Jelang Hari Bhakti Postel, Loka Kendari Sosialisasi Penggunaan Frekuensi Radio di CFD

Kepala Loka Kendari, Abd Salam (kanan) saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Penggunaan Frekuensi Radio  di areal Car Free Day (CFD) Lapangan Ex MTQ Kendari, Minggu (22/9/2019)

Kendari (SDPPI) – Jelang peringatan Hari Bhakti Postel ke-74, yang jatuh pada 27 September setiap tahunnya, Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Loka Kendari) lebih awal memeriahkan dengan berbagai kegiatan di areal Car Free Day (CFD) Lapangan Ex MTQ Kendari, Minggu (22/9/2019).

Tema yang diangkat adalah Digitalisasi Menuju Indonesia 4.0. “Klimaks kemeriahan Hari Ulang Tahun Komunitas Pos dan Telekomunikasi di Kota Kendari ini dibarengi dengan sosialisasi penggunaan frekuensi radio secara interaktif dan berformat milenial,” kata Kepala Loka Kendari Abdul Salam melalui rilisnya, Selasa (24/9/2019).

Sedikitnya, 300 peserta mengikuti sosialisasi. Mereka terdiri dari masyarakat umum, perwakilan instansi pemerintah dan swasta, serta masyarakat pengguna frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi. Selain itu, juga hadir penyelenggara telekomunikasi dan penyiaran, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Net 1, TVRI, Kendari TV, RRI, radio swasta, dan surat kabar.

Rangkaian sosialisasi dilakukan, antara lain demo perangkat monitoring frekuensi radio, layanan perizinan Izin Stasiun Radio (ISR), serta wawan rembug on the spot dengan media penyiaran dan elektronik/digital. Dibagikan juga alat peraga sosialisasi berupa kipas, leaflet, dan balon). Masyarakat juga diajak Senam Samba dan Tari Lulo, serta yang beruntung mendapatkan doorprize.

Sedangkan Lapangan Ex MTQ Kendari dipilih mengingat lokasi ini merupakan ikon dan pusat kegiatan masyarakat Kota Kendari.

Menurut Kepala Loka kendari, upaya membangun kepercayaan masyarakat, khususnya pengguna frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi, harus selalu dilakukan. Penguatan identitas Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo ini bisa dicapai dengan menciptakan komunikasi intensif, bersahabat, dan inklusif dengan masyarakat.

“Tujuan sosialisasi agar kita lebih familiar dan dikenal masyarakat, sehingga optimalisasi pengelolaan dan pengembangan sumber daya frekuensi radio dan orbit satelit, serta pengaturan sertifikasi perangkat telekomunikasi, menjadi sebuah keniscayaan dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” papar Abdul Salam.

Loka Kendari juga menghadirkan tiga pemateri yang menjelaskan peran aktif Kemkominfo sebagai fasilitator, enabler, dan akselerator bagi proses digitalisasi dan perkembangan industri dengan segala jenis bisnis ikutannya. Kemkominfo mendorong dan memeratakan ketersediaan jaringan telekomunikasi berbasis pita lebar (broad band) lewat pembangunan dan finalisasi proyek Palapa Ring.

Sehubungan dengan peran Kemkominfo tersebut, Loka Kendari sebagai satu dari 35 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen SDPPI, berperan menyediakan frekuensi radio yang clear dan bisa digunakan oleh semua penyelenggara telekomunikasi dan internet. Loka Kendari juga melakukan kegiatan observasi dan monitoring, pengukuran, inspeksi, dan penertiban spektrum frekuensi radio, untuk menjamin penggunaan frekuensi radio secara benar, tertib, serta sesuai peruntukan dan ketentuan hukum.

Sumber/Foto : Abd, Salam/UPT Kendari

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`