8 UPT Buka Loket Pelayanan Maritime On The Spot (MOTS)

Loket Pelayanan Balmon SFR Kelas I Surabaya di Pelabuhan KKP Brondong

Jakarta (SDPPI) – Delapan unit pelaksana teknis (UPT) menjadi pelaksana uji coba pelayanan Perizinan Frekuensi Radio Maritim dan Sertifikasi Operator Radio. Kegiatan Maritime on the Spot (MOTS) ini langsung dilakukan di pelabuhan-pelabuhan dengan dibukanya loket pelayanan secara serentak mulai tanggal 2 September 2019.

Program MOTS merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pelayaran rakyat. Tujuan pelaksanaan Program MOTS untuk penggunaan alat dan perangkat maritim yang bersertifikasi serta mengurangi gangguan frekuensi penerbangan dan meningkatkan keselamatan pelayaran rakyat. Selain itu, mendorong penggunaan spektrum frekuensi radio yang tertib, legal, bertanggungjawab, dan sesuai peruntukannya.

UPT yang ditunjuk dalam pilot project Program MOTS ini sebagian besar adalah Balai Monitor (Balmon) SFR Kelas I. Yakni, Balmon DKI Jakarta di Pelabuhan Muara Baru, Balmon Bandung di Pelabuhan Karangsong, Balmon Banten di Pelabuhan Karangantu, Balmon Makassar di Pelabuhan Untia, Balmon Semarang di Pelabuhan Bajamulyo, dan Balmon Surabaya di Pelabuhan Brondong.

Sedangkan dua UPT lainnya yaitu Balmon SFR Kelas II Padang di Pelabuhan Bungus dan Loka Monitor SFR Kendari di Pelabuhan Kendari.

Dengan adanya pembukaan loket MOTS di delapan lokasi pilot project ini, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat nelayan terhadap keselamatan diri menjadi meningkat, sehingga dapat mengurangi risiko dalam melaut dan sadar terhadap penggunaan alat komunikasi maritim yang berizin dan sesuai dengan peruntukannya.

Diharapkan, program ini dapat berlanjut pada 2020 di 22 UPT Monitoring Frekuensi Radio lainnya.

(Sumber/foto : Akbar, Dit. Operasi Sumber Daya)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`