Siaran Pers No. 118/DJPT.1/KOMINFO/8/2007
Batas Akhir Pendaftaran (10 Agustus 2007) Sebagai Calon Pimpinan Pelaksana ID-SIRTII (Indonesia-Security Incident Response Team On Internet Infrastructure)


Dalam Siaran Pers No. 113/DJPT.1/KOMINFO/7/2007 tertanggal 28 Juli 2007, Ditjen Postel telah mengumumkan kepada masyarakat umum tentang adanya kesempatan bagi seluruh WNI (sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan) untuk dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi sebagai Calon Pimpinan Pelaksana ID-SIRTII (Indonesia-Security Incident Response Team On Internet Infrastructure). Undangan pemberitahuan untuk mengikuti seleksi ini tidak hanya sudah termuat di website Ditjen Postel (www.postel.go.id) , tetapi juga termuat di Harian KOMPAS pada halaman 24 (sisi atas kanan) yang terbit pada tanggal 28 Juli 2007. Mengingat batas waktu pendaftaran tersebut hanya tinggal beberapa hari lagi, maka kepada mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri dengan mengirimkan surat lamaran beserta lampirannya yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Pimpinan Pelaksana ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dengan PO BOX 1089 JKP 10010 dan harus diterima Panitia Seleksi paling lambat tanggal 10 Agustus 2007 pukul 16.00 WIB.

Sampai hari ini sesungguhnya telah diterima oleh panitia beberapa berkas permohonan calon peserta melalui PO BOX 1089 JKP 10010. Dalam kaitan ini dan mengingat adanya sejumlah pertanyaan yang masuk dan sangat perlu diklarifikasi, bahwasanya pada persyaratan tentang latar belakang pendidikan S1 tidak menyebutkan bahwa calon minimal harus berpendidikan S1 bidang telekomunikasi, tehnologi informasika ataupun tehnik elektro, sehingga terbuka kemungkinan bagi S1 yang minimal latar belakang pendidikan secara umum meskipun bidang yang menjadi tanggung-jawabnya adalah yang terkait dengan bidang telekomunikasi, karena yang tersebut dalam persyaratan hanya menyebut "Berpendidikan minimal S1 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi di Depdiknas". Hanya saja tentu nantimnya berdasarkan formulir yang diisi oleh calon yang bersangkutan akan diketahui secara jelas tentang di antaranya pengalaman pekerjaan, karya tulis yang terkait, seminar yang terkait dan visi serta misinya terhadap penanganan pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet. Panitia sangat berharap agar berbagai pihak lain yang berminat untuk dapat segera mengajukan permohonannya, mengingat jabatan-jabatan yang diseleksikan bersifat sangat strategis bagi kepentingan pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet. Seperti yang sudah disebut pada Siaran Pers No. 113/DJPT.1/KOMINFO/7/2007, yang akan diseleksi adalah untuk ke butuhkan 2 orang pakar/profesional sebagai Ketua dan Wakil Ketua ID-SIRTII dengan lingkup tugas sebagai berikut :

  1. Ketua
    1. Memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi manajemen ID-SIRTII secara umum.
    2. Melakukan kerjasama operasional baik di dalam maupun di luar negeri.
    3. Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara periodik setiap 3 bulan sekali dan laporan pertanggungjawaban tahunan.
    4. Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kepada Dirjen Postel.
  2. Wakil Ketua
    1. Membantu Ketua dalam melaksanakan fungsi manajemen ID-SIRTII.
    2. Memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi operasional sehari-hari.
    3. Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kepada Ketua.

Adapun persyaratan calon adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia .
  2. Berusia minimal 35 dan maksimal 55 tahun.
  3. Berpendidikan minimal S1 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi di Depdiknas.
  4. Menyerahkan surat lamaran a.n. pribadi (bukan dicalonkan lembaga/organisasi) dengan melampirkan:
    1. Formulir isian Calon Pimpinan Pelaksana ID-SIRTII yang dapat di- download pada situs : www.postel.go.id
    2. Surat pernyataan di atas meterai Rp 6.000,00 tentang:
      1. tidak memiliki saham secara langsung pada penyelenggara jaringan dan atau jasa telekomunikasi;
      2. bersedia tidak merangkap jabatan direksi, komisaris atau pegawai pada penyelenggara jaringan dan atau jasa telekomunikasi.
  5. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  6. Sertifikat TOEFL score minimal 500 atau yang setara dan masih berlaku.
  7. Surat keterangan sehat dari dokter.
  8. Fotocopy KTP yang masih berlaku.
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI.
  10. 3 (tiga) lembar foto terbaru ukuran 4 x 6 (berwarna).
  11. Surat referensi dari tempat kerja terakhir.

Pelaksanaan pendaftaranya adalah berikut ini:

  1. Waktu pendaftaran pada hari kerja mulai tanggal 30 Juli s.d. 10 Agustus 2007.
  2. Surat Lamaran beserta lampiran tersebut ditujukan kepada Panitia Seleksi Pimpinan Pelaksana ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dengan PO BOX 1089 JKP 10010 dan harus diterima Panitia Seleksi paling lambat tanggal 10 Agustus 2007 pukul 16.00 WIB.

Pelaksanaan seleksinya terinci sebagai berikut:

  1. Dilakukan dalam 2 tahap dengan sistem gugur.
  2. Seleksi tahap 1 (administrasi dan kompetensi) dilakukan tanggal 14 s.d. 16 Agustus 2007.
  3. Hasil seleksi tahap 1 diumumkan pada tanggal 21 Agustus 2007, melalui:
    1. Telepon atau ponsel Pelamar yang lulus.
    2. Papan pengumuman di Kantor Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Jl. Medan Merdeka Barat Nomor 17, Jakarta 10110.
    3. Website Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi : www.postel.go.id
  4. Bagi Pelamar yang telah lulus seleksi tahap 1 berhak mengikuti seleksi tahap 2 (evaluasi psikologi, wawancara dan presentasi ).
  5. Seleksi tahap 2 dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 22 – 24 Agustus 2007, tempat dan pengumuman hasil seleksi tahap 2 ditentukan kemudian.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Tel/Fax: 021.3860766

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`