Dirjen Pimpin Serah Terima 19 Posisi Jabatan Hasil Rotasi dan Promosi

Dirjen SDPPI Ismail (tengah) menyaksikan serah terima jabatan Sekretaris Ditjen SDPPI dari Sadjan (kiri) kepada Susanto (kanan) di lantai 13, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (27/8/2018). Sadjan sekarang dipercaya menjabat sekretaris Ditjen Aptika.

Jakarta (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kemkominfo, Ismail pada Senin (27/8) memimpin serah terima jabatan menyusul promosi dan rotasi 19 pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Ditjen SDPPI, termasuk sekretaris ditjen, belum lama ini.

“Saya tahu perpindahan, promosi, mutasi, dan sebagainya tidak semua bapak ibu sekalian dalam kondisi yang mungkin bisa menerima happy, ada dari bapak ibu sekalian barangkali mempertanyakan kenapa saya di sana, kenapa saya di sini, kenapa dia di sana, kenapa dia di sini dan seterusnya,” kata Dirjen SDPPI dalam acara yang digelar di Ruang Rapat Lantai 13, Gedung Sapta Pesona, Jakarta itu.

Ismail menegaskan bahwa rapat penentuan posisi, mutasi, dan sebagainya itu dilakukan benar-benar secara profesional. “Kami melakukan proses ini secara hati-hati mempertimbangkan terutama adalah kepentingan telekomunikasi dalam hal ini adalah Ditjen SDPPI.”

“Oleh karena itu tentu saya sebagai pribadi barangkali juga punya kesalahan, pertama-tama saya ingin mohon maaf kepada teman-teman semua barangkali ada yang merasa ‘kurang nyaman’ dan sebagainya. Ini sebagai pribadi tentu saya harus menyampaikan maaf apabila ada hal tersebut. Terutama juga buat keluarga barangkali bapak ibu ketika menyampaikan bahwa bapak ibu pindah lokasi ke tempat yang jauh, tentu ini berdampak bagi keluarga.”

Dirjen meyakinkan bahwa promosi dan rotasi ini demi kepentingan yang lebih besar, yakni pertimbangan kepentingan institusi. Ia berharap para pejabat yang terlibat dalam proses ini bisa menerima dan menjalankannya secara profesional dan proses ini akan berjalan terus-menerus sesuai amanat Menkominfo Rudiantara.

Dalam beberapa kali acara pelantikan, Menkominfo Rudiantara bahwa Ditjen SDPPI perlu ada proses rotasi secara reguler dan terus menerus. “Dan kami ingin menjalankan sistem itu secara konsisten dan mudah-mudahan bapak ibu sekalian bisa menerima kondisi ini.”

“Mungkin juga ada yang menerima dengan senang hati dan bahagia karena promosi. Tolong ketika kita bahagia, kita menerima suatu keadaan ini antara sukur dan sabar tentu kita harus jalankan secara bersamaan. Bahagia juga jangan terlalu berlebihan, hati-hati terkadang mungkin promosi ini suatu ujian bagi kita, suatu keadaan yang perlu dicermati dengan waspada,” pesan Dirjen.

Ismail berharap para pejabat yang dipromosikan maupun yang dirotasi bisa dengan cepat menyesuaikan dengan tugas barunya karena proses ini akan percuma apabila tidak langsung memperbaiki kenerja menuju lebih baik dan lebih baik.

“Izinkan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terutama kepada Pak Sadjan yang sudah sekian tahun beliau mengabdi di Ditjen SDPPI ini. Saya tahu persis kinerja beliau dan berbagai macam karya-karya yang sudah diberikan dan dilakukan oleh beliau. Tidak mungkin kita Ditjen SDPPI sampai pada posisi sekarang ini tanpa beliau.”

“Beliau sudah mendedikasikan waktu, tenaga, dan bahkan mungkin berbagai macam pengorbanan terkait dengan masalah yang selama ini sudah dijalankan oleh Pak Sadjan. Saya secara pribadi dan seluruh pimpinan, pejabat, dan karyawan di lingkungan Ditjen SDPPI ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Sadjan,” kata Ismail kepada Sadjan, mantan Sekretaris Ditjen SDPPI yang sekarang menjabat Sekretaris Ditjen Aptika.

Ismail juga mengucapkan selamat datang kepada Susanto, pengganti Sadjan. “Beliau adalah senior saya, banyak sekali saya belajar berbagai hal tentang permasalahan perkantoran, diskusi tentang kehidupan, dan segala macam dengan Pak Susanto. Saya sangat menghormati Pak Susanto karena banyak sekali karya-karya beliau yang sudah disajikan dari zaman dulu kita masih Postel.”

“Jadi bagi pak Susanto saya yakin ini adalah rumah beliau juga, kembali ke SDPPI adalah kembali ke sesuatu habitat yang sudah pernah ditekuni beliau sangat lama dan saya yakin tidak ada permasalahan dari segi substansi. Tinggal bapak ibu sekalian menyesuaikan diri dengan irama dan ritme kinerja.”

Kepada jajarannya Dirjen SDPPI Ismail berpesan bahwa setiap ada pemimpin baru pasti akan ada gaya manajemen baru yang mungkin berbeda, dan hal itu merupakan hal biasa dalam organisasi. “Jangan kemudian kita membanding-bandingkan dan mencari kelemahan dari pimpinan baru dan seterusnya.”

“Mari kita bangun dan saya ucapkan selamat datang sekali lagi. Seluruh pejabat dan staf di lingkungan Ditjen SDPPI tentu akan menerima kepemimpinan Pak Susanto sebagai kepala kantor di Ditjen SDPPI ini untuk kita kembangkan lagi, berbagai karya yang sudah dibuat oleh Pak Sadjan akan diteruskan oleh beliau dan mudah-mudahan akan semakin berkembang,“ kata Ismail menutup sambutannya.

DAFTAR NAMA-NAMA PEJABAT

YANG MELAKUKAN SERAH TERIMA

TANGGAL 27 AGUSTUS 2018

NO.

SATKER

NAMA

KETERANGAN

1

Sekretaris Ditjen SDPPI

Drs. Sadjan, MSI.

Pejabat Lama

RD. Susanto, SE. MMBAT.

Pejabat Baru

2

Kasubdit Monitoring dan Penertiban Spektrum Frekuensi Radio, Dit. Pengendalian SDPPI

Suryono, S.Pd. MM. (PLT)

Pejabat Lama

Ir. Rahman Baharuddin

Pejabat Baru

3

Kasubdit Analisis Ekonomi Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit, Dit. Penataan SD

Ir. Rahman Baharuddin

Pejabat Lama

Oki Suryawahono, ST., MT.

Pejabat Baru

4

Kasi Analisis dan Koordinasi Satelit, Dit. Penataan SD

Intan Praethy, ST. M.Eng

Pejabat Lama

Eka Noperita, ST. MT.

Pejabat Baru

5

Kasi Penanganan Seleksi dan Evaluasi, Dit. Penataan SD

Eka Noperita, ST. MT.

Pejabat Lama

Eri Irawan, ST. MH.

Pejabat Baru

6

Kasubdit Sertifikasi Operator Radio, Direktorat Operasi SD

Drs. Endarto, MM.(PLT)

Pejabat Lama

Ir. Dodik Sudiyono, PgD.

Pejabat Baru

7

Kepala Bidang Sarana Teknik, BBPPT

Ir. Dodik Sudiyono, PgD.

Pejabat Lama

RR. Dyah Kunti Pratiwi, ST. MTI.

Pejabat Baru

8

Kepala Bidang Pelayanan, BBPPT

RR. Dyah Kunti Pratiwi, ST. MTI.

Pejabat Lama

I Nengah Suwardika, SE. MM.

Pejabat Baru

9

Kasi Pelayanan Dinas Penerbangan, Maritim, dan Satelit, Dit. Operasi SD

I Nengah Suwardika, SE. MM.

Pejabat Lama

Heru Setio Purnomo, B.Sc.

Pejabat Baru

10

Kasi Analisa dan Evaluasi Biaya Hak Penggunaan Frekuensi Radio, Dit. Operasi SD

Heru Setio Purnomo, B.Sc.

Pejabat Lama

Asnaria Girsang, SH. MM.

Pejabat Baru

11

Kasi Pelayanan Dinas Penyiaran, Dit. Operasi SD

Asnaria Girsang, SH. MM.

Pejabat Lama

Adityawarman, ST., M.Tel.Eng

Pejabat Baru

12

Kepala Balai Monitor SFR Kelas I Pekanbaru

Sunarto, SH. MM.

Pejabat Lama

Ir. KGS. A. Sazili, MM.

Pejabat Baru

13

Kepala Balai Monitor SFR Kelas I Tangerang

Ir. KGS. A. Sazili, MM.

Pejabat Lama

Sunarto, SH. MM.

Pejabat Baru

14

Kasi Sarana dan Pelayanan, Balai Monitor SFR Kelas I DKI Jakarta

Mangu Purwoko, ST. MT.

Pejabat Lama

Dominggu Ludji, SH.

Pejabat Baru

15

Kasi Pemantauan dan Penertiban, Balai Monitor SFR Kelas I DKI Jakarta

Rosyid Susilo Nugroho, ST. MT. (PLT)

Pejabat Lama

M. Ma'ruf, S.Sos

Pejabat Lama

16

Kasi Pemantauan dan Penertiban, Balai Monitor SFR Kelas I Tangerang

Drs. Insan Semesta

Pejabat Baru

Rosyid Susilo Nugroho, ST. MT.

Pejabat Lama

(Sumber/foto: Iwan)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`