Jadi Eksekutor, Pemerintah Percepat Transformasi Digital

Dirjen SDPPI sebagai Pembicara Seminar Happy Digital Economy: Transforming The Ego to Eco-Economy in The Digital Era, Kamis (17/11/2022).

Serangan (SDPPI) – Konektivitas sangat penting dalam transformasi digital. Atas dasar itu, pemerintah harus mengubah posisi dari tadinya hanya sebagai regulator, menjadi eksekutor pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang sangat berharga, dimana pada kenyataannya konektivitas itu sangat penting dalam transformasi digital. Semua orang membutuhkan konektivitas dan mereka tidak sabar menunggu itu,” jelas Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Ismail dalam sambutannya pada Seminar Happy Digital Economy: Transforming The Ego to Eco-Economy in The Digital Era, Kamis (17/11/2022).

Pemerintah perlu berlari mengubah situasi sekarang, agar dapat dengan cepat mencapai ekonomi digital. Pemerintah harus inisiatif dan melakukan terobosan yang cepat dan efektif mendorong infrastruktur sebagai fondasi digital. Namun, permasalahan dari infrastruktur adalah cost, dimana operator hanya terfokus pada daerah-daerah yang memiliki keuntungan. Ini berpotensi kesenjangan digital antar wilayah semakin lebar. “Maka pemerintah harus hadir sebagai penghubung,” ucapnya.

Kemkominfo membentuk Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sebagai Badan Layanan Umum (BLU) untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Pemerintah telah menghabiskan miliaran rupiah untuk mengcover daerah-daerah yang tidak dibangun infrastruktur oleh operator, agar transformasi digital terwujud di seluruh wilayah.

Dirjen SDPPI mengingatkan setiap perubahan memiliki tantangan masing-masing dan yang terbesar dari pembangunan infrastruktur ialah pemanfaatannya. “Jangan sampai uang yang kita habiskan tidak bermanfaat bagi masyarakat, maka dari itu banyak pendeketan yang harus dilakukan dan kita harus menyelesaikannya,” tutup Ismail.

Seminar Happy Digital Economy: Transforming The Ego to Eco-Economy in The Digital Era merupakan side event G20 yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kemkominfo yang bekerjasama dengan United in Diversity (UID).

Kegiatan di UID Campus, Serangan, Denpasar Selatan ini menghadirkan Dirjen SDPPI Ismail, Kepala Balitbang SDM Kemkominfo Hary Budiarto, dan Staf Ahli Kemkominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi sebagai narasumber.

(Sumber/ Foto : Fandi R, Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`