Siaran Pers No. 89/DJPT.1/KOMINFO/VII/2005
Peresmian Telekomunikasi Perdesaan dan Komputer Sekolah di Kabupaten Way Kanan - Lampung


  1. Menurut rencana, pada hari Jumat tanggal 21 Juli 2006 akan dilaksanakan peresmian telekomunikasi perdesaan dan komputer sekolah di SMAN 1 Buay Bahuga di Kabupaten Way Kanan, Propinsi Lampung. Peresmian akan dilakukan oleh Menteri Kominfo Softan A. Djalil bersama Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Syaifullah Yusuf . Acara tersebut merupakan tidak lanjut penandatanganan MoU antara Dirjen Postel, Dirjen PMD, Deputi Peningkatan Infrastruktur, Bupati Way Kanan, Senior Director Government Affairs Qualcomm International dan Chief Operating Officer PT. Mandara Seluler Indonesia (sekarang menjadi PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia) pada tanggal 15 Desember 2005 tentang Pembangunan dan Pengoperasian Jaringan Telekomunikasi di Kab. Way Kanan, Prop. Lampung. Selain itu, acara tersebut merupakan bukti nyata pemerintah dalam melakukan pembangunan telekomunikasi perdesaan dan Community Access Point (CAP).
  2. Pada acara tersebut, akan diresmikan 5 warsel (warung seluler), 5 telepon rumah untuk 5 kepala desa dan lab komputer di wilayah Kab. Way Kanan. Secara keseluruhan pembangunan sarana telekomunikasi berbentuk warung seluler yang dikelola UKM dan koperasi sebanyak 59 unit, warung seluler yang dikelola kepala desa sebanyak 59 unit serta 1 telepon operasional dan 1 warung seluler di 5 sekolah. Untuk sekolah, dibangun laboratorium komputer dengan 20 unit perangkat komputer yang dihubungkan dengan jaringan internet dari PT. Indonet dengan kecepatan 148 kbps.
  3. Bantuan perangkat maupun jaringan telekomunikasi perdesaan dari sektor swasta tersebut diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam rangka penyediaan fasilitas telekomunikasi untuk daerah-daerah perdesaan yang selama ini belum terjangkau jaringan telekomunikasi (Program Universal Service Obligation/USO). Kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan USO adalah membangun akses telepon minimal 1 sst untuk 1 desa dengan model telepon publik yang berbayar. Sebagai informasi, untuk tahun 2006, Pemkab Way Kanan telah mengajukan usulan pembangunan telekomunikasi perdesaan sebangyak 121 desa yang tersebar diseluruh wilayah Kab. Way Kanan.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2021`
-->