Harkitnas, Mari Bergerak sebagai Bangsa

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, menyampaikan sambutan dalam Upacara Peringatan Harkitnas yang digelar di Lapangan Anantakupa Kemkominfo dan disiarkan secara melalui live streaming oleh Kemkominfo TV pada Rabu (20 Mei 2020).

Jakarta (SDPPI) – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dalam situasi Pandemi Virus Corona 2019 atau Covid-19, menjadi momentum bagi seluruh anak bangsa untuk bergerak tanpa memandang perbedaan.

“Hari Kebangkitan Nasional ini mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan,tegas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam amanah Upacara Peringatan Harkitnas ke-112, di Lapangan Anantakupa Kemkominfo, Rabu (20/5/2020).

‘Bangkit dalam Optimisme Normal Baru menjadi tema peringatan tahun ini. Tema ini untuk menciptakan optimisme melawan keprihatinan mendalam bagi masyarakat seluruh dunia saat ini. Momentum pergerakan nasional telah mendorong sebuah perjuangan untuk meraih perubahan besar, dari yang tidak menjadi terorganisasi dan terencana. Dari perjuangan yang berciri kedaerahan menjadi bersifat nasional.

“Gerakan dan perjuangan nasional inilah yang telah mewujudkan Bangsa Indonesia memiliki kehormatan akan kemerdekaan dan kekuatannya sendiri. Akumulasi dari berbagai makna itu diperjuangkan dan dijalankan untuk mencapai Indonesia yang maju dan sejahtera,urai Menkominfo

Peringatan Harkitnas menjadi titik awal membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa ini. Semangat kebangkitan nasional dalam jati diri setiap warga negara Indonesia ini untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia dari berbagai bentuk ancaman, termasuk ancaman dari negara lain, serta menciptakan kehidupan negara-bangsa yang lebih baik di masa depan.

Diingatkan, masyarakat harus membiasakan diri dengan pola hidup baru, tetap produktif di tengah Pandemi Covid-19, terbiasa menerapkan protokol kesehatan, transportasi dan protokol lainnya.

Situasi krisis ini juga pasti sangat berat bagi Umat Islam yang sedang menunaikan Ibadah Puasa Ramadan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri. “Kiranya benang merah antara Ibadah Puasa dan Lebaran ini juga sejalan dengan semangat kita bersama melawan Covid-19, yaitu merefleksi diri, menempa raga, membersihkan diri, dan pada akhirnya mencapai kemenangan,kata Menkominfo.

Upacara Peringatan Harkitnas ke-112 dihadiri oleh pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kemkominfo. Turut hadir pula Sesditjen SDPPI R Susanto dan Kabag Umum dan Kepegawaian Hasyim Fiater, mewakili Ditjen SDPPI.

Sumber/Foto : Fandi R /Iwan (Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`