IDTH Siap Jadi Pusat Pengujian Perangkat Telekomunikasi ASEAN

IDTH Siap Jadi Pusat Pengujian Perangkat Telekomunikasi ASEAN

Depok (SDPPI) – Pada Selasa (07/05/2024), Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) yang merupakan transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjadi pusat pengujian perangkat telekomunikasi terdepan di Asia Tenggara yang berstandar internasional.

“IDTH saat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih berkelas internasional untuk menguji fitur-fitur perangkat digital”, ucap Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi pada acara peresmian IDTH di Depok, Jawa Barat.

“Fasilitas pengujian ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna telekomunikasi di seluruh Indonesia” tambahnya.

Pada tahun 2023 terdapat 644 fitur yang diuji. Seiring dengan perkembangan teknologi yang dilakukan Kementerian Kominfo, kapasitas pengujian di tahun 2024 diproyeksikan akan meningkat menjadi 1600 fitur sedangkan untuk tahun 2025-2026 fitur yang diuji diharapkan bisa mecapai 5000 fitur pertahunnya. Hal ini disampaikan Budi Arie dalam laporannya kepada Presiden RI.

Kementerian Kominfo melakukan pengembangan fungsi IDTH dimana fasilitas ini tidak hanya berperan sebagai pusat pengujian tetapi juga sebagai center of excellence perangkat digital dimana kerjasama dengan berbagai kampus dapat meningkatkan pengembangan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi kemajuan teknologi digital. Para praktisi pakar dan peneliti juga diharapkan dapat berkolaborasi untuk melahirkan inovasi teknologi.

“Kami berharap inisiatif konkrit dalam rangka percepatan transformasi digital seperti ini mampu memperkokoh daya saing Indonesia di kancah global dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045” tutupnya.

Sebagai informasi, IDTH yang dibangun di atas lahan seluas 22.723 meter persegi dengan luas bangunan 11.953 meter persegi ini memiliki 12 laboratorium yaitu sebagai berikut :

  1. Laboratorium EMC (Electromagnetic Compatibility) melakukan pengujian untuk memastikan bahwa suatu perangkat elektronik beroperasi secara normal di lingkungan elektromagnetik tanpa terpengaruh atau pun menghasilkan interferensi terhadap lingkungan sekitarnya, seperti laptop dan TV
  2. Laboratorium SAR & EMF melakukan pengujian untuk mengukur tingkat radiasi non-pengion dari pancaran gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat TIK yang menempel pada tubuh manusia, seperti HP dan tablet PC
  3. Laboratorium Electrical Safety melakukan pengujian pada perangkat TIK untuk memastikan keamanan pengguna dari potensi arus bocor dan tegangan berlebih, seperti mesin fotokopi dan Set Top Box
  4. Laboratorium Seluler melakukan pengujian perangkat yang beroperasi dengan teknologi seluler, seperti HP, BTS, dan GPS tracker
  5. Laboratorium Radio High Power melakukan pengujian perangkat yang beroperasi menggunakan gelombang radio dengan power lebih dari 36 dBm, seperti HT dan radio maritim.
  6. Laboratorium Radio Low Power melakukan pengujian perangkat yang beroperasi menggunakan gelombang radio dengan power kurang dari 36 dBm, seperti NFC dan perangkat IoT.
  7. Laboratorium Laser dan Optik melakukan pengujian perangkat telekomunikasi berbasis Optik agar pengguna terhindar dari potensi paparan radiasi dari perangkat telekomunikasi berbasis Optik.
  8. Laboratorium Broadcast melakukan pengujian perangkat broadcasting seperti TV, set top box, pemancar TV, termasuk fitur early warning system.
  9. Laboratorium Kalibrasi RF untuk mengalibrasi alat ukur berbasis radio frequency seperti spectrum analyzer, signal generator, tv receiver, dan masih banyak lagi
  10. Laboratorium Kalibrasi Antena untuk mengalibrasi antena secara radiated
  11. Laboratorium Kalibrasi Optik untuk mengalibrasi alat ukur berbasis optik
  12. Laboratorium Kalibrasi Kelistrikan untuk mengalibrasi alat ukur berbasis listrik, seperti power supply, multimeter

(Sumber/Foto: Tim Humas SDPPI)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2024`