86 Pejabat Fungsional Dilantik

Dirjen SDPPI melantik 86 pejabat fungsional di lingkungan Ditjen SDPPI pada Senin (29-06-2020).

Jakarta (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan pelantikan 86 Pejabat Fungsional.

“Ini merupakan milestone penting institusi kita, karena 86 orang dilantik dari posisi struktural menjadi fungsional,” kata Dirjen SDPPI Ismail pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Administrasi di Lingkungan Ditjen SDPPI Kemkominfo, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (29/6/2020).

Dirjen SDPPI mengatakan perubahan posisi struktural menjadi fungsional ini akan terus berlanjut. Ada tiga hal umum yang melatarbelakangi perubahan jabatan. Pertama, agar mempercepat birokrasi. “Jabatan fungsional mengisyaratkan kepada kita melakukan proses birokrasi lebih cepat. Kita menghindari tatanan birokrasi yang berlambat-lambat akibat adanya hirarki Pejabat Eselon III dan IV,” jelasnya.

Kedua, perubahan ini akan mendorong kompetensi. Kementerian memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan yang berkompeten melaju lebih cepat tanpa terkendala birokrasi atau wilayah hirarki. Kompetensi sekarang sangat dihargai, bagi yang berprestasi akan lebih cepat mendapat kenaikan pangkat sampai level pimpinan kelak. Kesempatan juga sangat luas dan terbuka lebar bagi siapapun yang ingin mengembangkan kompetensi dengan melakukan terobosan dan belajar lebih keras.

Ketiga, Ismail mengingatkan perubahan tidak akan membuat kacau, karena disusun suatu bisnis proses baru untuk mereposisi dan memanfaatkan struktur jabatan yang ada. “Kita mendesain konsep baru, agar proses bisnis yang berjalan di lingkungan Ditjen SDPPI tetap bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ditambahkan, akibat Pandemi Covid 19, sebenarnya perubahan telah berlangsung, yakni suasana baru percepatan transformasi digital. Banyak manfaat setelah dijalankan proses bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah selama kurang lebih tiga bulan. “Kita bertransformasi melakukan aktivitas di ruang digital,” kata Ismail.

Ia berharap memasuki Era New Normal ini banyak sisi positif yang dipetilk. Seluruh pejabat di lingkungan Ditjen SDPPI bisa memiliki semangat sama dalam pengabdian kepada masyarakat dan menunjukan yang terbaik. Ditjen SDPPI hadir untuk memberikan solusi, bukan memberi masalah.

“Mari kita bersama-sama melakukan perubahan. Selamat bekerja, dimanapun bapak ibu berada, mari kita tunjukkan semangat yang sebaik-baiknya berkarya untuk bangsa dan Negara,” tutup Dirjen SDPPI.

Turut hadir pada acara pelantikan, Sesditjen SDPPI R Susanto, Direktur Penataan Sumber Daya Denny Setiawan, Direktur Operasi Sumber Daya sekaligus Plt Direktur Pengendalian SDPPI Dwi Handoko, serta staf terkait lainnya.

Sumber/ Foto : Fandi R (Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2020`