Ditjen SDPPI Tetapkan Dua Kandidat Zona Integritas

Ditjen SDPPI Tetapkan Dua Kandidat Zona Integritas

Bogor (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menetapkan dua kandidat untuk Zona Integritas yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb).

Direktorat Operasi Sumber Daya, yang tahun lalu berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), pada 2020 menjadi kandidat Unit Kerja Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Adapun Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) masuk menjadi kandidat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko berharap unit kerja lain dapat mencapai hal yang sama. "Saya cukup optimis dan mudah-mudahan segera dari direktorat lain mendapat predikat WBK," ucapnya pada Pelaksanaan Evaluasi ZI tahun 2020, Senin (26/10/2020).

Lebih lanjut, Dwi Handoko mengatakan apabila berhasil ini akan menunjukkan bahwa program transformasi birokrasi di Ditjen SDPPI telah dapat dinyatakan berhasil dibanding tahun sebelumnya. “Saya berharap ini akan menjadi pendorong semangat bagi seluruh pegawai di Ditjen SDPPI," jelasnya.

Direktorat Operasi Sumber Daya menekankan enam area pembangunan ZI Manajemen Perubahan, meliputi budaya kerja dan pola pikir pegawai anti korupsi. Selanjutnya, Penataan Manajemen SDM yaitu SDM yang professional dan berintegritas. Penataan Tata Laksana dimana penyelenggaraan pelayanan publk yang mudah, cepat dan akurat. Penguatan Akuntabilitas, yaitu kinerja efektif, efisien dan akuntabel. Penguatan Pengawasan dimana penegakan pelayanan publik yang bersih dan bebas dari korupsi. terakhir, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dimana adanya peningkatan kepuasan pengguna layanan melalui invoasi yang berkelanjutan (KAIZEN).

Agar hal ini dapat berhasil, Dwi Handoko dengan jajarannya berupaya serta melakukan inovas-inovasi yang berkelanjutan. "Sesuai dengan prinsip kami, yaitu KAIZEN yang memiliki arti tidak pernah berhenti untuk melakukan perbaikan-perbaikan di enam area perubahan yang menjadi sektor dari pada WBK maupun WBBM,” tegasnya.

Di samping itu, lanjut Direktur Operasi Sumber Daya, mereka mencoba untuk menularkan semangat WBK dan WBBM kepada teman-teman di unit yang lain agar juga bisa mencapai standar WBK/WBBM karena ini akan menjadi penilaian bagi kualitas reformasi birkorasi K/L di Indonesia.

“Alhamdulillah teman-teman dari unit yang melaksanakan pelayanan publik seperti Direktorat Standardisasi PPI dan BBPPT kita Bersama-sama sudah saling shareing knowledge untuk bisa sama-sama mencapai wilayah bebas dari korupsi," kata Direktur Operasi Sumber Daya.

Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada Instansi Pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui Reformasi Birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang hasilnya adalah wilayah bebas korupsi predikat diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penguatan Pengawasan.

Pelaksanaan Evaluasi ZI tahun 2020 yang diselenggarakan di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat dihadiri oleh Koordinator Sertifikasi Operator Radio Dodik Sudiyono, Koordinator Konsultansi dan Data Operasi Sumber Daya Fidyah Ernawati, Koordinator Pelayanan I Nengah Suwardika, Subkoordinator Konsultasi dan Informasi Sumber Daya Sulistiyo Catur Kurnia Putra, beserta staff terkait.

Sumber/ Foto : Fandi R/ Yunita R

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2020`