Asah Kemampuan ASN Membuat Presentasi Menarik

Ketua Tim Kerja Manajemen SDM, Organisasi dan Reformasi Birokrasi Siti Chadidjah, Rabu (24/8/2022), membuka pelatihan Powerpoint Mastery and Data Storytelling yang diikuti 28 peserta dari sejumlah satuan kerja.

Tangerang Selatan (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kompetensi dalam membuat visualisasi materi presentasi yang menarik. Lewat pelatihan Powerpoint Mastery & Data Storytelling selama tiga hari (24-26 Agustus 2022) di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang, Banten, kemampuan peserta diasah.

“Pelatihan ini menunjang pekerjaan, saya rasa butuh pegawai yang kompeten dalam membuat suatu paparan lebih visualitatif, lebih tersampaikan visualisasinya yang akan digunakan dalam kegiatan apapun,” kata Ketua Tim Kerja Manajemen SDM, Organisasi dan Reformasi Birokrasi Siti Chadidjah, Rabu (24/8/2022), membuka pelatihan yang diikuti 28 peserta dari sejumlah satuan kerja di kantor pusat, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Jakarta, Balmon Kelas I Bandung dan Balmon Kelas I Tangerang.

Secara umum dijelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta dalam membuat visualisasi materi presentasi yang menarik dengan memanfaatkan fitur-fitur Microsoft Powerpoint. Di samping itu, para peserta juga diharapkan mampu menyampaikan presentasi yang impactful dan menarik fokus audiens.

Mewakili Plt Sesditjen SDPPI, Siti Chadidjah berharap para peserta dapat fokus dan menyampaikan ide-idenya sesuai dengan arahan instruktur dari Shift Academy.

Pada pelatihan ini juga, tambahnya, seluruh peserta wajib mengikuti pre-test dan post-test.

Materi yang diajarkan beragam, dimulai dari building context (test desain), yakni pentingnya mendesain, hambatan, dan prinsip mendesain slide presentasi. Berikutnya, bagaimana menyusun materi presentasi dengan Point –Reason-Example-Positive Vibe (PREP), membuat story board, play your creativity menggunakan teknik infografis dengan data (data visualization), present it dengan olah vokal dan tubuh, serta materi penunjang lainnya.

(Sumber/foto: Veby/Mukhsinun)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`