Siaran Pers No. 67/DJPT.1/KOMINFO/XII/2005
Kesiapan Fasilitas Pengiriman Barang dan Sambungan Telekomunikasi Dalam Menyediakan Layanan Komunikasi Selama Berlangsungnya Ibadah Haji


  1. Seperti tahun-tahun yang lalu, dalam selama berlangsungnya musim haji ini, seluruh jajaran penyelenggara fasilitas pengiriman barang dan sambungan telekomunikasi dari Indonesia telah mempersiapkan layanan jasa layanannya di Arab Saudi sejak beberapa minggu yang lalu dan kini sejumlah layanannya sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar jemaah haji asal Indonesia, seperti misalnya yang sudah langsung berkomunikasi per telfon atau pengiriman SMS melalui perangkat telepon seluler yang sudah banyak dimiliki oleh sebagian besar jemaah haji. Di samping itu ada juga yang sudah banyak mengirimkan sebagian barang-barangnya ke Indonesia.
  2. Khusus untuk layanan telekomunikasi, beberapa penyelenggara telekomunikasi yang sudah memastikan diri untuk memperlancar layanan telekomunikasinya dari Arab Saudi ke Indonesia dan sebaliknya diantaranya adalah PT Telkom, PT Indosat, PT Telkomsel, PT Excelcomindo dan PT Natrindo Telepon Seluler (NTS). Khusus untuk layanan yang disediakan oleh PT Telkom adalah berupa Home Country Direct (HCD) yang memungkinkan komunikasi dari Arab Saudi ke Indonesia dengan men-dialnomer akses 1-800-68, yang mana pembayarannya dibebankan ke nomer telepon PSTN PT Telkom (fixed-line dan bukannya GSM maupun CDMA) yang dipanggil (Collect Call). Terminal-terminal HCD ini dapat dijumpai dengan mudah di sejumlah maktab dan sejumlah tempat lokasi ibadah haji di Arab Saudi.
  3. Demikian pula dengan layanan PT Indosat, selain penggunaan HCD di sejumlah maktab yang juga serupa dengan yang disediakan PT Telkom (tetapi hanya dengan menekan tombol M1), juga berupa penggunaan telepon seluler dengan memutar kode akses 1 800 62 bagi pelanggan Matrix atau telepon dari hotel di Arab Saudi yang langsung dihubungkan ke nomer telepon PSTN PT Telkom (fixed-line dan bukannya GSM maupun CDMA).
  4. Sedangkan PT Telkomsel, fasilitas kartu Halo (paska bayar) dan kartu Simpati (pra bayar) dapat digunakan dari Arab Saudi berikut dengan seluruh fitur yang tersedia. Demikian pula dengan PT Excelcomindo yang pelanggan fasilitas kartu Explor (paska bayar) dapat juga melakukan komunikasi yang sama. Akan halnya PT NTS, meskipun pelanggannya masih terbatas di sekitar Surabaya, namun para pengguna layanan seluler PT NTS yang sedang menunaikan ibadah haji tahun ini sudah dapat juga memperoleh kesempatan untuk berkomunikasi dengan saudara dan familinya di Indonesia (fixed-line dan bukannya GSM maupun CDMA).
  5. Terselenggaranya hubungan telekomunikasi antara Arab Saudi dengan Indonesia tersebut dapat berlangsung atas kerjasama beberapa penyelenggara telekomunikasi tersebut dengan mitranya dari Arab Saudi maupun beberapa entitas di Indonesia, seperti misalnya PT Telkom dengan BTC (Bauf Telecom Company) Arab Saudi yang didukung oleh UJEY Network (anak perusahaan BTC di Indonesia) dan Management Qolbu Multimedia dari Pondok Pesantren Daarul Tauhid pimpinan KH Abdullah Gymnastiar. Kemudian PT Indosat juga dengan BTC Arab Saudi. Adapun PT Telkomsel dan PT NTS dengan Saudi Telecom Al Jawal. Seluruh jasa layanan telekomunikasi yang tersedia itu pada umumnya juga didukung dengan adanya pemberian sejumlah potongan tarif yang cukup beragam satu sama lain dibandingkan tarif normal penggunaan telepon internasional.
  6. Sedangkan khusus untuk layanan pengiriman barang, berdasarkan informasi yang diperoleh dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Cargo Garuda Indonesia menyediakan layanan kiriman barang secara door to door services dari Arab Saudi ke sejumlah kota di Indonesia yang dilalui oleh rute penerbangan domestik Garuda. Kategori barang yang dapat dikirimkan berupa pakaian, sepatu, kerudung, air zamzam, souvenir, sajadah, karpet dan lain-lain. Beberapa nomer telfon yang bisa dihubungi oleh para jemaah haji Indonesia adalah: Madinatul Hujjaj (Jeddah) 02.6916912/6914975 (fixed-line), +9660507654464 (HP); Maktab dan Pasar Seng (Mekkah) 02.5420043/5436275 (fixed-line), +9660503600216 (HP); dan dekat Masjid Nabawi (Madinah) 02.8229947 (fixed-line), +9660503301743 (HP). Di samping itu, Garuda melalui Sdr. Aminuddin (GM yang bertanggung jawab dalam pengurusan cargo di Arab Saudi) membuka layanan informasi di nomer HP +966507316583. Sesampainya di beberapa bandara embarkasi haji di Indonesia, barang-barang kiriman tersebut akan didistribusikan oleh PT Pos Indonesia.
  7. Beragamnya jumlah dan jenis sambungan telekomunikasi yang disediakan oleh hampir seluruh penyelenggara telekomunikasi Indonesia serta jasa pengiriman barang oleh Garuda Indonesia untuk musim haji ini merupakan suatu kondisi yang positif, karena minimal memungkinkan hampir sebagian besar jemaah haji Indonesia untuk dengan mudah, efektif dan efisien untuk berkomunikasi antara Arab Saudi dengan Indonesia dengan cukup suatu pengetahuan atau petunjuk teknis yang sangat sederhana dan informatif. Selain itu, kemungkinan terjadinya over–weight (kelebihan muatan) karena banyaknya oleh-oleh yang hendak dibawa sewaktu akan terbang kembali ke Indonesia dapat diminimalisasi.

Kepala Bagian Umum dan Humas.

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

E_mail: gatot_ b@postel.go.id ; dbroto@yahoo.com

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`