Siaran Pers No. 1/DJPT.1/KOMINFO/1/2007
Kemajuan PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo Dalam Pemulihan Layanan Internet Pasca Gempa Bumi di Taiwan (Posisi Jam 18.00 WIB)

02-01-2007

  1. Pada hari ke-5 sejak diberlakukannya keadaan darurat ( force major ) oleh Dirjen Postel Baasuki Yusuf Iskandar bersama para penyelenggara telekomunikasi dan APJII (dalam pertemuannya di Ditjen Postel pada tanggal 28 Desember 2006), tingkat kemajuan yang telah diperoleh ketiga penyelenggara telekomunikasi (PT Telkom, PT Indosat dan PT Excelcomindo) cukup signifikan. Informasi dari PT Telkom, dari kapasitas total 1,3 Gb yang terdiri dari 7 STM-1 (155 Mbts) fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit (45 Mbts) telah beroperasi normal serta demikian pula dengan 6 STM-1 fiber optic dan 5 digital signal 3 satelit. Tinggal 1 STM-1 fiber optic yang masih down. Secara prosentase, kapasitas bandwith internet PT Telkom sudah 80% dapat dipulihkan.
  2. Adapun PT Indosat, s etelah berhasil memulihkan 100% layanan suara dan blackberry -nya, PT Indosat hari ini telah berhasil memulihkan lebih dari 80% dari layanan dan kapasitas internetnya. Sedangkan anak perusahaan Indosat, Indosat Mega Media (IM2), dengan layanan internetnya, IndosatNet, telah kembali ke kapasitas penuh dan melayani para pelanggannya seperti biasa.
  3. Sedangkan tentang PT Exelcomindo dapat kiranya diinformasikan, bahwa PT Excelcomindo sudah dapat melayani seluruh pelanggannya dengan normal secara kuantitas, meskipun masalah kualitas kemungkinan masih dirasakan adanya penurunan karena packet loss. Kapasitas yang saat ini tersedia dan berdasarkan komitmen dari pihak upstream adalah sebagai berikut:

UpStream Provider

Bandwidth Available / Commitment

Bandwidth Rent

TMHK

80M

155M

SingTel

20M

50M

SATNet

90M

90M

AsiaNetCom

8M

8M

VQwest

4M

4M

VSAT SingTel

6M

6M

Total

208M

313M

  1. Ditjen Postel terus meminta para penyelenggara telekomunikasi tersebut untuk berupaya meningkatkan kapasitasnya agar dapat kembali pulih sepenuhnya. Hal yang perlu ditekankan untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat umum, khususnya para pengguna internet, adalah bahwanya pemulihan sepenuhnya masih membutuhkan waktu (meskipun terus diupayakan secepat mungkin), karena hal tersebut tergantung pada perkembangan pekerjaan pemulihan kerusakan pada kabel telekomunikasi bawah laut yang dilaksanakan di Taiwan.
  2. Mengingat ketidak nyamanan, gangguan delay yang diakibatkan dan masih belum pulihnya penanganan kerusakan internet akibat musibah gempa bumi di Taiwan ini, Ditjen Postel menyampaikan permohonan maaf dan secara rutin akan tetap menginformasikan kepada masyarakat umum tentang tingkat kemajuan pemulihan yang secara intensif dilakukan oleh ketiga penyelenggara telekomunikasi tersebut di atas bersama APJII.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 257/HM/KOMINFO/10/2018
05-10-2018

Pasokan Listrik Pulih, BTS Operator Seluler Telah Berfungsi 60%

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

Seputar SDPPI

BBPPT dan Qualis Siap Kerja Sama Kembangkan Laboratorium Uji
19-10-2018

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) dan PT. Qualis...

SDPPI Sosialisasikan Sistem Elektronik Kenaikan Pangkat ASN
19-10-2018

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Peran SDPPI Mendatang Sangat Strategis
18-10-2018

Potianak (SDPPI) - Peran Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika