Siaran Pers No. 137/DJPT.1/KOMINFO/9/2007
Pengumuman Hasil Seleksi Penyelenggaraan Jaringan Tetap Sambungan Internasional Diundur Dari Semula Tanggal 12 Menjadi 17 September 2007


Dirjen Postel dalam kapasitasnya selaku Ketua Tim Seleksi Penyelenggaraan Jaringan Tetap Sambungan Internasional pada tanggal 11 September 2007 ini telah menanda-tangani Peraturan Dirjen Postel No. 197/DIRJEN/2007 tentang Perubahan Jadwal Seleksi Penyelenggaraan Jaringan Tetap Sambungan Internasional. Hanya dua pasal yang terdapat dalam Peraturan Dirjen Postel tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Jadwal seleksi penyelenggaraan jaringan tetap sambungan internasional sebagaimana ditetapkan dalam Lampiran Peraturan Menteri Kominfo No. 27/P/M.KOMINFO/6/2007 tentang Dokumen Jadwal Seleksi Penyelenggaraan Jaringan Tetap Sambungan Internasional sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Kominfo No. 29/P/M.KOMINFO/6/2007 diubah sehingga berbunyi sebagaimana ditetapkan dalam Lampiran Peraturan ini.
  2. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Lampiran Peraturan Dirjen Postel No. 197/DIRJEN/2007 tersebut adalah sebagai berikut:

No.

Kegiatan

Waktu (2007)

1.

Pengumuman Seleksi Penyelenggaraan Sambungan Internasional di Media Massa.

26 Juni

2.

Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Seleksi Administrasi dan Teknis.

29 Juni

3.

Pengajuan Pertanyaan Tertulis Oleh Calon Peserta Seleksi.

29 Juni s/d. 6 Juli

4a.

Pengambilan Revisi Dokumen Seleksi

16 Juli

4b.

Pengajuan Pertanyaan Tertulis Oleh Calon Peserta Seleksi.

17 Juli s/d. 18 Juli

5.

Rapat Aanwijzing

20 Juli

6.

Penyerahan Jawaban Dokumen Seleksi Oleh Calon Peserta Seleksi.

23 Juli s/d. 22 Agustus

7.

Penyerahan Jawaban Dokumen Seleksi Yang Disaksikan Oleh Semua Peserta.

23 Agustus

8.

Evaluasi Jawaban Dokumen Seleksi.

23 Agustus s/d. 12 September

9.

Laporan Hasil Evaluasi Oleh Dirjen Ke Menteri.

13 September

10.

Penetapan Persetujuan Pemenang Oleh Menteri.

14 Septem ber

11.

Dirjen Postel Selaku Ketua Tim Seleksi Memberikan Pemberitahuan Pemenang Seleksi Kepada Peserta Seleksi.

17 September

12

Masa Sanggah.

17 September s/d. 21 September

13.

Jawaban Sanggahan Oleh Panitia Seleksi (Jika Memang Ada Sanggahan).

17 September s/d. 21 September

14.

Penyerahan Jaminan Bank Sebagai Jaminan Pelaksanaan Pembangunan.

24 September s/d. 28 September

15.

Penerbitan Izin Prinsip.

24 Oktober

Semula Tim Seleksi bermaksud melakukan proses seleksi sesuai jadwal yang sudah disusun. Namun demikian terpaksa perubahan dilakukan dua kali, yaitu pertama kali pada saat akan berlangsung kegiatan Aanwijzing yang semula tanggal 11 Juli 2007 menjadi tanggal 20 Juli 2007, dan kemudian adanya perubahan jadwal saat ini yang menjadikan pengumuman diundur pada tanggal 17 September 2007. Perubahan jadwal ini semata-mata didasarkan adanya kebutuhan tambahan waktu lebih sedikit bagi Tim Seleksi untuk kepentingan pendalaman materi dokumen peserta seleksi secara lebih intensif. Tim Seleksi dapat saja memaksakan jadwal pengumuman tetap tanggal 12 September 2007. Akan tetapi karena dimungkinkan adanya perubahan jadwal sejauh tidak terlalu lama perubahan atau pengundurannya dan juga karena memungkinkan Tim Seleksi agar lebih komprehensif, hati-hati dan optimal dalam melakukan pengecekan seluruh data dokumen seleksi yang disampaikan oleh peserta seleksi, maka pada akhirnya diputuskan adanya perubahan waktu ini.

Pengunduran waktu ini juga tidak disebabkan oleh tekanan dari pihak manapun saja, karena Tim Seleksi memiliki tingkat independensi yang sangat tinggi dalam melakukan seleksi. Tidak juga disebabkan oleh adanya friksi yang tajam dalam internal Tim Seleksi, karena saat ini kondisi Tim Seleksi sangat solid dalam mengambil keputusan tanpa adanya sikap superioritas satu sama lain, dan seandainyapun adanya perbedaan pandangan maka hal tersebut merupakan dinamika yang demokratis dan konstruktif dalam pengambilan keputusan. Tim Seleksi menjamin bahwa obyektivitas penilaian tetap terjaga.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Tel/Fax: 021.3860766

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`