Rangkul Penyiaran dan Kampus, Balmon Banjarmasin Sosialisasi PeduliLindungi

Sosialisasi virtual Aplikasi PeduliLindungi yang digagas bersama antara PT. Telkom dengan Balmon Kelas II Banjarmasin yang dilaksanakan pada Selasa (26/05/2020)dihadiri oleh akademisi dan penggiat penyiaran di Kalimantan Selatan.

Banjarmasin (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Klas II Banjarmasin Sosialisasi Aplikasi PeduliLindungi melalui virtual meeting kepada penyelenggara penyiaran televisi dan radio, akademisi Universitas Lambung Mangkurat, pegiat Amatir Radio dan KRAP Kalimantan Selatan.

“Aplikasi PeduliLindungi ini diperlukan untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan terpapar Virus Corona (Covid-19) dan sebagai alat membantu membatasi penyebarannya,” kata Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Klas II Banjarmasin Mujiyo, Selasa (26/5/2020).

Masyarakat yang sudah menginstall aplikasi tersebut, akan diketahui pernah berdekatan dengan orang yang positif atau pasien dalam pemantauan (PDP). Pemerintah akan melakukan tindakan dini, sebelum masyarakat melapor atau terlanjur parah. “Jadi, semakin banyak masyarakat menginstall PeduliLindungi, maka akan semakin efektif membatasi penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Kegiatan virtual meeting sosialisasi ini sebagai tindaklanjuti Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 159 Tahun 2020 tentang Upaya Penanganan Covid-19 Melalui Dukungan Sektor Pos dan Informatika dan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 171 Tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan, serta Nota Dinas Ditjen SDPPI.

Sosialisasi menghadirkan pembicara dari PT Telkom Witel Kalimantan Selatan, yaitu Manajer Government & Enterprise Service M Chayrudin Noer ST. Dalam paparannya, ia menjelaskan manfaat aplikasi, cara kerja, dan keamanannya.

Cara kerja Aplikasi PeduliLindungi, users yang install otomatis menghidupkan bluetooth dan lokasi (kecuali di-off secara manual). User yang telah install, bila berdekatan, maka saling mengcopy ID Anonim dan disimpan di HP masing-masing serta di data center.

Apabila ada user terdampak (misal PDP atau Positif), maka user yang pernah berdekatan dengan yang bersangkutan bisa diidentifikasi. “Pemerintah dapat melakukan push notifikasi kepada orang yang pernah berdekatan dengan orang atau pasien Covid-19 untuk melakukan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk keamanan pemakaian bluetooth dalam Aplikasi Pedulilindungi, apabila bluetooth ingin terhubung ke suatu ponsel, maka selalu meminta izin. Bila tidak diizinkan, maka tidak akan terjadi koneksi dari user ke user lain. Bluetooth masing masing sistem operasi (android dan IOS), juga selalu melakukan update atas security bluetooth untuk keamanan masing-masing sistem operasi.

Kepala Balmon menyampaikan upaya meminimalkan risiko dan dampak pandemi Covid-19 juga dilakukan dengan mitigasi dan perubahan mekanisme kerja secara digital (transformasi digital), sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 (new normal).

Layanan Tatap Muka Balmon Banjarmasin ditutup sejak 23 Maret 2020 dan digantikan melalui sistem online. Layanan online via email dan WhatsApp meliputi Layanan Konsultasi Perizinan dengan PIC Miwan dan Nofiannor, Layanan IAR, IKRAP dan Unar dengan PIC Dania, Layanan Informasi Tagihan BHP Frekuensi Radio dengan PIC Maryadi, Layanan Loket MOTS (ISR Kapal Nelayan) dengan PIC Panji, serta Layanan Aduan Gangguan Frekuensi Radio dengan PIC Miwan.

“Adanya sosialisasi PeduliLindungi dan berbagai upaya mitigasi dampak Covid-19 ini diharapkan masyarakat dapat memahaminya, sehingga dapat membantu upaya membatasi penyebaran Covid-19,” kata Mujiyo.

Turut hadir dalam virtual meeting Ketua Prodi Magister Manajemen Universitas Lambung Mangkurat Dr H Muslih Amberi MSI, Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Orda Kalimantan Selatan, Pengurus RAPI Wilayah Kalimantan Selatan, Penyelenggara Penyiaran di Kalimantan Selatan serta mahasiswa studi Administrasi Publik Universitas Lambung Mangkurat. Jumlah partisipan sebanyak 43 orang.

(Sumber/foto : Mujiyo, Balmon Kelas II Banjarmasin)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`