ISR dalam mendukung Smart Service dan hasil validasi data serta data cleansing.

Sedangkan Kasi Sarana dan Pelayanan Balai Monitor Kelas I Semarang Muhammad Takdir menyampaikan tentang penertiban dan kegiatan inspeksi lapangan. Operator seluler diharapkan tidak melakukan penggunaan spektrum frekuensi radio microwave link yang belum memiliki ISR, karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam sesi berikutnya, Kasi Pengelolaan Data Operasi Sumber Daya Tata Hadinata menyampaikan paparan mengenai dashboard validasi data dan digital assistant. Selanjutnya, Pengevaluasi Pelayanan ISR R Joko Prasetyo Utama menyampaikan paparan mengenai sosialiasi regulasi pelayanan perizinan spektrum frekuensi radio yang terbaru.

Kegiatan user group pelayanan ISR dengan operator seluler dan operator BWA ini dilanjutkan dengan sesi koordinasi kelompok per operator. Dalam koordinasi kelompok per operator, dilakukan pembahasan permasalahan perizinan spektrum frekuensi radio dengan mengacu pada kartu kontrol permasalahan perizinan spektrum frekuensi radio yang telah diberikan sebelum kegiatan user grup ini.

(Sumber, Foto: R. Joko Prasetyo Utama/Direktorat Operasi Sumber Daya)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`