UPT Pekanbaru Gelar UNAR Pertama Berbasis e-Licensing

27-08-2018

UPT Pekanbaru Gelar UNAR Pertama Berbasis e-Licensing

Pekanbaru (SDPPI) - Ditjen SDPPI, melalui Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Pekanbaru, berkerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah 5 Riau dan ORARI Lokal se-Riau menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) pertama tahun 2018 pada tanggal 26 Agustus 2018 yang diikuti 124 pegiat amatir radio di provinsi ini.

Dari 124 peserta UNAR yang diselenggarakan di Hotel Dafam Pekanbaru Jalan Sultan Syarief Qasim Kav. 150, Pekanbaru ini, 109 di antaranya adalah peserta tingkat Siaga (YD), 10 orang Penggalang (YC), dan 5 peserta untuk tingkat Penegak (YB).

Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI yang diwakili oleh Kepala Balai Monitor SFR Kelas I Pekanbaru menyampaikan terima kasih atas animo yang tinggi dari masyarakat Pekanbaru untuk mengikuti UNAR dan menjadi anggota ORARI.

“UNAR merupakan rangkaian dari sertifikasi dan uji kompetensi dalam rangka untuk mendapatkan Izin Amatir Radio (IAR),” kata Sunarto dalam sambutannya ketika membuka UNAR ini.

Setelah mendapatkan IAR, barulah para pegiat amatir radio diperkenankan untuk mengudara atau menggunakan spektrum frekuensi radio yang telah dialokasikan untuk amatir radio sesuai dengan tingkatan dan ketentuan teknis yang berlaku.

Para peserta UNAR di Kota Pekanbaru ini mendaftarkan diri secara online melalui sistem aplikasi e-Licensing Amatir Radio (http://103.17.164.185/amatir/) dan membayarkan biaya ujian secara host to host melalui bank mitra Ditjen SDPPI.

Pelayanan e-Licensing Amatir Radio merupakan bukti komitmen Ditjen SDPPI dalam memberikan pelayanan secara transparan, cepat, akurat, dan akuntabel, kepada masyarakat.

Pelayanan e-Licensing Amatir Radio telah diterapkan Ditjen SDPPI di Unit Pelaksana Teknis (UPT) di berbagai daerah di Indonesia sejak 2017 lalu. Tahun ini, pelayanan online itu diharapkan bisa diterapkan merata di semua UPT.

Hadir dalam pembukaan UNAR di Kota Pekanbaru Kabalmon SFR Kelas I Pekanbaru, Sunarto, Subdit Sertifikasi Amatir dan KRAP Suprapto, Ketua ORARI Daerah 5 Riau Wan Anwar, dan Ketua ORARI Lokal Pekanbaru, Ketua ORARI Lokal Dumai.

(Sumber/foto: Ferdinan Naiborhu)

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 257/HM/KOMINFO/10/2018
05-10-2018

Pasokan Listrik Pulih, BTS Operator Seluler Telah Berfungsi 60%

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

Seputar SDPPI

BBPPT dan Qualis Siap Kerja Sama Kembangkan Laboratorium Uji
19-10-2018

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) dan PT. Qualis...

SDPPI Sosialisasikan Sistem Elektronik Kenaikan Pangkat ASN
19-10-2018

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Peran SDPPI Mendatang Sangat Strategis
18-10-2018

Potianak (SDPPI) - Peran Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika