Frekuensi Radio Jembatan Telekomunikasi Palapa Ring di Kepulauan Sangihe

Frekuensi Radio Jembatan Telekomunikasi Palapa Ring di Kepulauan Sangihe

Manado (SDPPI) – Ketersediaan Palapa Ring, sebagai tulang punggung telekomunikasi, harus didistribusikan dengan frekuensi radio dan jaringan kabel optik, agar telekomunikasi dapat dinikmati masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Balai Monitor Sprektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado Syamsul Huda dalam Rapat Evaluasi dan Inventarisasi Permasalahan Infrastruktur Telekomunikasi di rumah jabatan Bupati Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (23/10/2019). “Frekuensi radio dapat mengambil peran strategis dalam membantu percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dalam melayani masyarakat di daerah terdepan dan terluar ini,” katanya.

Kondisi geografis Kepulauan Sangihe didominasi kontur berbukit dengan sebaran penduduk di 26 dari 105 pulau. Atas dasar itu, Balmon Kelas II Manado harus hadir memastikan frekuensi radio aman, bebas interferensi, sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Sangihe menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim menindaklanjuti keluhannya dengan melihat langsung kondisi di lapangan terkait kebutuhan akan akses telekomunikasi untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Beberapa catatan yang disampaikan bupati kepada tim antara lain masih ada beberapa desa yang belum terlayani telekomunikasi (blank spot), layanan data/internet yang masih terbatas, termasuk pemerataan pembangunan aksesbilitas telekomunikasi di Miangas dan Marore sebagai daerah perbatasan dengan Filipina.

Rapat dihadiri oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, SE, ME, beserta Kepala Organisasi Pemerintahan Daerah, Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika Marsma TNI Dr Sigit Priyono GSC, SIP, MSc, perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Ditjen SDPPI, Ditjen PPI, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI), PT Telekomunikasi Indonesia, PT Telekomunikasi Selular, PT Len Telekomunikasi Indonesia, Hubdam XIII Merdeka, Forkompimda, Media dan Internet Service Provider.

Sehari sebelum keberangkatan tim ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, dilakukan rapat koordinasi di Kantor Balmon Manado untuk melakukan pemetaan kondisi telekomunikasi dan eskalasi pemecahan masalahnya.

Selain rapat dengan jajaran forkompimda Kabupaten Kepulauan Sangihe, tim juga melihat langsung hasil pembangunan Palapa Ring di dan ke terminal station paket tengah di Desa Pananekeng Kecamatan Tahuna Barat.

Sumber/Foto : Kasno/UPT Manado

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`