SIARAN PERS NO.1/PIH/KOMINFO/1/2015
Konsultasi Publik atas Rancangan Peraturan Menteri mengenai Persyaratan Teknis Perangkat Near Field Communication

Konsultasi Publik atas Rancangan Peraturan Menteri mengenai Persyaratan Teknis Perangkat Near Field Communication

(Jakarta, 8 Januari 2015). Perkembangan teknologi dan informasi telah memberikan dampak ke berbagai bidang, termasuk di bidang sistem pembayaran, khususnya instrumen secara elektronik sebagai alat pembayaran non tunai yang berpotensi besar untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan kedepannya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam pasal 71 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, disebutkan bahwa setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis.

Dalam siaran pers ini, Kementerian Kominfo melakukan konsultasi publik terhadap Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Persyaratan Teknis Near Field Communication (NFC). Rancangan Peraturan Menteri ini merupakan pedoman dalam pelaksanaan pengujian perangkat NFC dimana perangkat NFC merupakan teknologi komunikasi nirkontak yang menggunakan gelombang radio dengan cara menyentuhkan atau mendekatkan perangkat yang terkait dalam jarak dekat. Rancangan Peraturan Menteri yang dimaksud antara lain mengatur sebagai berikut:
  1. Ketentuan umum, meliputi:
    1. Definisi
    2. Konfigurasi
    3. Singkatan
    4. Istilah
  2. Persyaratan Teknis Perangkat NFC
  3. Kelengkapan Pengujian Perangkat NFC
  4. Pelaksanaan Pengujian Perangkat NFC
Bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan tentang Rancangan Peraturan Menteri mengenai Persyaratan Teknis Perangkat Near Field Communication dapat memberikan masukan secara tertulis melalui email siti_ch@postel.go.id dan pehaes@postel.go.id dari tanggal 8 Januari 2015 s.d. 22 Januari 2015.

***
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Ismail Cawidu, Email: ismail.cawidu@kominfo.go.id Tel/Fax: 021.3504024)
Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`