Dirjen SDPPI Harap Lab IoT ITB Bisa Jadi Lab Uji Perangkat Telekomunikasi

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi meluncurkan Internet of Things (IoT) Innovation & Future Digital Economy Laboratorium, Senin (18/3/2019).

Bandung (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi meluncurkan Internet of Things (IoT) Innovation & Future Digital Economy Laboratorium, Senin (18/3/2019).

Dirjen SDPPI berharap fasilitas di ITB ini bisa menjadi wadah berkolaborasi sekaligus memberikan solusi atas permasalahan yang ada saat ini dengan menggunakan IoT. “Ke depannya, IoT Innovation Lab ini bisa menjadi lab uji yang ditetapkan pemerintah, sehingga bisa melakukan pengujian perangkat,” harapnya.

Ismail memaparkan perangkat IoT akan semakin masif dan jumlahnya meningkat. Hal itu mengharuskan Indonesia memiliki lebih banyak lab uji. “Salah satunya bisa berasal dari universitas,” jelasnya.

IoT Innovation Lab merupakan ruang untuk berkreasi bagi para makers IoT untuk mengembangkan solusi IoT. Lab ini digagas oleh ITB bersama Indosat Ooreedoo.

Dalam peresmian turut hadir Guru Besar STEI ITB Prof Suhono H Supangkat dan Director & Chief Innovation & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Arief Mustain, selaku penggagas IoT Innovation Lab ini.

Acara peluncuran secara bersamaan juga diadakan di Jakarta, yang dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Future Digital Economy Conference. Digelar talkshow mengenai future economy serta innovation class dengan menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari industri perangkat, platform, hingga startup.

(Kamal Dwi Jatmoko, Dit. Standardisasi)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `Infografis`