Siapkan Laboratorium Telekomunikasi Kelas Dunia, Ditjen SDPPI Bentuk SDM Berkualitas

Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Penguji Perangkat Telekomunikasi. Senin (10/07/2023)

Depok (SDPPI) – Untuk mencapai agar tercapainya Balai Besar Pengujian Telekomunikasi yang bertaraf Internasional dan diterima secara global, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) adakan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Penguji Perangkat Telekomunikasi untuk siapkan SDM Berkualitas.

”pelatihan ini, bertujuan untuk mempersiapkan adik-adik semua untuk menjadi pejabat fungsional yang siap untuk berpartisipasi penuh dalam menjawab tantangan-tantangan tersebut, untuk menjadi garda terdepan yang membuktikan bahwa pengujian dan pengukuran di balai besar kita fully comply terhadap teknologi dan acuan teknis yang dapat mendorong dan membantu produksi perangkat telekomunikasi dan industri dalam negeri, sehingga pada saatnya bbppt siap bersaing di kancah internasional, sebagai laboratorium pengujian kelas dunia” Ucap Plt. Sesditjen Sabirin Mochtar dalam sambutannya, Senin (10/7/2023).

Kegiatan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Penguji Perangkat Telekomunikasi diikuti oleh sebanyak 17 Peserta ASN yang berasala dari BBPPT, kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 10 Juli s.d 27 Juli 2023 yang bertempat di Kantor Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat.

Dan untuk itu Direktorat Jenderal SDPPI berkolaborasi dengan Puskilat Kominfo untuk menyiapkan SDM yang matang, “menjawab kebutuhan tersebut, kolaborasi ini dapat membina dan mempersiapkan para peserta pelatihan yang merupakan talenta-talenta muda kami untuk menjadi talenta-talenta terbaik di masa yang akan dating” jelasnya.

Dalam sambutannya Plt. Sesditjen menjabarkan salah satu tugas dan fungsi Ditjen SDPPI ialah terkait pengujian perangkat telekomunikasi yang saat ini memiliki banyak sekali tantangan. “dalam perkembangannya BBPPT telah merespon berbagai kebutuhan pengujian dan pengukuran dan tantangan utama yang ada adalah perubahan signifikan dalam dunia industri telekomunikasi baik di luar negeri maupun di dalam negeri” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa, berbagai perubahan yang terjadi dalam lingkungan industri menuntut perubahan peran bbppt dan setidaknya ada 3 poin utama. Pertama, BBPPT dituntut untuk dapat menjalankan peran yang lebih signifikan sebagai gerbang arus keluar masuk produk-produk eletronik ekspor maupun impor.

Kedua, BBPPT dituntut untuk menjadi bagian dalam manajemen spektrum frekuensi nasional. Dan ketiga, BBPPT berperan strategis memberikan perlindungan kepada masyarakat dan negara dari perangkat-perangkat yang tidak sesuai dengan standar emisinya.

“untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut, selain harus memiliki perangkat dan alat ukur, infrastruktur berkelas internasional, yang paling utama adalah bbppt harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten, andal, berintegritas, dan professional agar hasil-hasil pengujian dan sertifikasinya dapat diterima secara global” ucap Plt. Sesditjen SDPPI.

Turut hadir memberikan sambutan Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (Kepala BBPPT) Syaharuddin menyampaikan bahwa tantangan kedepan akan semakin besar dan pelatihan ini merupakan suatu keharusan. “tantangan akan semakin besar, cepatnnya perkembangan teknologi yang berbasis kepada IT dan juga AI akan semakin marak dan kita harus cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi ini” ucapnya.

Lebih lanjut Syaharuddin menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah salah satu jawaban untuk menjawab tantangan tersebut, “kita harapkan dari hasil diklat ini ada meningkatkan kompetensi teman-teman penguji yang ada di BBPPT dan juga diklat ini bukanlah akhir dari pada peningkatan jabatan fungsional melainkan adalah awal dari untuk peningkatan secara berkelanjutan terhadap kompetensi sdm penguji di BBPPT” ujarnya.

Kepala BBPPT mengutip salah satu arahan Dirjen SDPPI agar kita fokus kepada peningkatan kompetensi teknis yang ada, kita harus bisa menjadi expert dan menjadi ahli didalam pengujian perangkat telekomunikasi. “Kita harus menggapai visi BBPPT, untuk menjadi sebuah laboratorium bertaraf internasional dan menjadi rujukan nasional” ucapnya.

Dan tentunya untuk menjadi laboratorium tersebut tidak hanya dibekali dengan sarana dan prasarana yang memadai, tapi yang jauh lebih penting adalah bagaiaman SDM dapat kompeten untuk bisa menjawab perkembangan teknologi kedepan.

“namun dengannya ada diklat yang terstruktur dan modul yang dibutuhkan nantinya diharapkan dari pelatihan ini peserta jadi memiliki kompetensi dasar sebagai penguji perangkat telekomunikasi dan kedepannya dapat terus melakukan pelatihan baik didalam negeri maupun diluar negeri untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan” tutupnya.

Kegiatan Pembukaan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Penguji Perangkat Telekomunikasi turut dihadiri oleh Ketua Tim Manajemen SDM, Organisasi, dan Reformasi Birokrasi Siti Chadidjah, Ketua Tim Sistem Mutu Irene Setyorini, Kepala Subbagian Umum BBPPT Dadi Syahrial Rachman, serta pejabat dan staf terkait.

Sumber/ Foto : Fandi R, Setditjen

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`