Kerjasama Ditjen SDPPI-TNI AL Perkuat Pertahanan Negara

Plt Sesditjen SDPPI, Sabirin Mochtar dan Joko Edi Supriyanto Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (Diskomlekal) menandatangani kerjasama, Selasa (31/05/2022).

Jakarta (SDPPI) – Perkuat teknologi pertahanan negara, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membangun kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (Diskomlekal).

“Kerjasama ini menjadi momentum, baik bagi Ditjen SDPPI maupun TNI Angkatan Laut, untuk bersinergi mewujudkan kesiapan Indonesia menghadapi peperangan di dunia elektronika,” ucap Plt Sesditjen SDPPI Sabirin Mochtar dalam sambutannya pada Perjanjian Kerjasama (PKS) kedua lembaga, Selasa (31/5/2022).

Kerjasama ini dilakukan sebagai upaya pemerintah menghadapi ancaman, sekaligus penguatan pertahanan negara yang pada saat ini sudah berpindah ke dunia elektronik. “negara-negara didunia saat ini telah menyiapkan infrastruktur dan SDM dalam mendukung peperangan elektronika oleh karena itu kita harus mengantisipasinya” jelas Plt Sesditjen.

PKS antara Ditjen SDPPI dan Diskomlekal melingkupi pengembangan sumber daya manusia (SDM), pengawasan penggunaan spektrum frekuensi radio dan memperkuat pertahanan di era peperangan elektronika.

Pada kesempatan yang sama, Kadiskomlekal Laksma TNI Joko Edi Supriyanto berharap adanya PKS ini meningkatkan kemampuan SDM di TNI Angkatan Laut dalam segi elektronika. “Peralatan yang dimiliki oleh Ditjen SDPPI mempunyai kapabilitas yang kurang lebih sama dengan apa yang dimiliki oleh TNI AL, hanya saja berbeda di sisi perangkat lunaknya. Dengan kerjasama ini, kedua Institusi akan saling melengkapi dalam bidang spektrum monitoring untuk saling meningkatkan kualitas SDM,harapnya.

Kerjasama ini mencakup perlibatan personel dan peralatan yang dimiliki Balmon dalam pengumpulan informasi, pengukuran sumber daya untuk menunjang kepentingan TNI Angkatan Laut saat situasi darurat, penertiban penggunaan frekuensi ilegal yang mengganggu komunikasi, serta pembinaan dan penertiban penggunaan frekuensi radio .

“Atas nama TNI AL, saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan terimakasih atas kontribusi Ditjen SDPPI, sehingga kerjasama ini dapat terselenggara. Saya harap kita semua dapat menjaga komitmen yang telah disepekati bersama untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan berdampaik positif bagi kedua belah pihak maupun masyarakat umum,” tegas Kadiskomlekal.

Kegiatan PKS Ditjen SDPPI dan TNI AL bertempat di Gedung Neptunus Mabes AL Jakarta Timur. Hadir mendampingi Plt Sesditjen SDPPI, antara lain Kepala Balai Monitor SFR Kelas I Jakarta Rahman Baharuddin, Ketua Tim Kerja Hukum dan Kerjasama Muchtarul Huda, serta pejabat dan staf terkait.

Sumber/ Foto : Fandi R (Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`