Kemkominfo Punya Dua Komtek Mitra BSN

Para peserta bimbingan teknis Tata Kelola Teknologi Informasi yang dibagi dalam sejumlah kelompok dan sedang mengerjakan praktik pengelolaan media sosial, di Yogyakarta, Kamis (9/8/2018). Bimtek Tata Kelola Teknologi Informasi yang diselenggarakan DIrektorat Standardisasi PPI, Ditjen SDPPI, Kemkominfo itu berlangsung pada 8-9 Agustus 2018.

Yogyakarta (SDPPI) - Kementerian Komunkasi dan Informatika sekarang memiliki dua Komisi Teknis (Komtek)—dulu bernama Panitia Teknis--, yakni Komtek 35-01 yang menangani masalah teknologi informasi dan Komtek 33-02 yang mengurusi masalah telekomunikasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Direktorat Standardisasi Teknologi Informasi, Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI, Kemkominfo Jhon Burman Sianipar saat memberikan sambutan pada bimbingan teknis Tata Kelola Teknologi Informasi di Yogyakarta, Kamis (9/8).

Komtek ini, jelas Jhon, berhubungan dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku institusi yang mengeluarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sampai dengan 2017 lalu, BSN sudah mengeluarkan 114 SNI dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.

Chandra Yulistia dari Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia (ASII), yang menjadi salah seorang narasumber dalam bimtek ini juga merupakan salah satu anggota Komtek.

Pada hari kedua bimtek, Chandra meminta peserta bimtek yang terdiri dari perwakilan instansi pemerintah daerah, Dinas Kominfo, RSUD, dan Kemkominfo untuk melakukan simulasi sebagai implementasi tata kelola teknologi informasi.

Simulasi tata kelola teknologi informasi sesuai denan SNI ISO/IEC TS 38501:2016 dan SNI ISO/IEC TR 38502:2016 itu kemudian hasilnya didiskusikan dan dipresentasikan oleh para peserta.

Sebagai penutup, Kepala Seksi Standardisasi Manajemen dan Tata Kelola Teknologi Informasi, Direktorat Standardisasi PPI, Heru Yuni Prasetyo, menyampaikan terima kasih atas partisipasi peserta, dan berharap peserta segera bisa mengimplementasikan pengetauan yang diperoleh dari bimtek diterapkan di tempat kerja mereka.

“Karena tata kelola ini merupakan bagian terpenting dalam sistem informasi,” demikian Heru Yuni Prasetyo.

Bimtek Tata Kelola Teknologi Informasi di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Direktorat Standardisasi PPI, Ditjen SDPPI, Kemkominfo ini berlangsung pada 8-9 Agustus 2018.

(Sumber/foto: Nita/Mukhsinun)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `Infografis`