Balmon Aceh Perdana Gelar UNAR Non Reguler

Suasana pelaksanaan Ujian CAT UNAR di Balmon Aceh

Banda Aceh (SDPPI) – Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh menjadi unit pelaksan teknis (UPT) pertama yang menyelenggarakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Non Reguler Berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk semua tingkatan, mulai Tingkat Siaga, Penggalang, dan Penegak.

Kepala Balmon Banda Aceh Musriadi mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi itikad baik dari pegiat amatir radio untuk mengikuti UNAR untuk memiliki Izin Amatir Radio (IAR), sehingga terwujud penggunaan spektrum frekuensi radio yang tertib, efektif dan efisien. “Dengan lulus UNAR, maka bisa langsung mendapatkan IAR dan wajib mengurus Kartu Tanda Anggota di ORDA masing-masing. Saudara bisa menggunakan spektrum frekuensi radio secara legal dan memiliki dasar hukum,” jelasnya dalam sambutan pembukaan UNAR, Minggu (8/9/ 2019), di Hotel IDI Kabupaten Aceh Timur.

Di lokasi yang berjarak 380 kilometer dari Ibukota Provinsi Nangroe Aceh Darussalam itu (NAD), 50 peserta mengikuti UNAR Non Reguler Berbasis CAT tersebut. Sebanyak 42 peserta ikut Tingkat Siaga, lima Penggalang, dan tiga Penegak. Selain dari Provinsi NAD, peserta ujian juga ada dari Sumatera Utara.

UNAR merupakan rangkaian dari proses sertifikasi bagi para penggiat amatir radio di Indonesia untuk memperoleh IAR. Sebagai upaya peningkatan pelayanan publik yang lebih cepat, akurat, efisien, trasnparan dan akuntabel, Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Kemkominfo bersama seluruh UPT berkomitmen melakukan transformasi digital pelaksanaan UNAR. Semula UNAR dilakukan secara tertulis dan berbasis kertas (paper based test), kini berbasis CAT.

UNAR berbasis CAT dibagi menjadi dua model, yakni Reguler dan Non Reguler. UNAR CAT Reguler jadwal pelaksanaannya rutin dua kali setiap bulannya dan dilaksanakan di Kantor UPT. Sedangkan UNAR CAT Non Reguler dilaksanakan paling banyak dua kali setahun dan pelaksanaannya di luar Kantor UPT.

Ketua ORARI Daerah Aceh Abdullah Ali mengucapkan terima kasih kepada Balmon Banda Aceh dan Ditjen SDPPI yang telah melaksanakan UNAR tahun ini. “Di era teknologi yang serba online ini membuat UNAR menjadi sangat efektif dan cepat, karena peserta ujian dapat langsung mengetahui hasil setelah menyelesaikan seluruh soal ujian,” katanya.

Sementara itu, Agung prasetyo, peserta UNAR Tingkat Penegak, menyambut baik pelaksanaan UNAR dengan metode CAT yang dinilainya memudahkan peserta. ”Peserta akan mengetahui nilainya secara privat langsung tahu lulus atau tidak,” ujarnya.

Batam UNAR CAT Reguler

Sehari setelah pelaksanaan UNAR CAT Non Reguler di Aceh, dengan memaksimalkan Sumber Daya yang ada, Senin (9/9/2019), Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam berhasil melaksanakan UNAR CAT Reguler. Kegiatan ini merupakan UNAR CAT Reguler perdana di lingkup Ditjen SDPPI yang diselenggarakan oleh Balmon Batam.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 20 orang, yang terdiri dari Tingkat Siaga 18 orang dan Penggalang dua orang. Hasilnya, 19 orang dinyatakan lulus, sedangkan satu lainnya dinyatakan tidak lulus karena berhalangan hadir.

(Sumber/foto: Budi Tj/Muharrami/Ira)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`