Ditjen SDPPI Jaga Akuntabilitas Dalam Pengelolaan APBN

Ketua Tim Kerja Keuangan Supriyanto membuka kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2023 yang dihadiri perwakilan satuan kerja di lingkungan Ditjen SDPPI, Kamis (13/07/2023).

Bandung (SDPPI) – Untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian / Lembaga (LKKL) tahun 2023, Ditjen SDPPI melakukan kegiatan rekonsiliasi Laporan Keuangan Lembaga Semester I Tahun 2023. Rekonsiliasi dilaksanakan untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan yang dapat berdampak pada menurunnya validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporan keuangan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Keuangan Supriyanto dalam sambutannya mewakili Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Sesditjen SDPPI) pada kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2023, Kamis (13/7/2023).

“Dalam persiapan penyusunan laporan keuangan, kita semua telah melakukan langkah-langkah perbaikan secara terus menerus dan terdapat beberapa catatan yang masih harus ditindaklanjuti termasuk segera memahami regulasi dan beradaptasi dengan sistem yang dibangun oleh Kementerian Keuangan” ucap Supriyanto.

“Manfaatkan menu yang terdapat pada aplikasi SAKTI untuk memantau dan menindaklanjuti kualitas data laporan keuangan agar sesuai ketentuan” tambahnya.

Aplikasi SAKTI dengan keunggulan fungsi yang terpisah jelas antara fungsi maker, checker dan approver juga membutuhkan komunikasi yang baik dalam pelaksanaannya. Selain itu fungsi monitoring menjadi sangat penting bagi operator untuk mengecek sinkronisasi transaksi maupun proses yang belum dilakukan.

Laporan keuangan merupakan kewajiban bagi seluruh entitas, termasuk SDPPI. Mengingat Ditjen SDPPI mengelola PNBP yang cukup besar dan belanja APBN yang tersebar di 37 satuan kerja sehingga dibutuhkan tingkat koordinatif yang tinggi. “Jaga akuntabilitas dan lebih berhati-hati dalam pengelolaan APBN” pesan Supriyanto.

Pada kesempatan yang sama, Supriyanto juga berharap inovasi-inovasi baru atas pemanfaatan anggaran dapat segera dilakukan, agar kegiatan tidak bertumpuk di akhir tahun.

Hadir sebagai narasumber Nur Abdul Haris dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan yang memberikan paparan mengenai Evaluasi LKKL Tahun 2022 dan Penyusunan LKKL Semester I Tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Juli 2023 di Hotel Aston Tropicana, Bandung dihadiri oleh perwakilan dari kantor pusat Ditjen SDPPI dan Unit Pelaksana Teknis seluruh Indonesia, Tim Biro Keuangan Kementerian Kominfo serta Tim Review dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kominfo.

(Sumber/foto: Nita/Karina,Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`