Siaran Pers No. 04/DJPT.1/KOMINFO/I/2006
Evaluasi Registrasi Kartu Prabayar


  1. Sebagaimana telah diketahui bersama, pada tanggal 15 Desember 2005 telah berlangsung acara sosialisasi launching registrasi kartu prabayar. Acara di Gedung Departemen Kominfo ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Departemen Kominfo Ashwin Sasongko. Acara launching tersebut dimaksudkan untuk mempertegas kembali esensi Peraturan Menteri Komunikasi No. 23/M.KOMINFO/10/2005 tentang Registrasi Terhadap Pelanggan Jasa Telekomunikasi dan diwarnai dengan peragaan/demo oleh PT Indosat, PT Excelcomindo, PT Telkom dan PT Telkomsel beserta satu orang pelanggan masing-masing dalam cara mendaftarkan kartu pra bayarnya.
  2. Terhitung sejak acara launching tersebut hingga awal bulan Januari 2006 telah tercatat cukup banyak pengguna kartu prabayar yang langsung segera mendaftarkan dirinya ke masing-masing penyelenggara telekomunikasinya. Meskipun jumlahnya masih sangat kecil dan belum signifikan, namun gejala tersebut sudah cukup menunjukkan antusiasme baik penyelenggara telekomunikasi maupun masyarakat pengguna yang cukup responsif dalam menanggapi himbauan pemerintah.
  3. Sejauh ini, Ditjen Postel bersama para penyelenggara telekomunikasi telah menyepakati bersama isi pesan (SMS) yang harus dikirimkan kepada setiap pelanggan kartu pra bayar, yaitu:

"Utk kepentingan & ketertiban penggunaan kartu prabayar Anda daftarkan segera identitas Anda via SMS ke 4444 secara GRATIS. Ketik: No. KTP (SIM/Passpor/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa)#nama lengkap#alamat lengkap#tempat lahir#tgl lahir#

  1. Antara satu operator dengan operator lainnya agak sedikit beragam pesan yang dikirimkan melalui SMS ini, meskipun standar bakunya tidak boleh jauh menyimpang dari yang sudah disepakati bersama di atas, misalnya ada yang menghendaki diketik jenis identitasnya atau kode pos alamatnya dan ada pula yang tidak. Selain itu, sekiranya pelanggan yang meregister hanya memiliki passpor atau SIM saja, juga diperbolehkan. Demikian juga jika hanya berkeinginan meregister dengan kartu pelajar atau kartu mahasiswanya saja. Yang penting harus memilih salah satu kartu identitas yang ada. Sedangkan tanggal lahirnya, pada umumnya cukup ditulis dengan, misalnya #10021980# untuk menunjukkan bahwa pendaftar tersebut lahir pada tanggal 10 Pebruari 1980.
  2. Berikut ini beberapa contoh prosedur registrasi yang dilakukan oleh beberapa penyelenggara telekomunikasi.
    1. Telkomsel

No

SMS

SMS Balasan

1

Daftar

Kirim ke 4444

Selamat datang di menu registrasi pelanggan prabayar.Saya akan melakukan registrasi dg memberikan identitas secara benar&lengkap.ketik Y utk setuju,T utk Tidak

2

Y

Kirim ke 4444

Ketik NAMA<spasi>NamaAnda, kirim ke 4444. Format harus sesuai Contoh.

Contoh : NAMA Shinta

3

NAMA Budi

Kirim ke 4444

Ketik TTL<spasi>kota Kelahiran#Tgl Lahir. FORMAT TANGGAL HARUS SESUAI CONTOH.

Contoh : TTL Makasar# 01-02-1979

4

TTL SUKOHARJO, 23-04-1986

Kirim ke 4444

Ketik ADDR<spasi>Alamat Anda tanpa nama kota.

Contoh : ADDR Jl. Jend. Gatot Subroto No. 42, Pagentan RT 2/RW 11.

5

ADDR JL.SARINAH NO.2, Rt 9/1

Kirim ke 4444

Ketik KOTA<spasi>Kota Tempat tinggal Anda#Kodepos. Kodepos harus berupa 5 digit angka Contoh : KOTA JAKARTA#12710

6

KOTA Jakarta #14140

Kirim ke 4444

Ketik ID<spasi>nomor Identitas anda(hanya huruf&angka)#jenis ID, 1 utk KTP, 2 utk SIM, 3 utk KITAS, 4 Paspor, 5 Kartu Pelajar.6 utk dll.

Contoh , ID 09510513088240#1

7

ID 09.5105.130882.4024#1

Kirim ke 4444

Terima kasih anda telah melakukan registrasi pelanggan prabayar. Kode konfirmasi anda adalah 10006451

Channel

Tindakan Pelanggan

Notifikasi dari TELKOMSEL

Portal (WEB)

Pelanggan mengakses portalwww.telkomsel.com à Customer Service Online à Registrasi simPATI dan kartuAs

Pelanggan melengkapi data sesuai dengan field yang ada di form

Call Center

Pelanggan menghubungi Call Center 116.

Pelanggan dipandu untuk melengkapi data diri oleh agen.

Pelanggan mendapatkan notifikasi SMS dari telkomsel untuk Nomor kode konfirmasi

E-mail

Pelanggan mengirimkan e-mail kecs@telkomsel.co.id dengan subyek "Registrasi Prabayar"

Pelanggan akan dikirimkan e-mail balasan olehcs@telkomsel.co.id berupa format pengisian data. Atau dapat mengklik ke hyperlink form web.

GraPARI

Pelanggan berkunjung ke grapari terdekat.

Pelanggan Mengisi formulir standar "registrasi prabayar"

Frontliner akan melakukan entry data pelanggan ke aplikasi database.

Info ke pelanggan bahwa pelanggan telah terdaftar.

Pelanggan mendapatkan notifikasi SMS dari telkomsel untuk Nomor kode konfirmasi

b. Excelcomindo

1). Lewat SMS dengan cara sebagai berikut :

SMS

Balasan SMS

DAFTAR

Kirim ke 4444

Ketik :

DAFTAR1#nama#tempat lhr#tgl lhr(dd/mm/yyyy)# jenis kelamin(L/P)

Contoh :

DAFTAR1#aan#jakarta#21/09/ 1984#L

DAFTAR1#ariwicaksono#jakarta #29/09/1980#L

Kirim ke 4444

Terima kasih, untuk selanjutnya ketik DAFTAR2#no id#tipe id#alamat.

Contoh :

DAFTAR2#0953012345678910 #ktp#jl dasa 4 no 38 jkt 12130

DAFTAR2#0953062909800347# ktp#jl intan 1b jkt 12430

Kirim ke 4444

Saya menyatakan bahwa data yang saya berikan dan/atau saya ubah adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Jika setuju ketik OK dan kirim ke 4444.

OK

Kirim ke 4444

Terima kasih anda sudah terdaftar. PIN anda: 09120500000310.

Simpan PIN sebagai bukti pendaftaran

2) Daftar lewat website : www.xl.co.id /registrasiprabayar

3) Kirim informasi data pribadi kamu seperti diatas melalui e-mail ke customerservice@xl.co.idatau fax ke (021)59759828.

4) Mengisi formulir pendaftaran di XL Center.

c. Indosat

Channel

Tindakan Pelanggan

Notifikasi dari Indosat

SMS biaya gratis

Ketik: Nomor Kartu Tanda Pengenal#Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Tempat Lahir#Tanggal Lahir (misal: 10081970). Kirim ke 4444.

• Kondisi 2: Daftar lengkap . Anda sudah terdaftar dalam program Indosat Prabayar Teregistrasi. Terima kasih.

• Kondisi 2: Data tidak lengkap . Maaf, data yang anda kirim tidak lengkap. Ketik nomor kartu tanda pengenal#nama lengkap#alamat lengkap#tempat lahir#tanggal lahir. Kirim ke 4444.

• Kondisi 3 : Pelanggan "pasca bayar" Anda telah terdaftar sejak nomor ini aktif. Terima kasih.

Galeri Indosat biaya gratis

- Pelanggan berkunjung ke galeri Indosat terdekat.

- Mengisi formulir standar "prabayar" teregistrasi secara lengkap (wajib info identitas).

• Frontliner akan input identitas pelanggan ke aplikasi databasePRINCE.

• Frontliner minta copy kartu identitas (optional).

• Info ke pelanggan bahwa pelanggan telah terdaftar.

Contact Center (voice) biaya gratis

• Pelanggan menghubungi call center sesuai dengan produknya.

• IM3 ke 300 (HP), (021) 30003000, 08001100888.

• Mentari ke 505 atau (021) 54388888

• StarOne ke 111 atau (021) 30111111, (031) 60111111, (061) 30001111

• Agen akan memandu pelanggan memberikan informasi identitas diri.

• Agen akan input identitas pelanggan.

• Agen akan mengkonfirmasi info yang di dapat kepada pelanggan.

Portal (WEB) biaya gratis

Pelanggan mengunjungi portal sesuai dengan produknya.

• IM3 www.m3-access.com

• Mentari www.klub-mentari.com

• StarOne www.mystarone.com

• Pelanggan melengkapi data diri sebagai bagian dari proses login.

• Akan ada notifikasi dari portal yang menginformasikan passkey pelanggan.

• Passkey diperlukan pelanggan yang baru login dan akan mengaktifkan account-nya di portal.

Outbound call

Pelanggan menerima call dari Indosat

Outbound call proaktif kepada pelanggan loyal dan high usage.

Pelaksanaan oleh regional.

Portal (WAP) Outlet dealer

• FMC (front liner yang tergabung dalam Front Liner Mentari Club).

• Outlet

Portal

Mekanisme registrasi serupa via portal (WEB) outlet dealer.

• Frontliner mengarahkan pelanggan untuk regis- trasi melalui SMS.

• Pengsian formulir yang telah didistribusikan ke outlet.

Akan diimplementasikan pada tahap II (2006)

d. Telkom

Bagi pelanggan Flexi, registrasi dapat dilakukan di Plasa TELKOM, Flexi Center, authorized dealer , atau menghubungi call center 147. Khusus pelanggan Flexi Trendy, ketentuan registrasi adalah sebagai berikut :

  1. Calon pelanggan yang akan membeli Starter Pack ( Kartu Perdana) Flexi Trendy harus memiliki kartu identitas diri seperti (minimal salah satu) KTP, SIM, Kartu Pelajar/Mahasiswa atau Paspor.
  2. Calon pelanggan dapat (diperbolehkan) membeli Starter Pack Flexi Trendy lebih dari 1(satu) nomor, dengan tetap melakukan registrasi untuk masing-masing nomor.
  3. Pelaksanaan registrasi Flexi Trendy dilakukan dengan cara :
    1. Pelanggan mengirimkan kata "daftar" melalui SMS ke nomor 4444 (bebas biaya) dengan menggunakan huruf kecil,
    2. Sistem akan menjawab dengan kalimat melalui jawaban SMS "untuk daftar, silahkan ketik : reg*No. Identitas*nama*jenis kelamin*tempat lahir*tgl lahir*alamat*kota*"
    3. Pelanggan mengrim data pelanggan juga melalui SMS seperti contoh : reg*ktp*10.5603.231167.0011*lina*p*padang*030876*jlngatotsubroto*bandung*, Setiap field dipisahkan dengan * (tanda bintang)
    4. System akan menjawab :
    • "Terimakasih, registrasi lengkap", bila data yang diterima oleh system sudah sesuai,
    • "Registrasi belum lengkap, agar diulangi, reg*No. Identitas*nama*jenis kelamin*tempat lahir*tgl lahir*alamat* kota *, bila data yang diterima oleh system belum sesuai.

e. Mobile-8

Alur Pendaftaran Kartu Prabayar Fren

  1. Ketik "DAFTAR" dan kirim ke 4444
  2. Selanjutnya Anda akan mendapat reply message yang berisi menu Pendaftararan Prabayar sebagai berikut:

    --Pendaftaran Prabayar--

    Balas SMS dgn angka:

    1=Daftar Online

    2=Lihat Data

    3=Ubah Data

    i=Info

  3. Untuk mendaftarkan diri balas dengan ketik "1" dan kirim ke 4444, kemudian Anda akan mendapat reply message sebagai berikut:

    1/3:Daftarkan JENIS dan NOMOR IDENTITAS anda (KTP/SIM/Passpor/Kartu Pelajar).

    Contoh:

    KTP,12.34.567890.

    Kirim ke 4444.

  4. Daftarkan JENIS dan NOMOR IDENTITAS seperti contoh diatas dan kirim ke 4444 , selanjutnya Anda akan mendapat reply message sebagai berikut:

    2/3:Daftarkan NAMA dan ALAMAT anda.
    Contoh:
    Budi Indrawan, Jl Pelangi 12 Blok H/2 Jakarta 12270
    Kirim ke 4444

  5. Daftarkan NAMA dan ALAMAT seperti contoh diatas dan kirim ke 4444 , selanjutnya Anda akan mendapat reply message sebagai berikut:

3/3:Daftarkan TEMPAT, TGL LAHIR dan PEKERJAAN.
Contoh:
Jakarta,01-12-1970,Karyawan

  1. Terakhir, daftarkan TEMPAT, TGL LAHIR dan PEKERJAAN seperti contoh diatas, selanjutnya Anda akan mendapat reply message sebagai berikut:

    Saya menyatakan data tsb sesuai kartu identitas.
    Mobile-8 berhak menonaktifkan bila data tidak sesuai.
    1=Konfirmasi
    2=Ubah Data
    0=Kembali ke awal

  2. Selanjutnya Anda harus mengkonfirmasikan data yang sudah dimasukkan dengan ketik "1" dan kirim ke 4444 , selanjutnya Anda akan mendapat reply message sebagai berikut:

    Registrasi nomor Fren anda telah selesai. Terima kasih atas partisipasi anda.
    0=Menu Awal.

  3. Registrasi kartu prabayar Anda sudah selesai. Jika Anda ingin mengubah atau memperbaiki data yang sudah dimasukkan Anda dapat mengirimkan keyword "0" ( nol ) ke 4444 dan kemudian mengikuti menu Lihat Data dan Ubah Data.

f. Bakrie Telecom

1) Daftar lewat SMS 4444 dengan langkah-langkah sebagai berikut:

SMS

Balasan SMS

1.

DAFTAR*NAMA*ALAMAT

Contoh: DAFTAR*ANDRI*JL. POS II 007/03 KUNINGAN JKT

Kirim ke 4444

Terima kasih. Selanjutnya ketik TYPE ID (KTP / SIM / PASSPORT / NPWP / KTM)*NO ID*TEMPAT TANGGAL LAHIR

Contoh: KTP*01203214520163*JAKARTA 13-7-1982

2.

TYPE ID (KTP / SIM / PASSPORT / NPWP / KTM)*NO ID*TEMPAT TANGGAL LAHIR

Contoh: KTP*01203214520163*JAKARTA 13-7-1982

Kirim ke 4444

Terima kasih atas partisipasi dalam mengirimkan data pribadi Anda. Gunakan selalu ESIA untuk berkomunikasi dengan kerabat dan relasi Anda.

2) Daftar lewat website : www.myesia.com

3) Dafar lewat esia customer care di *999 atau (021) 92889288

4) Kirim melalui fax (021) 93106777 atau PO BOX 6777 JKU

5) Mengisi formulir pendaftaran di Gerai Esia atau Outlet HP terdekat

g. NTS

Cara Registrasi

Pelanggan

Customer Services

Walk in Center (In Bound customer)

• Pelanggan akan mendapatkan SMS notifikasi program pemerintah mengenai anjuran "prepaid registrasi"

• Pelanggan berkunjungan ke kantor layanan NTS di Surabaya (Wisma Dharmala Mezanine Floor (Jl,Panglima sudirman 101-103 Surabaya) ,Malang Hotel Kartika Graha Jalan Let Jend Sutoyo.Malang.

• Pelanggan wajib mengisi formulir registrasi prabayar dengan memberikan identitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

• LippoTelecom customer service representative akan memandu pelanggan untuk kesediannya memberikan data identitas diri secara lengkap dalam rangka "prepaid registration" ( disclaimer procedures)

• Customer service representatives input informasi data pelanggan lengkap pada data base yang telah disediakan.

• Menginformasikan kepada pelanggan bahwa,pelanggan telah terdaftar dan ikut mendukung program pemerintah dalam rangka "prepaid registrasi"

CARELINE (Inbound Call)

• Pelanggan menghubungi CARELINE dengan nomor 121 (dari HP Lippo Telecom)

• Lippo Telecom customer service representative akan memandu pelanggan untuk kesediaannya memberikan data identitas diri secara lengkap dalam rangka "prepaid registration"

• Customer service representative akan mengkonfirmasikan ulang data yang diterima dari pelanggan Customer service representative akan menginput informasi data pelanggan lengkap pada database yang telah disediakan

• Menginformasikan kepada pelanggan bahwa,pelanggan telah terdaftar dan ikut mendukung program pemerintah dalam rangka "prepaid registrasi

OUTBOUN CALL

Akan dilakukan mulai Feb 2006

• Pelanggan akan menerima panggilan dari customer representatives NTS dengan nomer identitas yang jelas.

• Out bond call akan dilakukan proaktif oleh customer representative NTS kepada pelanggan yang belum melakukan pendaftaran melalui Walk-In center atau Careline 121

• Customer representative NTS akan menjelaskan bahwa prepaid registrasi adalah program pemerintah sesuai aturan menteri.

• Customer representatives NTS akan menanyakan kesediaan pelanggan untuk memberikan identitas lengkapnya dalam rangka prepaid registrasi.

• Customer representative akan memandu pelanggan untuk proses registrasi.

• Informasi data yang diberikan oleh pelanggan akan diinput pada database yang telah disediakan.

• Menginformasikan kepada pelanggan bahwa,pelanggan telah terdaftar dan ikut mendukung program pemerintah dalam rangka "prepaid registrasi

h. Mandara

1. Melalui SMS dengan cara sebagai berikut :

SMS

Balasan SMS

Ketik : Daftar

Kirim ke 4444

Balas SMS ini, ketik: kartu identitas yg msh berlaku <spasi>no. kartu (Contoh: Kartu Pelajar 12345678 9101112. Hub 878 utk info

Ketik :

KTP, 5556879910358333

Kirim ke 4444

Balas SMS ini, ketik : nama lengkap, tempat/tgl lahir Anda. (Contoh : Ardi<spasi> Mulya<spasi>Nugroho, Banjarmasin / 25/12/1975 . Hub 878 utk info

Ketik :

Mira utami, Bandar lampung/ 14/02/1977

Kirim ke 4444

Balas SMS ini, ketik alamat sesuai dg kartu identitas Anda : Jalan,RT/RW, Desa/Kel, Kec, Kab/Kodya, Kode Pos, Prop. Hub 878 utk info

Ketik :

Sentani, 07/009, Ds. Trikarya, tanjung raya, tulang bawang, 34598

Kirim ke 4444

Balas SMS ini, ketik: jenis<spasi>tipe telepon yg Anda gunakan sekarang. (Contoh: Telepon<spasi>Rumah<spasi>ETS2077 atau HP<spasi>ETS388). Hub 878 utk info

Ketik :

Telepon rumah ETS2000

Kirim ke 4444

Terima kasih atas pendaftaran Anda. Data Anda sudah tersimpan. Hubungi 878 untuk informasi lainnya.

2. Melalui call center neo_n di 021 7975 888 atau 878 dari ponsel neo_n.

3. Pelanggan berkunjung ke Kantor Layanan Pelanggan Lampung dan mengisi formulir registrasi prabayar.

  1. Akan tetapi, dalam perkembangannya, masih sangat banyak dijumpai adanya berbagai kendala yang sangat mengganggu kelancaran proses registrasi, seperti misalnya:
    1. Pelanggan yang bersangkutan sudah menuliskan SMS registrasinya secara lengkap, tetapi pada kenyataannya masih saja ditolak oleh penyelenggara telekomunikasi yang terkait. Seandainya diterima, ada yang baru memperoleh jawaban sekitar seminggu kemudian atau bahkan belum sama sekali. Hal tersebut dapat saja terjadi karena mungkin saja karena data yang didaftarkan kurang lengkap sesuai perintah pesan setiap penyelenggara telekomunikasi. Apalagi setiap penyelenggara ada perbedaan sedikit pada umumnya, seperti misalnya suatu penyelenggara telekomunikasi tertentu menghendaki adanya kode pos, sedang yang lain tidak. Lalu ada lagi yang penulisan tanggal kelahiran tidak langsung seperti contoh di atas misalnya 10021980, tetapi 10-02-1980. Dengan demikian setiap penyelenggara selalu memiliki karakternya tersendiri.
    2. Dikeluhkan pula adanya sejumlah pelanggan yang sampai saat ini belum menerima SMS perintah daftar dari penyelenggara telekomunikasi yang bersangkutan. Terhadap persoalan ini, Ditjen Postel telah meminta kepada seluruh penyelenggara untuk melakukan evaluasi, agar supaya seluruhnya dapat pesan registrasi ini.
  2. Sesungguhnya secara teknis seluruh penyelenggara telekomunikasi seluler yang menyediakan layanan pascabayar dan khususnya prabayar sudah mempersiapkan seluruh fasilitas dan mekanisme registrasi secara komprehensif, baik yang on-line maupun yang off line (melalui pendaftaran ke pusat-pusat layanan).
  3. Meskipun masa registrasi berlaku sampai dengan tanggal 28 April 2006, namun jangka waktu proses validasinya mungkin memakan waktu cukup lama. Adapun metode registrasinya adalah antara lain sebagai berikut:
    1. Ada yang menggunakan metode sampling, yaitu dengan memvalidasi sejumlah pelanggan tertentu.
    2. Ada yang langsung memvalidasi pada saat registrasi off line di pusat-pusat layanan.
    3. Ada yang terdaftar dan tervalidasi melalui jasa PT Pos Indonesia.
    4. Ada yang terdaftar dan tervalidasi melalui klub pelanggan.
  4. Dengan adanya detail sosialisasi registrasi kartu prabayar secara lengkap ini diharapkan dapat mengatasi kontroversi dan kesimpang siuran keseriusan pemerintah dan para penyelenggara telekomunikasi dalam memberlakukan masa registrasi, karena proses registrasi ini berlaku untuk seluruh penyelenggara telekomunikasi, khususnya telekomunikasi seluler.
  5. Ditjen Postel secara intensif terus melakukan program sosialisasi bersama dengan seluruh penyelenggara telekomunikasi dengan tujuan agar semakin banyak warga masyarakat umum pengguna kartu prabayar yang dapat segera memenuhi kewajiban registrasinya. Sosialisasi yang telah, sedang dan akan dilakukan berupa penayangan iklan di beberapa media cetak, talk show di beberapa media elektronik dan road show di sejumlah kota. Di samping itu akan ditayangkan pula iklan layanan masyarakat yang berdurasi 45 detik di beberapa stasiun televisi yang pada ending-nya memunculkan himbauan Menteri Komunikasi dan Informatika Sofyan A. Djalil tentang esensi registrasi.

Kepala Bagian Umum dan Humas

Gatot S. Dewa Broto
HP: 0811898504
E_mail: gatot_b@postel.go.id ; dbroto@yahoo.com

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`