Siaran Pers Nomor: 38/DJPT.1/KOMINFO/VIII/2005
Penerbitan Prangko Istimewa Seri: "Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia ", serta Prangko Definitif Seri: Hemat Energi


  1. Seiring dengan tuntutan zaman, sejarah demokrasi di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan, ditandai dengan terjadinya perubahan yang bersifat revolusioner di berbagai bidang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya adalah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2004 – 2009 yang dipilih secara langsung oleh Rakyat. Dikatakan revolusioner karena pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tidak lagi diselenggarakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagaimana yang lazim dilakukan di masa - masa lalu. Pemilihan langsung oleh Rakyat ini bisa dilaksanakan setelah dilakukan amandemen terhadap UUD 1945.
  2. Keberhasilan melaksanakan pemilihan langsung Presiden dan Wakil Presiden tersebut merupakan sebuah tonggak sejarah baru (miles stone ) bagi bangsa Indonesia . Dalam rangka mengenang peristiwa ini, maka bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-60 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2005, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Ditjen Postel) akan menerbitkan 2 (dua) macam prangko istimewa seri "Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia" dengan nilai nominal Rp. 2.500 dan Rp. 1.500 (terlampir), beserta Carik Kenangan yang dimaksudkan untuk melengkapi penerbitan prangko tersebut. Pada tanggal yang sama Pos Indonesia (Presero) juga akan menerbitkan Sampul Hari Pertama.
  3. Penerbitan prangko tersebut terasa sangat istimewa karena desain prangko akan menampilkan figure Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Muhammad Yusuf Kalla (JK), yang merupakan pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI yang dipilih secara langsung oleh Rakyat untuk masa jabatan tahun 2004 – 2009. Sebagai gambaran, prangko yang berbentuk segi lima dengan gutter pair di sisi keping prangko akan lebih memperindah tampilan fullsheet- nya dan semakin menambah keistimewaan dari penerbitan prangko ini.
  4. Selain menerbitkan prangko istimewa seri Presiden dan Wakil Presiden RI, Ditjen Postel juga akan menerbitkan prangkodefinitive seri: Hemat Energi dalam 3 (tiga) desain dengan nilai nominal masing Rp. 2.500, Rp. 2.000, dan Rp. 1.500, beserta Sampul Hari Pertama pada tanggal 17 Agustus 2005. Penerbitan ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah yang dituangkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor: 10 Tahun 2005 tentang Penghematan Energi, yang ditujukan kepada para pejabat pemerintah sipil maupun militer di tingkat pusat dan daerah.
  5. Penerbitan prangko defenitive seri: Hemat Energi tersebut, dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar lebih bijaksana dalam mengkomsumsi energi. Dengan kata lain, diharapkan penerbitan prangko definitive seri: Hemat Energi ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih hemat dalam menggunakan energi, khususnya energi yang berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik. Karena kemampuan Pemerintah menyediakan pasokan BBM dan listrik sangat terbatas, akibat tingginya harga BBM saat ini di pasar internasional.

KEPALA BAGIAN UMUM DAN HUMAS,

GATOT S. DEWABROTO
HP: 0811898504
E-mail: Gatot_b@postel.go.id

Lampiran

(Download)
  
(Download)
Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `Infografis`