Jaga Perangkat SMFR dan Bentuk SDM Andal

Workshop Pemeliharaan Perangkat SMFR di Yogyakarta, Selasa (27/8/2019).

Yogyakarta (SDPPI) - Perangkat Sistem Monitoring Spektrum Frekuensi Radio (SMFR) harus dijaga kondisinya dengan baik guna mendukung lancarnya kegiatan monitoring frekuensi radio di lapangan.

Demikian disampaikan Plt Direktur Pengendalian SDPPI, yang diwakili Kepala Sub Direktorat PSMS Suryono, saat membuka Workshop Pemeliharaan Perangkat SMFR di Yogyakarta, Selasa (27/8/2019). “Dalam perkembangannya, kondisi perangkat akan semakin terjadi penurunan fungsi dan performannya, akibat penggunaan yang terus-menerus maupun faktor alam atau kesalahan pengoperasiannnya. Untuk itu, perlu dilakukan pemeliharaan dan perbaikan agar penggunaan perangkat SMFR dapat optimal,” jelasnya.

Tahun 2019 ini, lanjut Suyono, Direktorat Pengendalian tengah menyusun roadmap pembangunan SMFR. Guna mewujudkan perangkat yang andal dan siap dioperasionalkan, maka semua perlu kesiapan dan keandalan SDM dalam pemeliharaannya.

Pelaksanaan workshop pemeliharaan tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Atas pertimbangan efisiensi, maka hanya dilaksanakan satu kali dan digabungkan materi dari tiga jenis perangkat SMFR, yakni TCI, R&S, dan LS Telcom). “Harapan kita hal ini tidak mengurangi semangat untuk terus menggali potensi-potensi baru dari fungsi SMFR secara keseluruhan dari sistem perangkat yang ada,” tambahnya.

Peserta workshop diharapkan termotivasi dan serius dalam mengikuti semua rangkaian workshop, karena ini pengetahuan yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kemampuan dalam menjaga operasional perangkat SMFR secara berkesinambungan dengan tingkat kerusakan yang semakin minim.

Ditjen SDPPI akan memberikan reward bagi pegawai yang berprestasi dalam meningkatkan kemampuan diri untuk pelaksanaan tugas, termasuk dalam pemeliharaan dan operasional perangkat SMFR.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pemeliharaan PSMS Suparyono melaporkan workshop kali ini, di samping sebagai penyegaran untuk pegawai yang lama juga pengenalan untuk pegawai yang baru maupun pindahan dari seksi yang lain, juga sebagai ajang tukar pengalaman antar UPT dalam hal pemeliharaan perangkat SMFR. Workshop dihadiri oleh petugas fungsional pemeliharaan dari 20 UPT dan beberapa pejabat struktural seluruh Indonesia.

Sumber/foto : Yos/Dit. Pengendalian

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2020`