Ditjen SDPPI Kerjasama Dengan ASIOTI Untuk Tingkatkan Industri IoT Lokal

Ditjen SDPPI Kerjasama Dengan ASIOTI Untuk Tingkatkan Industri IoT Lokal

Bandung (SDPPI) – Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) untuk dukung perkembangan Industri Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Direktur Standardisasi PPI Mulyadi menekankan bahwa kerjasama dengan ASIOTI akan terus mendorong upaya perkembangan IoT di Indonesia. “Ini merupakan langkah yang baik, karena pemerintahan juga membutuhkan serangkaian individu yang memiliki ilmu yang lengkap dan mumpuni dalam bidang IoT” Ucapnya dalam sambutan pada kegiatan perjanjian kerjasama Direktorat Standardisasi PPI dan ASIOTI, Senin (1/7/2024).

Mulyadi juga menekankan bahwa IoT merupakan salah satu tools yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk terlibat secara aktif sebagai smart player dalam pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

“IoT membuka kesempatan besar untuk itu, dimana kita memiliki kemampuannya, kesempatan dan solusi yang diberikan IoT sangat localize tidak general sehingga partisipasi masyarakat dan industri lokal bisa lebih besar dan lebih luas” ungkapnya.

Tidak lupa juga Direktur Standardisasi PPI mengungkapkan bahwa salah satu tujuan Kominfo adalah meningkatkan partisipasi industri lokal dalam pengembangan jaringan digital di Indonesia. Hal ini dapat dicapai melalui dukungan terhadap pertumbuhan industri IoT dan penerapan use case 5G di Indonesia.

“Ini merupakan langkah lanjutan kita untuk ke tahap berikutnya lebih menyolidkan kerjasama dalam rangka mendorong tumbuhnya industri lokal IoT di Indonesia secara lebih terdepan dan lebih berperan dalam infrastruktur digital Indonesia” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua umum ASIOTI Teguh Prasetya mengungkapkan Industri Indonesia maupun karya dari makers Indonesia akan bertahan dan turut berkembang bahkan dipercaya secara global ketika kita mampu mengenal dan memenuhi kebutuhannya.

“ASIOTI akan terus berkomitmen untuk mendukung penguatan regulasi. Bagaimana regulasi itu dapat mendorong ekosistem industri, tidak hanya dari kacamata industri tapi juga dari kacamata pengguna, perspektif pemerintah dan industri global” kata Teguh.

Teguh memberikan peringatan untuk turut selalu waspada akan peluang negatif dari perkembangan IoT yang ditunjang dengan penggunaan oleh masyarakat. “Ini yang kita katakan bahwa solusi IoT ini merupakan solusi yang bisa dinikmati oleh semua lapisan Masyarakat, namun tetap ada dampak yang bisa dihasilkan maka dari itu kita yang ditemani oleh Kominfo akan terus mengamati serta mengawasi penggunaan dan peredaran perangkat IoT di Indonesia” tutupnya.

Kegiatan penandatanganan kerjasama antara Direktorat Standardisasi PPI dan Asiosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) bertempat di Hotel Sensa Bandung (1/7/2024). Pada kegiata ini turut Hadir Ketua Tim Teknologi dan Keselamatan RF Cahya Kania Purawijaya, Ketua Tim Perumusan Standar Teknis Indra Utama, Ketua Tim Harmonisasi Standar Nur Akbar, Ketua Tim Ekosistem Perangkat Fajar Prasanti, serta pejabat dan staf terkait.

Sumber/Foto: Aldelia/ Fandi R, Setditjen SDPPI

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS-Fest 2024`