Hari Bhakti Postel, Teladani Visi Melintas Zaman

Upacara Peringaatan Hari BHakti Postel ke 74 dipusatkan di Kantor Pos Indonesia Bandung (27/09/2019)

Bandung (SDPPI) – Insan pos dan telekomunikasi (postel), yang berasal dari generasi milenial, harus mampu meneladani visi melintas zaman, layaknya tekad Angkatan Muda Pos, Telegrap, dan Telepon (AMPTT) di tahun 1945.

"Putra-putri Indonesia yang tergabung dalam AMPTT dengan gagah berani memutuskan untuk merebut Jawatan Pos Telegrap dan Telepon (PTT) dari penguasaan tentara Jepang," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutan upacara peringatan Hari Bhakti Postel ke-74 di Halaman Kantor Pusat PT Pos Indonesia di Bandung, Jumat (27/9/2019)

Sekjen Kemkominfo berharap Insan Postel menggali makna dan peringatan ini untuk mempersiapkan masa depan melesat maju dengan inovasi dan kreativitas. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan, yakni Digitalisasi Menuju Indonesia 4.0.

Niken mengungkapkan akan terjadi pergeseran profesi akibat revolusi industri yang memunculkan teknologi baru menggantikan pekerjaan manusia. Dalam setiap revolusi industri isu yang selalu mengemuka adalah hilangnya banyak pekerjaan, karena munculnya teknologi baru. Tetapi, akan terbuka peluang yang sangat besar akan pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya. Profesi-profesi tertenu akan bergeser ke jenis profesi yang sulit dilakukan oleh teknologi baru.

Menurut Niken, profesi yang mengandalkan kreativitas, inovatif, bakat, dan seni, diprediksi akan menjadi provesi idaman di masa depan.

"Digitalisasi telah memberi kesempatan dan akses baru untuk mengelola ruang dan waktu secara lebih efisien. Oleh sebab itu, seharusnya efisiensi sudah mendarah daging dalam bisnis dan layanan kta bersama. Kita harus menjadi sektor yang terdepan dalam hal efisiensi,” katanya.

Ia juga mengungkapkan sejarah telah membuktikan bahwa revolusi industri selalu melindas inefisiensi. “Korban pertama semua revolusi industri adalah inefisiensi," tandas Niken.

Sumber/foto : Fandi R (Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`