Bimtek Aplikasi Pengelolaan Kinerja Pegawai di Era Digital

Peserta sosialisasi aplikasi  pengelolaan kinerja pegawai di lingkungan Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika

Depok (SDPPI) – Aplikasi Bitrix24 diyakini dapat membantu pengelolaan kinerja pegawai di lingkungan Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

“Saya berharap seluruh pegawai dapat menggunakan sebaik-baiknya aplikasi ini, sehingga perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan pekerjaan pegawai dapat terpantau dengan baik,” kata Plt Direktur Pengendalian Dwi Handoko, saat membuka Bimbingan Teknis Aplikasi Bitrix24 dalam Upaya Menghadapi Era Digital, Senin (13/7/2020).

Pelaksanaan bimtek dibagi menjadi dua sesi, pagi dan siang. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat dan pegawai dari Direktorat Pengendalian dan Direktorat Operasi. Sedangkan narasumber didatangkan langsung dari PT Aurora Solusi Perdana sebagai mitra Bitrix24 di Indonesia.

Dalam arahannya, Dwi Handoko yang juga Direktur Operasi Sumber Daya, menjelaskan Pendemi Covid-19 membawa perubahan perilaku dan manajemen perkantoran. Antara lain, penerapan social distancing, atau penggunaan masker dan cuci tangan. Sedangkan perubahan manajemen perkantoran ditandai dengan pengaturan jadwal kerja 50% kerja di kantor (WFO) dan 50% di rumah (WFH).

Bersamaan perubahan manajemen perkantoran itu, lanjutnya, juga terjadi perubahan organisasi dengan menghilangkan Eselon III dan IV menjadi Jabatan fungsional. “Mau tak mau, pengendalian kinerja pegawai ditangani oleh Pejabat Eselon II,” katanya.

Aplikasi Bitrix24 memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu manajemen perkantoran. Pertama, Sosial Intranet yang didesain untuk memudahkan komunikasi pengguna. Bitrix24 menyediakan perangkat manajemen tugas, sharing dokumen, dan organisasi waktu, sehingga efisiensi kerja dan komunikasi menjadi lebih baik.

Kedua, Tugas dan Proyek sebagai fitur manajemen proyek dan kegiatan untuk mendelegasikan tugas dan kegiatan kepada tim. Dapat membuat grup untuk berdiskusi dan sharing mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Dapat dengan mudah melacak jangka waktu pengerjaan proyek dan dapat diintegrasikan ke dalam kalender kerja perusahaan.

Fitur ketiga, Manajemen Dokumen, yaitu membagi dokumen ke dalam Bitrix24, sehingga dapat diakses dengan mudah. Presentasi, dokumen, video, dan lain-lain, dapat di-download untuk keperluan tim, maupun sebagai data pribadi. Mencari dokumen dengan fitur search juga memudahkan pengguna aplikasi.

Sumber/foto : Yosep LH/Dit Pengendalian

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`